tag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post2736479907651345381..comments2024-03-24T12:57:23.093-07:00Comments on kitab-kuneng: TATA LAKSANA SHALAT JUM’ATTgk Alizar Usmanhttp://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comBlogger82125tag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-13632075036550623312022-05-13T03:43:19.474-07:002022-05-13T03:43:19.474-07:00Tolong Gure yg jeut ta share via WA klu bisa. Teri...Tolong Gure yg jeut ta share via WA klu bisa. Terimonggeunaseh...Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-85177617663658067122021-06-07T09:01:07.178-07:002021-06-07T09:01:07.178-07:00Assalamualaikum ..gure kamo yg mulia.. jadi nak lo...Assalamualaikum ..gure kamo yg mulia.. jadi nak lon tayeng bcut..<br />Bila 1 desa yg kasep syarat2 untuk drikan Jum'at tpi mereka tidak drikan Jum'at..dan mereka sebagian sholat Jum'at dmesjib yg ada dikemukiman, sebagian lgi tidk pergi jumat. Yg jdi pertanyan nya apakah sah Jum'at bgi melaksanakan di mesjid kemukiman? Dan apa hukum nya bgi yg tidak melakukan,? Bila dosa apakah juga di tanggung oleh pemimpin desa, pdhal pemimpin desa telah myeru jumat di mesjid kemukiman,sambil menunggu selesai mesjid yg lgi dibangun..dan dlu2 mamang sholat Jum'at di masjid kemukiman,, nah sekarang tidak ramai lgi yg datang ke jumat di mesjid kemukiman,karena ada fatwa tidak shah sholat Jum'at seseorang ke mesjid lain bila dibalad nya sudah cukup syarat wajib mendirikan Jum'at ,walo blum didirikan jumat. Yg sah Sholat dhuhur saja dirumah.yg jumat diluar wajib iadah.! Mohon pencerahannya guru.. terimakasihTengku Aceh Sulaiman https://www.blogger.com/profile/10579526335875849480noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-59081813629485285482020-04-30T22:02:33.515-07:002020-04-30T22:02:33.515-07:00Assalamu'alaikum akhi...
Saya mau bertanya.. s...Assalamu'alaikum akhi...<br />Saya mau bertanya.. seumpama dalam keadaan/ kondisi (covid 19 ) kayak gini kan kalo sholat Jum'at shof nya di kasih jarak, nah seumpama yg di dalam masjid itu sudah gak muat, terus ikut menunaikan sholat Jum'at di luar (lingkungan) masjid, tapi pintu2/ jendela masjid di tutup semua.. apakah sholat Jum'at nya yg di luar tadi sah ?<br />Soal nya orang yg di barisan paling depan yg menunaikan sholat Jum'at di luar masjid tidak melihat makmum yg paling belakang yg di dalam masjid... <br /><br />Mohon di balas ya akhi..<br />Wa'alaikumsalam wr wb.. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14479591193016423898noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-47163247240388536312018-05-06T17:50:49.741-07:002018-05-06T17:50:49.741-07:00Assalammualaikum..boleh jelaskan karangan ini ?
(...Assalammualaikum..boleh jelaskan karangan ini ?<br /><br />(الرَّابِعُ) مِنْ الشُّرُوطِ (الْجَمَاعَةُ) لِأَنَّهَا لَمْ تُفْعَلْ فِي عَصْرِ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَالْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ فَمَنْ بَعْدَهُمْ إلَّا كَذَلِكَ كَمَا هُوَ مَعْلُومٌ (وَشَرْطُهَا) أَيْ الْجَمَاعَةِ فِيهَا (كَغَيْرِهَا) أَيْ كَشَرْطِهَا فِي غَيْرِهَا كَنِيَّةِ الِاقْتِدَاءِ وَالْعِلْمِ بِانْتِقَالَاتِ الْإِمَامِ وَعَدَمِ التَّقَدُّمِ عَلَيْهِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِمَّا تَقَدَّمَ فِي بَابِ الْجَمَاعَةِ (وَ) زِيَادَةٌ (أَنْ تُقَامَ بِأَرْبَعِينَ مُكَلَّفًا حُرًّا ذَكَرًا) رَوَى الْبَيْهَقِيُّ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ «أَنَّهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - جَمَعَ بِالْمَدِينَةِ وَكَانُوا أَرْبَعِينَ رَجُلًا» وَالصِّفَاتُ الْمَذْكُورَةُ مَعَ الْإِقَامَةِ الدَّاخِلَةِ فِي الِاسْتِيطَانِ تَقَدَّمَ اعْتِبَارُهَا فِي الْوُجُوبِ، وَاعْتُبِرَتْ هُنَا فِي الِانْعِقَادِ (مُسْتَوْطِنًا) بِمَحَلِّ الْجُمُعَةِ الْمَعْلُومِ مِنْ الشَّرْطِ الثَّانِي (لَا يَظْعَنُ) عَنْهُ (شِتَاءً وَلَا صَيْفًا إلَّا لِحَاجَةٍ) لِأَنَّهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - لَمْ يُجَمِّعْ بِحَجَّةِ الْوَدَاعِ مَعَ عَزْمِهِ عَلَى الْإِقَامَةِ أَيَّامًا لِعَدَمِ الِاسْتِيطَانِ، وَكَانَ يَوْمُ عَرَفَةَ فِيهَا يَوْمَ جُمُعَةٍ كَمَا<br />ثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيْنِ وَصَلَّى بِهِ الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ تَقْدِيمًا كَمَا ثَبَتَ فِي حَدِيثِ مُسْلِمٍ. (وَالصَّحِيحُ انْعِقَادُهَا بِأَرْبَعِينَ) وَتَنْعَقِدُ بِالْمَرْضَى لِكَمَالِهِمْ وَعَدَمُ الْوُجُوبِ عَلَيْهِمْ تَخْفِيفٌ. وَالثَّانِي لَا تَنْعَقِدُ بِهِمْ كَالْمُسَافِرِينَ. وَحَكَاهُ فِي الرَّوْضَةِ كَأَصْلِهَا قَوْلًا (وَأَنَّ الْإِمَامَ لَا يُشْتَرَطُ كَوْنُهُ فَوْقَ أَرْبَعِينَ) وَقِيلَ: يُشْتَرَطُ لِإِشْعَارِ الْحَدِيثِ السَّابِقِ بِزِيَادَتِهِ. قُلْنَا: لَا نُسَلِّمُ ذَلِكَ وَحَكَى الْخِلَافَ قَوْلَيْنِ أَيْضًا ثَانِيهِمَا قَدِيمٌ<br /><br />(وَلَوْ انْفَضَّ الْأَرْبَعُونَ) الْحَاضِرُونَ (أَوْ بَعْضُهُمْ فِي الْخُطْبَةِ فَلَمْ يُحْسَبْ الْمَفْعُولُ) مِنْ أَرْكَانِهَا (فِي غَيْبَتِهِمْ) لِعَدَمِ سَمَاعِهِمْ لَهُ الْمُشْتَرَطِ كَمَا سَيَأْتِي (وَيَجُوزُ الْبِنَاءُ عَلَى مَا مَضَى) مِنْهَا (إنْ عَادُوا قَبْلَ طُولِ الْفَصْلِ) وَمَرْجِعُهُ الْعُرْفُ كَمَا قَالَهُ فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ. (وَكَذَا بِنَاءُ الصَّلَاةِ عَلَى الْخُطْبَةِ إنْ انْفَضُّوا بَيْنَهُمَا) أَيْ يَجُوزُ إنْ عَادُوا قَبْلَ طُولِ الْفَصْلِ (فَإِنْ عَادُوا بَعْدَ طُولِهِ) فِي الْمَسْأَلَتَيْنِ (وَجَبَ الِاسْتِئْنَافُ) فِيهِمَا لِلْخُطْبَةِ (فِي الْأَظْهَرِ) لِانْتِفَاءِ الْمُوَالَاةِ فِي ذَلِكَ الَّتِي فَعَلَهَا النَّبِيُّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - وَالْأَئِمَّةُ بَعْدَهُ كَمَا هُوَ مَعْلُومٌ فَيَجِبُ اتِّبَاعُهُمْ فِيهَا، وَالثَّانِي يَجُوزُ الْبِنَاءُ فِي ذَلِكَ لِحُصُولِ الْمَقْصُودِ مَعَهُ<br />الْجُمُعَةِ فَفِي صِحَّتِهَا خَلْفَهُمَا الْقَوْلَانِ فِي صِحَّتِهَا خَلْفَ الْمُتَنَفِّلِ الَّذِي تَمَّ الْعَدَدُ بِغَيْرِهِ أَظْهَرُهُمَا الصِّحَّةُ وَظَاهِرٌ أَنَّهُ إذَا تَمَّ الْعَدَدُ بِوَاحِدٍ مِنْ الْأَرْبَعَةِ لَا تَصِحُّ الْجُمُعَةُ جَزْمًا<br /><br />(وَلَوْ بَانَ الْإِمَامُ جُنُبًا أَوْ مُحْدِثًا صَحَّتْ جُمُعَتُهُمْ فِي الْأَظْهَرِ إنْ تَمَّ الْعَدَدُ بِغَيْرِهِ) كَغَيْرِهَا. وَالثَّانِي لَا تَصِحُّ لِأَنَّ الْجَمَاعَةَ شَرْطٌ فِي الْجُمُعَةِ دُونَ غَيْرِهَا وَهِيَ لَا تَحْصُلُ بِالْإِمَامِ الْمُحْدِثِ، وَدُفِعَ هَذَا بِأَنَّا لَا نُسَلِّمُ عَدَمَ حُصُولِهَا لِمَأْمُومِ الْجَاهِلِ بِحَالِهِ بَلْ تَحْصُلُ لَهُ وَيَنَالُ فَضِيلَتَهَا فِي الْجُمُعَةِ وَغَيْرِهَا. كَمَا قَالَ بِهِ الْأَكْثَرُونَ نَظَرًا لِاعْتِقَادِهِ حُصُولَهَا. وَحَكَى فِي شَرْحِ الْمُهَذَّبِ طَرِيقَةً قَاطِعَةً بِالْأَوَّلِ وَصَحَّحَهَا (وَإِلَّا) أَيْ وَإِنْ لَمْ يَتِمَّ الْعَدَدُ بِغَيْرِهِ بِأَنْ تَمَّ بِهِ (فَلَا) تَصِحُّ جُمُعَتُهُمْ جَزْمًا<br /><br />(وَمَنْ لَحِقَ الْإِمَامَ الْمُحْدِثَ) أَيْ الَّذِي بَانَ حَدَثُهُ (رَاكِعًا لَمْ تُحْسَبْ رَكْعَتُهُ عَلَى الصَّحِيحِ) فِي الْجُمُعَةِ وَغَيْرِهَا مَعَ الْبِنَاءِ عَلَى حُصُولِ الْجَمَاعَةِ بِالْإِمَامِ الْمُحْدِثِ لِأَنَّ الْمُحْدِثَ لِعَدَمِ حُسْبَانِ صَلَاتِهِ لَا يَتَحَمَّلُ عَنْ الْمَسْبُوقِ الْقِرَاءَةَ، وَالثَّانِي تُحْسَبُ وَلَا حَاجَةَ إلَى اعْتِبَارِ التَّحَمُّلِ.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04570640671251569125noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-13038975997354265572017-08-11T11:26:00.910-07:002017-08-11T11:26:00.910-07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06709402554371021263noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-91442021552832760542017-08-11T11:25:26.906-07:002017-08-11T11:25:26.906-07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06709402554371021263noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-68002840497929694002017-08-11T11:24:08.639-07:002017-08-11T11:24:08.639-07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06709402554371021263noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-17193131130725690192017-08-11T11:21:18.868-07:002017-08-11T11:21:18.868-07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06709402554371021263noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-23450083821832401492017-08-11T11:21:18.245-07:002017-08-11T11:21:18.245-07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06709402554371021263noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-90786271499172104912017-08-11T11:21:16.758-07:002017-08-11T11:21:16.758-07:00Assalamu 'alaikum.Wr.Wb...
Alhamdulillah...
Pe...Assalamu 'alaikum.Wr.Wb...<br />Alhamdulillah...<br />Penjelasan2 dan Pencerahan2 dari Yang Mulia Tgk sangat Bermanfaat Sekali untuk Kami...<br />"...JAZAKUMULLAH..."Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06709402554371021263noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-61829142139356854142017-08-11T11:21:15.557-07:002017-08-11T11:21:15.557-07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06709402554371021263noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-53356743770774140862017-07-25T00:08:05.765-07:002017-07-25T00:08:05.765-07:00tidak sah karena juumat hharus didirikan oleh oran...tidak sah karena juumat hharus didirikan oleh orang yang mendiami tmp ituu. sedangkan anak sekolah tmp kampuungnya bukan disekitar sekolah. <br />kalauu alasan susahnya bisa dianggap sebagai uzur syar'i, misalnya kalau anak sekoolah dibawa ke mesjid dikuatirkan kecelakaan lalu lintas karena arus padat aruus laluu lintas, maka tidak wajib juum'at bagi anak sekolah tersebut.<br />wassalamTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-28152375216101546282017-07-24T18:08:14.445-07:002017-07-24T18:08:14.445-07:00Assalamualaikum tgk..
Apakah dibolehkan mendirik...Assalamualaikum tgk.. <br /><br />Apakah dibolehkan mendirikan shalat jumat di sekolah? Dengan alasan susahnya membawa seluruh siswa laki laki ke mesjid. Apakah jumat di mushalla sekolah sah? Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-11545997313206812192017-04-09T20:30:13.376-07:002017-04-09T20:30:13.376-07:00assalammualaikum tgk.. tgk nyoe berita bahwasanya ...assalammualaikum tgk.. tgk nyoe berita bahwasanya shalat jum'at wajib dalam waktu yang awal. maka apabila ada khatib yang membaca khutbah sehingga lewat pukul 13.30 wib. maka wajib i'adah dhuhur..<br />mohon pencerahan guree, agar trang masalah nyoe...meutuahcoorporationhttps://www.blogger.com/profile/07884835630203995808noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-8659785480043976152017-01-17T05:32:55.904-08:002017-01-17T05:32:55.904-08:00assalamualaikum..mau nanya...didesa aq..lgi pemban...assalamualaikum..mau nanya...didesa aq..lgi pembangunan mesjid utama.jd jamaah solat jumat di bagi-bagi ke setiap mushola kecil..yang tdinya disatu masjidkan karna masjidnya lg di bangun jadi di bagi bagi ke musola yang kecil.jadi 3 tempat.yang ditanyakan apa itu termasuk tarodud? Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04318912327271941053noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-44286491580329233612017-01-17T05:31:51.539-08:002017-01-17T05:31:51.539-08:00assalamualaikum..mau nanya...didesa aq..lgi pemban...assalamualaikum..mau nanya...didesa aq..lgi pembangunan mesjid utama.jd jamaah solat jumat di bagi-bagi ke setiap mushola kecil..yang tdinya disatu masjidkan karna masjidnya lg di bangun jadi di bagi bagi ke musola yang kecil.jadi 3 tempat.yang ditanyakan apa itu termasuk tarodud? Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04318912327271941053noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-9203690418206162232017-01-08T03:37:21.079-08:002017-01-08T03:37:21.079-08:00ralat: "lebih empat hari", yg benar : le...ralat: "lebih empat hari", yg benar : lebih dari tiga hari.Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-8414687789261180432017-01-08T03:34:34.510-08:002017-01-08T03:34:34.510-08:001. apa bila seseorang menetap pada suatu pemukiman...1. apa bila seseorang menetap pada suatu pemukiman, dimana di pemukiman tsb tidak didirikan jumat, karena persyaratannya tdk terpenuhi seperti biilangannya tdk cukup 40 orang, maka dia tidak wajib melaksanakan jumat, keccuali dia mendengar azan dari jum'at pemukiman lain.apabila dia mendengar azan, maka wajib pergi ke jumat di pemukiman tsb. (ukuran mendengar adalah azan yg sedang2 dan diandaikan pd waktu lengang.<br /><br />2. seandainya niat menetap pada suatu tempat lebih empat hari, maka dgn semata2 niat, langsung menjadi muqim (bukan musafirr) begitu tiba pada tmp tersebut.<br /><br />wassalamTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-20329077960680901352017-01-07T05:01:32.387-08:002017-01-07T05:01:32.387-08:00Assalamualaikum...wrwb...
Tgk....sy berkerja didae...Assalamualaikum...wrwb...<br />Tgk....sy berkerja didaerah permukiman non muslim,jumlah muslim yg sama berkerja dgn saya sgt sedikit..untuk menuju sebuah mesjid memakan waktu 2 jam..yg ingin sy tanya kan <br />1.hukum tidak menghadiri jumat dgn kondisi mesjid nya jauh atawa tidak terdengar azan sampai ke lokasi saya, 2.apa kah berdosa tidak menunaikan jumat walupun digantikan dengan shalat zhuhur.<br />3.bagaimana seorang dikatagorikan musafir dan brp lama seorang musafir dapat dikatakan mukim di suatu tempat yg bukan ditempat asalnya..<br /> Mohon pencerahan nya Terimakasih tengku <br />Davif shadiqhttps://www.blogger.com/profile/14424471942872821881noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-35537742239711423762016-07-28T21:31:52.606-07:002016-07-28T21:31:52.606-07:00Assalamualaikum tgk,keneuk tanyong peubetoi khutba...Assalamualaikum tgk,keneuk tanyong peubetoi khutbahnyan gelanto 2 rakaat semayang,dan kiban cara ta teugur khatib yang tuwo rukun khutbah,peu mesti bahasa arab.terimong geunaseh ateuh jawaban teungku....<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17263942838244714951noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-26233300318646527532016-07-09T05:45:53.579-07:002016-07-09T05:45:53.579-07:00Assalamualaikum wrwb
bagai mana hukum bila muazin...Assalamualaikum wrwb <br />bagai mana hukum bila muazin lupa , melakukan azan sebelum khatib naik ke atas mimbar . <br />bolehkan dihentikan azan oleh seseorang ( menegur nya ) atau lanjukan saja azan nya jgn dihentikan , dan hanya saja diisyarahkan ke pada khatib untuk naik mimbar selagi azan berlangsung . <br /><br />dan apa hukum bila azan dilanjutkan ..<br />dan apa hukum bila azan dihentikan ..lalu kahtib naik mimbar baru azan di ulang ..<br />lalu bagai mana sang muazin merasa malu kalo ditegur <br /><br />Mohon pencerahan trimakasih Alfaqir Jafar Siddiq bin tohirhttps://www.blogger.com/profile/08234466243412489500noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-90587029173538279072016-03-18T19:30:44.328-07:002016-03-18T19:30:44.328-07:00apabila tidak ada alasan 'uzur syar'i utk ...apabila tidak ada alasan 'uzur syar'i utk berbilang2 jum'at dalam 1 kampung, maka jum'at yg sah adl jum'at yg duluan takbiratul ihram.itu apabila kedua jum'at memenuhi syarat2 jum'at. berdasarkan mazhab syafi'i, mka jum'at yg sah adl jum'at yg dihadiri 40 orang ahli jum'at. <br />tetapi dalam kasus yg sdr sampaikan, berdasarkan mazhab syafi'i, mka jum'at yg sah adl jum'at yg dihadiri 40 orang ahli jum'at.<br />wassalamTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-7198078611440590352016-03-18T18:38:12.684-07:002016-03-18T18:38:12.684-07:00Assalamu'alaikum Ustaz.
desa kami berjarak ku...Assalamu'alaikum Ustaz.<br /><br />desa kami berjarak kurang lebih 1 km dari jalan raya. Oleh karena arus pembangunan banyak penduduk di daerah kami membangun pemukiman baru di sekitar jalan raya dan sampai saat ini lebih dari setengah pindah ke lokasi baru tersebut. kerena kebutuhan akhirnya didirikanlah sebuah musholla/surau awalnya untuk sholat lima waktu saja. untuk sholat jumat masih dilaksanakan di masjid kampung lama. Beberapa bulan terakhi ini, karena kesepakatan para pengurus agama, mengingat akses jalan menuju masjid kampung lama agak sulit teruama katika cuaca hujan, dan banyak jamaah yang sudah uzur maka dilaksanakanlah sholat jumat di kampung baru kemudian musholla dijadikan. namun, masalah tidak sampai di situ jamaah di masjid lama tidak mencukpi 40 orang. sedangkan di masjid baru jamaah lebih dari 40 orang. <br />Bagaiman menurut pendapat Ustazd tentang permasalahan ini.<br /><br />terima kasih.<br /><br />ABDUL RAHMAN<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/00253413077870846981noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-83003228156669266972016-02-08T23:03:51.775-08:002016-02-08T23:03:51.775-08:00imam ramli mengqiyaskan wasiat yg panjang dlm bhs ...imam ramli mengqiyaskan wasiat yg panjang dlm bhs non arab disela2 rukun khutbah kpd diam yg panjang yg disepakati ulama syafi'yah dpt memutuskan muwalat. namun Ali syibran malasi, berpandangan lain. beliau menolak qiyas itu, karena wasiat yg panjang dlm bhs non arab tdk dpt disamakan dgn diam yg panjang. karena wasiat yg panjang dlm bhs non arab secara umum masih dalam katagori wasiat.Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-57043458032367624982016-02-08T17:33:16.106-08:002016-02-08T17:33:16.106-08:00terima kasih banyak atas penjelasannyan tgk, saya ...terima kasih banyak atas penjelasannyan tgk, saya mau tanya tgk,metode ijtihad apa yang dipakai oleh oleh imam Ramli dan oleh Ali syibran malasi, tentang masalah mesti pakai bahasa Arab dan tidak, dalam khutbah jum`at<br /><br />Muhammad Khaled humandazhttps://www.blogger.com/profile/16336335238542898569noreply@blogger.com