tag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post3110327769203649126..comments2024-03-24T12:57:23.093-07:00Comments on kitab-kuneng: Perintah dan iradah AllahTgk Alizar Usmanhttp://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comBlogger38125tag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-27429684198736903352015-03-14T03:48:26.145-07:002015-03-14T03:48:26.145-07:00sejauh pemahaman kami jabariyah menafikan ikhtiyar...sejauh pemahaman kami jabariyah menafikan ikhtiyar dan menafikan azab atas dosa manusia . Sedangkan Sunni mengi'tiqAd AllAh mengAzAb mAnusiA kArenA keinginAnnyA itu tapi juga mengakui keinginan,iktiyar pada hakikatnya datang dari iradah allahTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-27048481982695846992015-03-14T01:48:43.715-07:002015-03-14T01:48:43.715-07:00maaf....Tgk..Saya belum bisa memahami
Apakah makna...maaf....Tgk..Saya belum bisa memahami<br />Apakah makna I'tikad??<br />mungkin orang jabariyah menafikan azab atas dosa manusia karna memang pada hakikatnya urusan dosa,keinginan,iktiyar pada manusia datang dari iradah allah.<br /> Sedangkan Sunni mengi'tiqAd AllAh mengAzAb mAnusiA kArenA keinginAnnyA itu tapi juga mengakui keinginan,iktiyar pada hakikatnya datang dari iradah allah<br />mohon tanggapannyaAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-4518623372797090202015-03-10T04:01:51.532-07:002015-03-10T04:01:51.532-07:00mungkin mAksud tgk "Bukankah Taklif pun pada ...mungkin mAksud tgk "Bukankah Taklif pun pada hakikatnya adalah atas iradah allah" AdAlAh melAksAnAkAn tAklif. memAng benAr melAksAnAkAn tAklif mAsuk dAlAm irAdAh AllAh sebAgAimAnA tergAmbAr dlm beberApA AyAt yg kAMi kutip di AtAs. jAdi perbedAAn jAbAriyAh dgn AhlussunnAh Adl jAbAriAh menAfikAn AzAb AtAs dosA mAnusiA, sedAngkAn AhlussunnAh mengi'tiqAd AllAh mengAzAb mAnusiA kArenA keinginAnnyA itu, meski keinginAn itu jugA dAtAng dAri irAdAh AllAh.Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-58370277010266833152015-03-10T02:33:55.985-07:002015-03-10T02:33:55.985-07:00Maaf...Tgk,,,sang loen ka meucawoe teuma
Bukankah...Maaf...Tgk,,,sang loen ka meucawoe teuma<br /> Bukankah Taklif pun pada hakikatnya adalah atas iradah allah,mungkin kalau kita mengi'tiqad adanya taklif hampir sama dengan Muktazilah,manusia mendapat imbalan dari ikhtiyarnya.karna pilihan pada manusia mutlak urusan manusia.<br /> Terimakasih banyak atas tanggapan Tgk sudah banyak sekali menambah ilmu bagi saya<br />sebenarnya masalah ini tidak perlu di perpanjang seandainya Jabariyah dan Muktazilah tidak sesat.<br />soalnya dalam prakteknya sehari2 kadang2 berpegang pendapat jabariyah lain masalah lagi berpegang pendapat muktazilah<br />wassalam...semoga Tgk dalam keadaan sehat wal'afiat Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17195730273596763464noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-27061618170502227972015-03-05T18:22:41.799-08:002015-03-05T18:22:41.799-08:00hampir sama dgn jabariah berarti bukan jabariyah b...hampir sama dgn jabariah berarti bukan jabariyah bukan?. jabariyah tdk mengi'tibar keinginan manusia tsb. karena itu golongan jabariyah mengi'tiqad tidak ada taklif (pembebanan hukum), berbeda dgn ahlussunnah yang mengi'tiqad adanya taklif karena ada keinginan (ikhtiyar).Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-73625289569946518812015-03-05T10:04:39.545-08:002015-03-05T10:04:39.545-08:00Terimakasih banyak Tgk atas penjelasannya meskipun...Terimakasih banyak Tgk atas penjelasannya meskipun masih gamang.insyaallah saya akan terus belajar.<br />Karna kalau saya pahami dari penjelasan Tgk keinginan,usaha,ikhtiyar dan pilihan dalam jiwa kita pada hakikatnya allah juga yang mengatur menurut saya hampir sama dengan JABARIYAH.<br /> kalau kita katakan keinginan,ikhtiyar,usaha dan pilihan bukan allah yang mengatur tapi memang sudah ada dalam jiwa manusia hampir sama dengan MUKTAZILAH<br />yang manakah SUNNI ??<br /> sekali lagi saya ucapkan terimakasih<br />wassalamAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/17195730273596763464noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-67269272635856095142015-03-05T01:39:00.253-08:002015-03-05T01:39:00.253-08:00masalah taqdir secara detil sebaiknya di tanya lan...masalah taqdir secara detil sebaiknya di tanya langsung secara ttap muka pada tgk yg ngerti masalah ini, tidak cukup dgn tulisan sja. wassalamTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-59751270750020461062015-03-05T01:37:03.006-08:002015-03-05T01:37:03.006-08:00seseorang yang yg jatuh dari pohon tentunya tidak ...seseorang yang yg jatuh dari pohon tentunya tidak berkeinginan utk jatuh. tetapi Allah mentaqdirkannya jatuh, maka perbuatan jatuh tsb termasuk majbur. kalau perbuatan itu disertai keinginan seperti naik pohon, maka itu usaha. orang dihukum karena ada keinginan tersebut, meskipun keinginan itu pada hakikatnya msuk dalam taqdir Allah juga. tugas kita hanya berusaha, apabila nanti apa yg terjadi, maka itu lah taqdirTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-50076235366640745572015-03-03T01:09:46.306-08:002015-03-03T01:09:46.306-08:00assalamu'alaikum tgk
saya kurang faham denga...assalamu'alaikum tgk<br /> saya kurang faham dengan penjelasan tentang"Allah yAng ciptakan usaha beserta dengan hasilnya. mAnusiA cumA merAsAi dirinyA yAng bekerjA dAN berkeinginAn sesuAi dengAn kerjAnyA."kalau KASBUN dalam jiwa manusia allah yang mengatur apakah bisa dikatakan manusia MAJBUR pada iradah allah.<br />mohon penjelasannya,kalau boleh beserta contoh ilustrasinya<br />mohon maaf mungkin saya banyak sekali bertanya<br />wassalamAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/17195730273596763464noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-88037085543853367412015-02-24T00:44:56.907-08:002015-02-24T00:44:56.907-08:00menurut hemat kami, amrun i'tibari adalah hal....menurut hemat kami, amrun i'tibari adalah hal. karena dia tidak bisa dikatakan maujud dan juga tidak bisa dikatakan ma'dum. jadi dia hanya i'tibar saja. misalnya yg berkuasa disebut yg berkuasa karena i'tibar ada sifat kuasa yg qaim padanya. tetapi yng maujud adalah zat bukan sifat yg berkuasa. jadi sifat yg berkuasa hanya i'tibar saja. tetapi tidak dpt juga dikatakan ma'dum, karena yg berkuasa itu ada pada pikiran (zihin) seseorang. coba perhatikan kembali : http://kitab-kuneng.blogspot.com/2014/09/mafhum-zat-dan-pengertian-wujud-antara.html<br /><br />wassalamTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-40162764488240120822015-02-23T01:09:56.175-08:002015-02-23T01:09:56.175-08:00assalamu'alaikum Tgk
Kalau ada kesempatan to...assalamu'alaikum Tgk<br /> Kalau ada kesempatan tolong penjelasan yang di maksut dengan "amrun i'tibari"apakah bisa dikatakan wujud atau Hal<br />wassalamradja mudahttps://www.blogger.com/profile/16721167853311393356noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-57507247275723895012015-02-04T02:27:01.916-08:002015-02-04T02:27:01.916-08:001. hArAm menjuAlnyA kAlAu tAhu kArenA hAl itu memb...1. hArAm menjuAlnyA kAlAu tAhu kArenA hAl itu membAntu mAksiAt. qAidAh fiqh mengAtAkAn ; sArAnA/perAntArA sAmA hukumnyA dengAn tujuAn. menjuAlnyA berArti membAntu orANg itu utk berbuAt mAksiAt.<br /><br />2. tidAk hArAm kAlAu tidAk tAhu, kArenA hAdits nAbi : AllAh menghApus dosA orAng yAng tidAK tAhuTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-23438583047741529202015-02-04T00:58:12.073-08:002015-02-04T00:58:12.073-08:00assalamu'alaikum
Bagaimanakah hukumnya menju...assalamu'alaikum<br /> Bagaimanakah hukumnya menjual ayam/sapi untuk di adu dijadikan alat untuk berjudi.<br />seseorang mau membeli ayam/sapi kita dengan harga mahal,kita tahu ataupun tidak tahu ayam/sapi kita mau di adu dan sarana untuk berjudi<br />wassalamAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-42020911793827583232015-02-02T22:15:29.693-08:002015-02-02T22:15:29.693-08:00Terima kasih sekali Tgk atas nasehatnya,,,semoga t...Terima kasih sekali Tgk atas nasehatnya,,,semoga tgk dalam keadaan sehat selalu.<br /> Satu lagi Tgk....bagaimanakah hukumnya kita menjual ayam atau sapi untuk di adu dan berjudi.<br /> Seseorang membeli ayam/sapi kita dengan harga mahal,kita tahu ataupun tidak tahu hewan tersebut untuk di adu dan berjudi.<br />mohon penjelasannya<br />wassalamAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-11890937894692016472015-02-02T18:27:10.673-08:002015-02-02T18:27:10.673-08:001. kalau mengadu hewan dalam arti membuat hewan2 i...1. kalau mengadu hewan dalam arti membuat hewan2 itu berkelahi satu sama lainnya, maka hukum nya haram, meskipin tidak ada unsur judinya. ini berdasarkan hadits dari Mujahid, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan,<br /><br />نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ التَّحْرِيشِ بَيْنَ الْبَهَائِمِ<br />Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang mengadu binatang. (HR. Abu Daud 2562, Turmudzi 1708, dan yang lainnya)<br /><br />2. kalau pacuan kuda, menurut hemat kami dibolehkan dgn syarat tidak ada unsur judi. karena pacuan kuda bukan membuat hewan berkelahi satu sama lainnya.<br /><br />3. alasan diharamkan mengadu hewan adalah menyakitkan mereka. karena itu meskipun tidak ada unsur judi tetap haram<br /><br />4. kalaupun hewan2 tanpa di adu ada juga yg berkelahi sendiri, tetap perkelahian hewan2 itu menyebabkan kita berdosa kalau kita tidak melerainya sedangkan kita mampu dan mempunyai kesempatan waktu utk melerainya<br />wassalam.Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-71444889185914747092015-02-01T22:27:49.308-08:002015-02-01T22:27:49.308-08:00assalamu'alaikum Tgk
Tolong penjelasan sedik...assalamu'alaikum Tgk<br />Tolong penjelasan sedikit tentang hukum mengadu hewan seperti adu ayam.kambing,sapi,jangkrik dan pacuan kuda.tapi disini tidak ada unsur judinya cuma mencari kesenangan (hiburan).Bukankah hewan2 tersebut walaupun tidak kita adu juga sering berkelahi dengan sendirinya.cuma sengaja kita adu dan berkelahi dengan sendirinya.<br />wassalamAnonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-60221758539941304512015-01-30T00:42:42.081-08:002015-01-30T00:42:42.081-08:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.radja mudahttps://www.blogger.com/profile/16721167853311393356noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-85699478279082536252015-01-19T08:13:26.959-08:002015-01-19T08:13:26.959-08:00Allah yAng ciptakan usaha beserta dengan hasilnya....Allah yAng ciptakan usaha beserta dengan hasilnya. mAnusiA cumA merAsAi dirinyA yAng bekerjA dAN berkeinginAn sesuAi dengAn kerjAnyA. Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-56086792474440705022015-01-19T01:42:49.059-08:002015-01-19T01:42:49.059-08:00assalamu'alaikum Tgk
Mohon penjelasan bacut..... assalamu'alaikum Tgk<br />Mohon penjelasan bacut...saya sering mendengar kalimat "manusia cuma berusaha allah lah yang menentukan"yang membuat saya bingung apakah usaha,keinginan dan kehendak pada manusia mutlak urusan manusia tampa urusan allah atau allah juga yng ciptakan usaha beserta dengan hasilnya.<br />mohan penjelasannya<br />wassalamradja mudahttps://www.blogger.com/profile/16721167853311393356noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-24158428151450028882013-12-25T08:09:46.272-08:002013-12-25T08:09:46.272-08:00kalau orang mempunyai ketetapan hati yang kuat it...kalau orang mempunyai ketetapan hati yang kuat itu disebut i'tiqad, tetapi i'tiqad bisa salah seperti i'tiqad tuhan ada tiga dan bisa benar seperti i'tiqad tuhan adalah satu. kalau ketetapan hati tersebut sesuai dgn yang semestinya seperti i'tiqad tuhan adalah satu lalu dapat dibuktikan dgn dalil, maka ini disebut dgn makrifahTgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-81953531836167264722013-12-25T01:03:23.392-08:002013-12-25T01:03:23.392-08:00maaf Tgk agak sedikit bingung,kalau bisa di perje...maaf Tgk agak sedikit bingung,kalau bisa di perjelas sedikit atau di buat contoh ilustrasinya,maklum kami orang awam.<br />Terimakasih banyak atas penjelasannya.<br />wassalamAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/05546598919352995367noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-34686004238362595332013-12-24T09:20:26.033-08:002013-12-24T09:20:26.033-08:00ma'rifah i'tiqad yang pasti yang sesuai dg...ma'rifah i'tiqad yang pasti yang sesuai dgn yg sebenarnya serta ada dalil. sedangkan i'tiqad adalah jazam (kepastian) yang kuat, baik itu sesuai dgn sebenarnya atau tidak.Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-41360479698233299492013-12-24T08:28:19.069-08:002013-12-24T08:28:19.069-08:00assalamu'alaikum...
Kalau Tgk tidak keberatan ...assalamu'alaikum...<br />Kalau Tgk tidak keberatan menjawab..!<br /> Apakah definisi dari MA'RIFAH dan I'TIKAD<br />Tolong pemahamannya<br />wassalamAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/05546598919352995367noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-24588136497152413582013-12-20T06:30:14.937-08:002013-12-20T06:30:14.937-08:00ya jisim dan jirim sama aja. Roh,Jin dan Malaikat ...ya jisim dan jirim sama aja. Roh,Jin dan Malaikat termasuk jisim lathif (benda halus seperti udara). semua makluq Allah ada kala jisim/jirim dan ada kala arazh (sifat jisim)Tgk Alizar Usmanhttps://www.blogger.com/profile/14539767160819928095noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-714574755387538838.post-15750863876163058882013-12-19T22:55:39.226-08:002013-12-19T22:55:39.226-08:00 Mohon maaf Tgk...saya agak kurang faham.
menurut ... Mohon maaf Tgk...saya agak kurang faham.<br />menurut saya pahami penjelasan Tgk jirim dan jisim adalah sama.<br />Bagaimana pula dengan yang namanya Roh,Jin.Malaikat apakah juga berJisim dan berJirim???<br />Sekali lagi mohon maaf...kalau boleh lebih rinci lagi<br />wassalamradja mudahttps://www.blogger.com/profile/16721167853311393356noreply@blogger.com