Asslm...
Di dalam tauhid ada istilah yang di sebut dengan ta'luq shuluhi qadim, tanjizi qadim dan tanjizi hadis... Apa arti tiap2 istilah tersebut dan apa perbedaannya tgk
Di dalam tauhid ada istilah yang di sebut dengan ta'luq shuluhi qadim, tanjizi qadim dan tanjizi hadis... Apa arti tiap2 istilah tersebut dan apa perbedaannya tgk
Jawaban dengan
merujuk kepada kitab-kitab akidah seperti kifayatul awam, karya Syaikh Muhammad al-Fazhaali :
Istilah-istilah
ini merupakan istilah-istilah yang digunakan dalam kajian sifat dua puluh yang
wajib bagi Allah Ta’ala. Adapun pengertiannya adalah sebagi berikut :
1.
Ta’alluq
secara bahasa berarti hubungan, kalau dikatakan Allah menciptakan alam dari
tiada kepada ada, maka itu artinya antara qudrah Allah dan alam ada ta’alluq
(hubungan), yaitu hubungan penciptaan : Allah dengan sifat qudrahnya sebagai
pencipta dan alam sebagai ciptaan.
2.
Sedangkan
shuluhi qadim (shuluhi secara bahasa bermakna patut) berarti Allah patut pada
azali mengadakan atau meniadakan
sesuatu, meskipun belum wujud sesuatu yang diadakan atau ditiadakan pada
kenyataannya. Contohnya si umar sebelum dijadikan Allah pada alam kenyataan,
maka si Umar itu pada azali patut dijadikan atau tidak dijadikan Allah.
Ta’alluq ini sifatnya qadim, karena masih pada azali belum wujud pada kenyataan
yang bersifat dengan waktu dan tempat (baharu). Ini shuluhi qadim pada sifat
qudrah Allah Ta’ala. Adapun shuluhi qadim pada sifat iradah Allah Ta’ala
berarti Allah Ta’ala pada azali patut menentukan sesuatu dengan mengadakan atau
meniadakannya, memendekkan atau memanjangkan atau keadaan lain-lainnya.
3.
Tanjizi qadim
bermakna terjadi pada kenyataannya dan keadaannya adalah qadim, seperti Allah
menentukan sesuatu dengan mengadakan atau meniadakan atau menentukan sesuatu
dengan keadaan pendek atau panjang dan lain-lain. Disebut dengan tanjizi karena
ta’alluqnya berlaku pada kenyataan (tidak bersifat patut lagi) dan disebut
qadim, karena penentuan sesuatu ada, tidak ada atau panjang dan lain-lain
adalah sudah ada pada azali yang sifatnya qadim. Tanjizi qadim ini tidak ada
pada qudrah Allah Ta’ala.
4.
Tanjizi hadits
pada qudrah bermakna Allah Ta’ala menciptakan sesuatu atau meniadakannya dengan
qudrahnya pada waktu dan tempat tertentu. Penciptaan atau meniadakan sesuatu
itu adalah baharu, karena bersifat dengan waktu atau tempat, misalnya Allah
menciptakan si Umar pada hari senin yang lahir di Indonesia. Tanjizi hadits ini
didahului oleh shuluhi qadim pada qudrah Allah Ta’ala. Berdasarkan ini, maka
sifat menciptakan, mematikan (sifat-sifat af’al) adalah baharu, tidak qadim,
karena itu sifat menciptakan atau mematikan (sebagai contoh) adalah sifat
baharu bagi Allah Ta’ala dan karenanya tidak berdiri pada zat Allah yang qadim.
Yang qadim yang berdiri pada zat Allah Ta’ala adalah sifat qudrah.
5.
Wassalam,
mudah2an bermanfaat
Azali itu artinya apa tgk?
BalasHapusDi dlm tauhid, sering di sebut kata Dur dan tasalsul.. Apa arti ke-2nya tgk..?
Trims.
1. azali adalah tidak awal atau keadaan dimana belum ada sesuatupun, belum ada zaman dan ruang kecuali Allah
Hapussemata-mata.
2. dur adalah kergantungan sesuatu kepada yang lain, sedang yang lain itu tergantung kepada yang lain lagi dst nya, kemudian kembali ketergantungan itu kepada yang pertama. misalnya kalau kita katakan Allah (tuhan pertama) membutuhkan kepada yang menjadikannya (tuhan kedua), maka tentu yang menjadikan Allah tersebut juga membutuhkan yang menjadikannya (tuhan ketiga), demikian juga seterusnya, akhirnya yang menjadikan yang terakhir dijadikan oleh tuhan pertama. dur ini hukumnya mustahil pada akal
3. tasalsul adalah kergantungan sesuatu kepada kedua dan seterusnya sampai tidak habis-habis. misalnya kalau kita katakan Allah membutuhkan kepada yang menjadikannya, maka tentu yang menjadikan Allah tersebut juga membutuhkan kepada yang menjadikannya, dstnya sampai tidak habis2. tasalsul ini hukumnya mustahil pada akal
jazakallahu khairan atas perkongsian, sgt membantu
HapusTgk.. I'rab bismillah pada lafaz arrahimi, ada yg bilang arrahimi di sifat pada arrahmani.. Ada jg yg bilang arrahimi di sifat pada allahi...
BalasHapusMana yg benar tgk? Atau dua2nya benar?
Trims.
yang benar arrahim disifat kepada Allah (sifat kedua) dan arrahmani sifat juga kepada Allah (sifat pertama). karena arrahmani merupakan sifat, maka gak mungkin disifatkan sifat kepada sifat.
Hapuswassalam
assalamu'alaikum Tgk
BalasHapusBagaimanakah pemahaman Qadim dan Qidam.
Wassalam
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTgk Alizar Usman15 September 2013 07.42
Hapusqidam bermakna tidak ada awal bagi zat Allah. artinya zat Allah ta'ala tidak didahului oleh tidak ada. sedangkan qadim adalah nama bagi zat yang bersifat qidam.
wassalam
assalamu'alaikum...Tgk
BalasHapusSebelumnya saya minta maaf...
Apakah makna Qadim bisa di perjelas lagi,agar saya mudah memahaminya.
Wassalam
qidam termasuk sifat yang menafikan hal2 yang tidak layak bagi Allah Ta'ala (sifat salbiyah). di sini qidam bermakna suatu sifat menafikan bersifat dengan baharu (wujud sesudah tidak ada)bagi Allah. kalau makhluq wujudnya sesudah tidak ada (baharu). hanya sebatas itu yg dapat kami kemukakan di sini, selebihnya tgk dapat bertanya kepada ulama2 yang ada disekitar tgk,
Hapuswassalam
Tgk bagaimana penjelasan takluk suluhi qadim tanji qadim dan tanjizi hasis pada sifat kalam...syukran
Hapusasslkm.
BalasHapusTgk..sy ingin menanyakan tetang irab mubtada,. Apakah isim bilangan yg nakirah bs diirab kemubtada'k sperti contoh didlm ktb fathul qarib Jz I pasal shalat mayit :"wa itsnaini la yuphsalaani ...ilakh" semetara dia tdk ma'rifah dn tdk melengkapi syarat lain, mhn bntuan tgk.
Prtanyaan ke2: dalam ktb kawakib duriyah tanda2 isim banyak tp yg disebutkn contoh cuma yg 5 saja, tgk mhn uraiannya tanda2 isem yg lain berserta sumber@,.trm ksh.
lihat pada :
Hapushttp://kitab-kuneng.blogspot.com/2013/10/tanda-isim-dan-mubtada-isim-nakirah.html
bolehkah saya bertanya. Usia kapankah nabi muhammad S.A.W. mulai mengenal Allaah?
BalasHapus1. Nabi muhammad sudah mengimani adanya Allah sebagaimana dijarkan dalam agama moyangnya, nabi Ibrahim sebelum muhammad diangkat menjadi Rasul.
Hapus2. muhammad tidak pernah menyembah berhala (musyrik) sebelum beliau diangkat menjadi rasul.
3 dengan demikian, dapat dipastikan bahwa nabi muhammad saw sudah mengenal Allah selama dalam hidupnya
wassalam
assalamu'alaikum...
BalasHapusTlng penjelasan sedikit tentang dalil secara tafsili sifat hayyah(hidup)
Ada yang kasih soal...bisa saja allah tidak ada lagi,semua kejadian di alam ini sampai hal yg paling kecil,sampai hari kiamat dan seterusnya sudah di atur atau di rancang sesuai qadha dan qadar lalu allah tdk ada lagi.
Tolong penjelasan sesuai dengan hukum aqli.
wassalam
kalau saja Allah boleh tidak hidup sesudah hidup , maka hidup Allah itu tidak wajib, seandainya hidup Allah tidak wajib, maka wujud Allah itu sendiri tidak wajib, seandainya wujud Allah tidak wajib, maka Allah boleh ada dan boleh tidak ada, kalau Allah boleh ada dan boleh tidak ada, maka ada Allah itu pasti harus ada orang lain yang mengadakannya, ini jelas mustahil, karena itu Allah wajib wujud tanpa disudahi oleh tidak ada.
Hapuswassalam
Sifat "Hayat" adalah suatu sifat yang tidak takluk kemanapun, Namun sifat hayat adalah sifat yg menjadi sumber bagi semua sifat yg wajib bagi suatu zat,
HapusMaka mustahil ada sifat ma'ani, ma'nawiyyah dll kalau tidak ada sifat HAYAT ,
والله أعلم بالصواب
assalamu'alaikum ustadz....
BalasHapussaya baru pertama ini buka posting ustadz dan bagi sya smuanya sangat bermanfaat bagi saya....
ada masalah yang mengganjal fikiran saya... Apakah ikhtiari kita itu sudah di sudah di taqdirkan Allah swt.... terima Kasih sebelumnya
wassalamu'alaikum wr.wb
semuanya ada dalam taqdir Allah. termasuk ikhtiyar kita.
Hapussuatu perbuatan di sebut iktiyar adalah hanya karena kita merasakan ada keinginan utk melakukan perbuatan itu, tetapi perbuatan itu pada hakikatnya diciptakan dan diiradahkan oleh Allah semata. sebaliknya perbuatan yg tidak disertai keinginan maka bukanlah usaha, seperti jatuh dari pohon.
Assalamu'alaikum
BalasHapusBagaimanakah pemahaman wujud dalam sifat 20.
Ada yg mengatakan wujud adalah HAL,sesuatu yg tidak dapat di lihat atau di raba,ada juga pendapat wujud adalah a'in zat atau a'in maujud atau wujud benda itu sendiri juga tidak bisa di lihat.
Mohon penjelasannya beserta ilustrasinya
Wassalam
ulama yg yang mengatakan wujud adalah "hal" dalm arti wujud sesuatu yang tidak dpt dikatakan ada (maujud) dan bukan sesuatu yang tidak ada (ma'dum), berarti wujud itu antara maujud dan ma'dum. sesuatu di antara maujud dan ma'dum di sebut "hal".
Hapuscontoh yang maujud adalah sifat ma'ani seperti ilmu, sama, bashar Allah ta'ala. sifat ma'ani ini disebut maujud karena dapat digambarkan dalam pikiran kita tentang adanya. sehingga kalau Allah membuka hijab, maka sungguh dapat dilihatnya karena ia memang ada (muajud). sifat ma'dum seperti baqa Allah ta'ala dan sifat2 salbiyah lainnya. baqa disebut ma'dum karena makna baqa adalah tidak berkesudahan, jadi baqa menafikan berkesudahan sehingga tepat disebut sifat penafian, jadi bukan sesuatu yang ada (maujud). contoh sifat ma'dum yg lain adalah esa, jadi esa bukanlah sesuatu yang maujud, tetapi esa hanya ingin menjelaskan bahwa allah tidak banyak. tidak banyak itu ma'dum.
contoh hal yang lain adalah sifat ma'nawiyah seperti yang berkuasa. yang berkuasa disebut sebagai hal karena yang berkuasa itu bukan yang maujud dan bukan pula yg ma'dum. yang maujud hanya kuasa dan zat Alllah. sedangkan yang kuasa di antara maujud dan ma'dum. sebagai ilustrasi sdr bisa menggambarkan misalnya "pensil yang panjang" pada pinsil tersebut yang maujud cuma pensil dan panjang, sedangkan "yang panjang" tidak maujud. "yang panjang" tersebut juga tidak bisa disebut ma'dum karena sesungguhnya "yang panjang" masuk dalam konsep pemikiran seseorang, karena itu "yang panjang" di antara maujud dan ma'dum (bukan ada dan bukan pula tidak ada). inilah yang disebut dgn "hal".
kembali kepada masalah wujud. kalau wujud termasuk dalam katagori hal, maka wujud berada antara maujud dan ma'dum, tentu wujud dalam arti ini tidak dapat dilihat dan tidak dapat juga diraba. tetapii kalau wujud bermakna ain zat, maka tentu ain zat dapat dilihat. karena itu zat Allah Ta'ala dapat dilihat di hari akhirat kelak sebagaimana i'tiqad ahlussunnah wal jama'ah. cuma zat Allah Ta'ala tidak dpt di raba dan disentuh karena zat Allah ta'ala bukan benda. adapun ain zat benda tentu dapat dilihat dan di raba sebagaimana rumah, meja dll.
demikian, mudah2an dpt dipahami.
wassalam
kajian di atas adalah kajian ilmu akidah berdasarkan ilmu kalam. karena kajian tersebut membutuhkan pemahaman ilmu kalam yg mendalam, maka bagi orang yang tidak terbiasa dgn kajian ilmu kalam tidak perlu mendalam masalah ini. pendalaman ini kalau tidak didukung perangkat ilmu yang memadao hanya mendatangkan keraguan dalam akidah. kajian ilmu kalam masuk ke kalangan ulama ahlussunnah wal jama'ah hanya untuk menolak syubhat2 mu'tazilah yang berkembang pesat pada zamannya yang sering menggunakan logika dalam mengenal ilmu akidah.
Hapusterima kasih tgk atas penjelasannya
Hapussaya masih kurang faham yang dimaksut dengan Ain zat??
ada yang mengatakan ain zat tetap tidak dapat di lihat/di raba.yang bisa di lihat/di raba adalah sifat dari benda itu,contohnya palu yang terlihat adalah gagangnya dari kayu dan ada kepala dari besi serta di gunakan untuk menanamkan paku,begitu pula dengan rumah dan meja yang terlihat dan dapat di raba adalah sifat benda itu sendiri.karna sifat membutuhkan kepada zat
mohon tanggapannya karna saya sedikit bingung dalam memahami ilmu kalam
wassalam
kalau yg di maksud dgn ain zat adalah hakikat sesuatu memang hakikat sesuatu bersifat abstrak (tidak dapat diraba dan dilihat), tetapi hanya dapat masuk dlm akal sebagai sebuah konsep. dengan konsep sesuatu ini kita dpt mengenal afrad-afrad sesuatu. misalnya hakikat insan adalah hewan yg berakal. dengan kita mengetahui hakikat insan, maka kita dpt mengetahui bahwa umar, usman dll (umar, usman adl contoh afrad-afrad insan) adalah seorang insan. jadi hewan berakal yg menjadi hakikat insan tentu hanya ada dlm konsep pikiran kita, dia tidak dpt di raba dan dilihat, sedangkan yg terlihat hanya contoh2 insan seperti umar dan usman (afrad2 insan), sedangkan hewan yg berakal merupakan hakikat insan atau hakikat si umar dan usman. demikian juga dalam contoh palu. yg terlihat dan terraba cuma palu A dan palu B dll, sedangkan hakikat palu (sesuatu yang berbentuk khusus yang dijadikan sebagai penekan paku) tentu hanya ada dalam konsep pikiran seseorang (abstrak)
Hapusadapun apabila yg dimaksud dgn ain zat adalah benda tertentu, tentu yang kita raba dan liat adalah benda itu sendiri yang terdiri kayu dan besi tertentu. namun apabila kita raba hanya palu A, tentu palu B tidak kita raba. sedangkan hakikat palu ada pada palu A, B, C dsb. hakikat palu ini abstrak, tidak dapat diraba, hakikat palu hanya ada pada pikiran kita saja. maka tidak dpt di raba dan dilihat.
wassalam mudah2an dpt dipahami
kalau dikatakan yg dpt dilihat dan di raba hanya sifat benda, maka ini jelas salah. karena makna sifat sesuatu yg berdiri pada yg lain seperti hitam, merah , panjang, pendek dll. padahal kenyataannya apabila kita memegang palu A, maka yg terlihat pada kita adalah besi dan kayu yang bersifat panjang (kalau palu itu panjang). jadi pada palu A itu ada kayu dan besi sebagai tmp berdiri sifat panjang (ada sesuatu tmp berdiri sifat dan sifatnya), jadi bukan hanya sifat.
Hapuswassalam
Terima kasih banyak Tgk atas semua penjelasannya,sedikit2 sudah saya pahami meskipun sedikit rumit
BalasHapusAwal agama mengenal allah.ada pendapat mengatakan tidak sempurna ibadah kita apa bila tidak mengenal yang kita sembah.
Bagaimanakah rasullullah mengajarkan TAUHID kepada sahabat2nya??
apakah seperti metode i'tikad 50 seperti yang kita pelajari selama ini.
Ada mengatakan metode i'tikad 50 pertama kali muncul pada masa Hasan asy'ari dan maturidi tidak ada pada masa rasul dan sahabat,karna mengenal allah dan rasul tidak mesti dengan metode i'tikad 50,banyak sekali yang penting tidak boleh bertentangan dengan al qur'an dan hadist
mohon tanggapannya
wassalam
assalamu'alaikum
Hapusmaaf Tgk mungkin ada yang salah dengan pertanyaan saya di atas..mohon maaf..
1. tidak ada yg salah dgn pertanyaan sdr. Kami terlambat menjawab karena kesehatan kami beberapa hari ini kurang baik. ini pun kami tidak boleh lama2 di depan komputer.
Hapus2. mengenal Allah dgn metode kajian 50 merupakan ijtihad Imam Asy'ary dan Maturridy. kajian versi asyary dan Maturidy ini muncul karena banyak datang syubhat2 yang menyerang akidah ahlussunnah pada masanya., namun demikian rumusan akidah 50 tidak terlepas dari al-qur'an dan hadits serta ajaran2 para salaf (sahabat dan tabi'in). sehingga siapa yng mengingkari salah satu sifat dari sifat 50 itu maka ia menjadi kafir.
3. yang tidak ada pada masa sahabat hanya sistimatika pembahasan i'tiqad 50 serta penggunaaan dalil 2 akal layaknya dalil dalam ilmu kalam (manthiq). adapun point2 dalam akidah 50 adl merupakan akidah para sahabat nabi. alhasil substansi akidah 50 merupakan warisan dari Nabi dan sahabatnya. bedanya hanya sistimatika pembahasannya saja.
4. boleh saaja dalam mengenal Allah tidak mengikuti sistimatika i'tiqad 50 , tetapi mencukupi saja dgn al-qur'an dan hadits sebagaimana halnya kebanyakan ahli hadits. tetapi tetap tidak boleh mengingkari salah satu sifat yang ada dlm kajian i;tiqad 50.
wassalam
ass...stad an boleh minta nmr hpnya...soalnya ana disini juga ada kajian tauhid masi dasar2...jadi ana mau kalau ustad bersedia mau ser dgn kami pa ustad...
HapusSeseorang lahir,sekolah dan kerja berlainan tempat itu termasuk ta'alluq apa
BalasHapusSeseorang lahir, sekolah dan kerja berbeda tempat itu termasuk ta'alluq apa? Syukron
BalasHapusAssalamu'alaikum ustadz...
BalasHapusMohon penjelasan nya, ada masalah yang masih mengganjal.
Ustadz bicara soal akhirat nih, jikalau sudah tentu2nya manusia ditetapkan di surga/dineraka kan itu sudah menjelang hari akhir (dan masuk akhirat). Apakah setelah itu masih ada hari yang lain/pembaruan kembali atau masih adakah penciptaan setelah itu (hari dimana kita sudah hidup di alam abadi). ataukah bagaimana? Apakah ada lagi penciptaan setelah itu dan allah subhanahu wata'ala menciptakan lagi makhluk2 dan diperintahkan sebagaimana yang sudah allah iptakan untuk beribadah. Apakah gimana yang helasnya?
Mohon bantuan nya ustadz.
Assalamu'alaikum ustadz...
BalasHapusMohon penjelasan nya, ada masalah yang masih mengganjal.
Ustadz bicara soal akhirat nih, jikalau sudah tentu2nya manusia ditetapkan di surga/dineraka kan itu sudah menjelang hari akhir (dan masuk akhirat). Apakah setelah itu masih ada hari yang lain/pembaruan kembali atau masih adakah penciptaan setelah itu (hari dimana kita sudah hidup di alam abadi). ataukah bagaimana? Apakah ada lagi penciptaan setelah itu dan allah subhanahu wata'ala menciptakan lagi makhluk2 dan diperintahkan sebagaimana yang sudah allah iptakan untuk beribadah. Apakah gimana yang helasnya?
Mohon bantuan nya ustadz.
Mantappppsss...
HapusTidak ada yang tahu episode setelah hari pembalasan
Hapusassalamualaikum gure....sy ingin bertanya di mana perbedaan antara iktikad ahlussunnah,jabariah dan qadariah.
BalasHapusPerbedaan dlm masalah perbuatan dlm bentuk usaha. Ahlussunnah mengi'tiqad semua perbuatan sesuai dgn iradah dan qudrah Allah, sedangkan makluq hanya berkeinginan melakukan nya (usaha)
HapusQadariyah : manusia menciptakan perbuatan sendiri, baik dan buruk tidak ada hubungannya dgn iradah dan qudrah Allah
Jabbariyah : semua nya dari Allah, manusia tidak ada usaha apapun, perbuatan makluq seolah-olah kapas di bawa angin, tidak berdaya dan tidak ada keinginan utk belok ke kanan atau ke kiri
Wallahua'lam
Terkait masalah sifat qudrat Allah, apakah ini berkaitan dengan takdir muallaq dan takdir mubram?
BalasHapusSemoga Guru diberikan kebaikan dari Allah swt,di dunia dan akhirat.
BalasHapusSungguhlah ulama itu bagaikan sinar rembulan yang menerangi kegelapan malam,apalah jadinya ilmu jika tidak ada yang menjabarkan,ilmu yg kau berikan ini akan kukenang sampai kita berjumpa di yaumil mashar kelak.
Assalammualaikum wr wb
Alhamdulillah,terimakasih gure lon puastat pnjlsn ta'luq qudrah dan iradah
BalasHapusMasyaAllah... Semoga kita semua diberi futuh...
BalasHapusAssalamualaikum Tgk..
BalasHapusBisakah Tgk. Menjelaskan berbagai macam jenis takluk?
Seperti takluk maiyyah, takluk taksir, takluk hukmiyyah, dan takluk bilquwwah? Mohon penjelasannya tengku.
Terima kasih��
Alhamdulillah smoga kyai panjang umur bisa slalu menerangi umat kalo boleh minta no wa nya biar sya bisa tnya jawab lebih luas.trimaksih
BalasHapusAlhamdulillah.
BalasHapusAssalamualaikum Tgk,Tgk saya mau tanyak masalah takluk taksir pada sifat qudrah dan iradan,yg kedua takluk ingkisyaf pada sifat sama' dan Basar dan yg ketiga takluk dalalah pada sifat kalam
BalasHapusTgk,assalamualaikum
BalasHapusApa sahaja bahagian 50 i'tiqad ahlussunnah wal jamaah itu ?
http://kitab-kuneng.blogspot.com/2018/03/c-kenapa-yang-wajib-diketahui-hanya-dua.html
HapusApa sahaja maujud yang qadim dan maujud yang baharu
BalasHapusmaujud yg qadim hanya Allah, selain Allah baharu semua
HapusAssalamu'alaikum pak, maaf apakah anda. Masih hidup?
BalasHapusSaya mau bertanya
Izin bertanya apakah boleh meyakini kebenaran Af'al Allah itu Baharu menurut pendapat Asy'ari yah. Yang saya maksud ini meyakini seyakin yakinya bahwa itu benar.
BalasHapusThank you for nice information. Please visit our web:
BalasHapusGhozi
Ghozi
Assalamualaikum gure 🙏 kalau masih aktif tolong untuk penjelasan perbedaan antara maujud, makdum, hal, amron ittibari, saya masih ga paham waktu ngaji kitab kifayatul awam, mohon penjelasan nya gure klo ada waktu, syukran 🙏🙏🙏
BalasHapusmungkun tulisan ini dapat membantu tgk: https://kitab-kuneng.blogspot.com/2018/03/c-kenapa-yang-wajib-diketahui-hanya-dua.html
HapusMantap pak kyai....
BalasHapussesuai dengan yg guru saya ajarkan dan ini membantu akan pemahaman saya.
Hatur salam pak kiyai(soemoga pak kyai di di berikan di berkahi oleh allah SWT.tpi saya kurang faham dengan ta'aluq tanjizi?
ta'alluq tanjiziy artinya aksi dari sifat Allah yang sudah bersifat kongkrit (bukan hanya berpotensi). contohnya mengetahui yg belum terjadi, sedang terjadi dan yg akan terjadi sebagai ta'alluq sifat ilmu Allah. (tanjizi qadim). sedangkan contoh tanjizi hadits aksi sifat qudrah menciptakan alam ini. disebut tanjizi karena memang berlaku pada kenyataan, bukan hanya potensi. di sebut hadits karena yang namanya penciptaan tentu terkaid ruang/tempat dan waktunya.
Hapusuntuk pemahaman lebih lanjut, kami sarankan belajar pada guru secara langsung. mudah2an Allah memudahkan pemahaman kita semua, amiin
Mudah di pahami pak kiyai terimakasih...
HapusYa saya baru khotam kitab as sanusi minggu kemarin di guru saya.
Sekali lagi terimakasih sudah berkenan menjawab semoga kiyai di berkahi di usianya
Mau mau nanya perbedaan antara qodim /qidam dg azali apa ya ustad,,
BalasHapusqadiim adalah zat yg tidak ada awal. adapun qidam bermakna tidak ada awal . dgn demikian, qidam adalah sifat bagi zat yg bernama qadim. adapun azali sinonim qidam.
HapusTaalupnya sifat ilmu apa ❓😧😧
BalasHapusBisa di jelaskan
Asalamualikum maaf kak bisa di Jawab
Sekarang ini oke di tunggu ✋✋
ta'alluq sifat ilmu adalah semua yang wajib, mustahil dan jaiz pada akal
HapusTgl..tolas jelaskan apa itu ma'ani dan sebutkn katagorinya..
BalasHapusPakah ia berada di kudrat atau irodat....???
https://kitab-kuneng.blogspot.com/2018/03/c-kenapa-yang-wajib-diketahui-hanya-dua.html
BalasHapusbaca link di atas
Hapus