Mari kita perhatikan
keterangan ulama berikut ini :
1.
Imam al-Nawawi
mengatakan :
لَا يَجُوزُ لِمَنْ
كَانَتْ فَتْوَاهُ نَقْلًا لِمَذْهَبِ إمَامٍ إذَا اعْتَمَدَ الْكُتُبَ أَنْ
يَعْتَمِدَ إلَّا عَلَى كِتَابٍ مَوْثُوقٍ بِصِحَّتِهِ وَبِأَنَّهُ مَذْهَبُ
ذَلِكَ الْإِمَامِ فَإِنْ وَثِقَ بِأَنَّ أَصْلَ التَّصْنِيفِ بِهَذِهِ الصِّفَةِ
لَكِنْ لَمْ تَكُنْ هَذِهِ النُّسْخَةُ مُعْتَمَدَةً فَلْيَسْتَظْهِرْ بِنُسَخٍ
مِنْهُ مُتَّفِقَةٍ
Tidak boleh bagi yang berfatwa dengan
mengutip mazhab imamnya, apabila dengan berpegang kepada kitab-kitab, berpegang
kepada kitab-kitab kecuali berdasarkan kitab yang dipercaya keshahihannya dan kitab
tersebut merupakan mazhab imam tersebut. Apabila asal karangan itu dengan
sifat-sifat ini dapat dipercaya, akan tetapi naskahnya tidak mu’tamad, maka hendaknya
diperjelaskan dengan naskah lain darinya yang ittifaq.[1]
2. Imam Ibn Hajar Al-Haitamy mengatakan :
مَا
أَفْهَمَهُ كَلَامُهُ مِنْ جَوَازِ النَّقْلِ مِنْ الْكُتُبِ الْمُعْتَمَدَةِ
وَنِسْبَةِ مَا فِيهَا لِمُؤَلِّفِيهَا مُجْمَعٌ عَلَيْهِ وَإِنْ لَمْ يَتَّصِلْ
سَنَدُ النَّاقِلِ بِمُؤَلِّفِيهَا نَعَمْ النَّقْلُ مِنْ نُسْخَةِ كِتَابٍ لَا
يَجُوزُ إلَّا إنْ وَثِقَ بِصِحَّتِهَا أَوْ تَعَدَّدَتْ تَعَدُّدًا يَغْلِبُ
عَلَى الظَّنِّ صِحَّتُهَا أَوْ رَأَى لَفْظَهَا مُنْتَظِمًا وَهُوَ خَبِيرٌ
فَطِنٌ يُدْرِكُ السَّقَطَ وَالتَّحْرِيفَ
Apa yang difahamkan
oleh ucapannya (yakni ucapan Imam an Nawawi), yaitu bolehnya mengutip dari
kitab-kitab yang mu’tamad, dan menisbatkan apa yang ada didalamnya kepada
penulisnya, itu adalah perkara yang mujma’ ‘alaih, meskipun pengutip tidak
bersambung sanadnya kepada penyusun kitab-kitab tersebut. Namun demikian, menukil dari naskah kitab
tidak diperbolehkan kecuali jika dia percaya dengan keshahihan apa yang
dia nukil tersebut, atau banyak naskah yang dengan sebabnya diduga kuat akan
keshahihannya, atau dia melihat lafadznya yang teratur sedangkan dia orang
yang ahli dan cerdas yang bisa memahami kekeliruan dan penyimpangan (tahrîf).[2]
3.
Ibnu Abdissalam sebagaimana dikutip oleh al-Suyuthi mengatakan :
وقال
ابن عبد السلام: أما الاعتماد على كتب الفقه الصحيحة الموثوق بها, فقد اتفق
العلماء في هذا العصر على جواز الاعتماد عليها والاستناد إليها ; لأن الثقة قد
حصلت بها كما تحصل بالرواية, ولذلك اعتمد الناس على الكتب المشهورة في النحو,
واللغة, والطب وسائر العلوم لحصول الثقة بها وبعد التدليس.
Ibn Abdissalaam berkata : Adapun beri'timad
dengan kitab fiqh yang shahih dan terpercaya maka ulama zaman sekarang telah
sepakat bolehnya beri'timad dan bersandar kepada kitab-kitab, karena
kepercayaan sungguh wujud sebagaimana wujud kepercayaan dengan sebab riwayat. Dengan
sebab inilah manusia mengi’timad kitab-kitab masyhur pada ilmu nahu, lughat,
tabib dan ilmu-ilmu lainnya, karena wujud kepercayaan dengannya dan jauh dari
tadlis.[3]
4.
Al-Suyuthi mengatakan :
فائدة ثانية الإجازة من الشيخ غير شرط في جواز التصدي
على الإقراء والإفادة فمن علم من نفسه الأهلية جاز له ذلك وإن لم يجزه أحد وعلى
ذلك السلف الأولون والصدر الصالح وكذلك في كل علم وفي الإقراء والإفتاء خلافاً لما
يتوهمه الأغبياء من اعتقاد كونها شرطاً
Faedah kedua :
Ijazah dari guru bukanlah syarat dalam membolehkan mendatangkan qiraah dan
memberikan faedah. Barangsiapa yang memaklumi dirinya ahli, maka itu boleh baginya,
meskipun tidak ada seorangpun yang memberikan ijazah. Atas ini telah berpegang para
salaf generasi pertama dan ulama shaleh generasi pertama. Demikian juga pada
setiap ilmu, pada qiraah dan ifta’. Ini berbeda dengan yang telah diwaham oleh orang-orang
bodoh yang mengi’tiqad keadaannya sebagai syarat.[4]
[1] Al-Nawawi, al-Majmu’ Syarah al-Muhazzab, Maktabah
al-Irsyad, Jeddah, Juz. I, Hal. 80
[2] Al-Haitami, Tuhfah
al-Muhtaj (dicetak pada hamisy Hasyiah al-Syarwani ‘ala al-Tuhfah),
Mathba’ah Mushtafa Muhammad, Mesir, Juz.
I, Hal. 38-39
[3] Al-Suyuthi, al-Asybah
wan Nadhair, al-Haramain, Singapura, Hal. 189
[4] Al-Suyuthi, al-Itqan
fi Ulumul Qur’an, al-Haramain, Singapura, Juz. I, Hal. 103
Tidak ada komentar:
Posting Komentar