Mayoritas ulama Islam yang hidup sezaman dengan Ibnu Taimiyah
dan yang datang sesudahnya mengecam dan menolak pendapat yang dikemukakan oleh
Ibnu Taimiyah dan pengikutnya (ajaran Salafi). Penolakan ini dikarenakan ajaran
Salafi tersebut dianggap sudah keluar dari ajaran Islam yang sebenarnya. Sayyid
Hasan bin Ali al-Saqaf, dalam kitab beliau, as-Salafiyah al-Wahabiyah,[1]
telah menyebut tokoh-tokoh ulama yang
menolak dan mengecam ajaran Salafi, antara lain :
1.
Al-Imam al-Hafizh al-Mujtahid Taqiyuddin ‘Ali
ibn ‘Abd al-Kafi al-Subki. Diantara karya beliau dalam rangka menolak pendapat ajaran
Salafi, yaitu :
a.
Al-Saif al-Saqiil fi al-Rad ‘ala Ibnu Zufiil
b.
Ad-Durrah al-Mudliyyah Fi
al-Radd ‘ala Ibn Taimiyyah.
c.
Syifa’ as-Saqam Fi Ziyarah
Khair al-Anam
d.
Dan lain-lain
2.
Hafidh Ibnu Daqiq al-‘Id al-Syafi’i al-Maliki
(W. 702 H). Beliau menolak pendapat Ibnu Taimiyah yang mengatakan bahwa Nau’
al-alam (hakikat alam) adalah qadim.
3.
Al-Hafizh Al-Zahabi al-Syafi’i (W.748 H).
Diantara karya beliau dalam rangka menolak pendapat ajaran Salafi, yaitu :
a.
Al-Nashihah al-Zahabiyah (dalam bentuk risalah
yang dikirim langsung kepada Ibnu Taimiyah)
b.
Al-I’lan bil Taubikh
c.
Bayan Zaghl al-Ilm wal-Thalb
4.
Al-Qadhi Badruddin Muhammad bin Ibrahim bin
Jama’ah al-Syafi’i (W. 733 H)
5.
Al-Qadhi Muhammad bin al-Hariry al-Anshari
al-Hanafi
6.
Al-Qadhi Muhammad bin Abu Bakar al-Maliki
7.
Al-Qadhi Ahmad bin Umar al-Muqdisy al-Hanbaly
(Ibnu
Taimiyah dipenjara pada tahun 726 H, berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh
empat orang qadhi ini, yaitu yang tersebut namanya pada no. 4,5,6, dan 7)
8.
Qadhi dari negeri Mesir, Ahmad bin Ibrahim
al-Saruji al-Hanafi (W. 710 H)
9.
Qadhi dari kalangan Mazhab Maliki (W. 718 H)
10. ‘Alamah
Ali bin Ya’qub al-Bakri (W. 724 H)
11. ‘Alamah
Syamsuddin Muhammad bin ‘Adlan al-Syafi’i (W. 749 H)
12. Al-Imam
Shadruddin Ibnu al-Wakil, terkenal dengan nama Ibnu al-Murhil al-Syafi’i
13. Al-Imam
al-Alamah Ahmad bin Yahya al-Kalaby al-Halaby (W. 733 H).
14. Qadhi
‘Alamah Shafiuddin al-Hindy (W. 715 H). Beliau pernah berdebat langsung dengan
Ibnu Taimiyah dalam beberapa masalah
15. Qadhi
Kamaluddin bin al-Zamlakany (W. 728 H). Beliau pernah berdebat langsung dengan
Ibnu Taimiyah dan menulis kitab menolak pendapat Ibnu Taimiyah dalam masalah
ziarah qubur dan thalaq.
16. Al-Hafizh
Mufassir al-Lughawy Abu Hayyan al-Andalusy (W. 745 H). beliau menyebutkan dalam
tafsirnya, bahwa beliau pernah melihat sendiri tulisan yang ditulis dengan
tangan Ibnu Taimiyah yang didalamnya berisi bahwa Ibnu Taimiyah menetapkan
i’tiqad bahwa Tuhan duduk di atas ‘arasy.
17. Al-Imam
Ali bin Muhammad al-Baji al-Syafi’i (W. 714 H)
18. Al-Muhaddits
Ahli sejarah, al-Fakruddin bin al-Mu’allim al-Quraisyi (W. 725 H). Beliau
menolak Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau, Najm al-Muhtadi wa Rajm al-Mu’tadi.
19. ‘Alamah
Muhammad bin Ali al-Maziny al-Duhan al-Damsyiqy (W. 721 H). Beliau menolak Ibnu
Taimiyah dalam dua risalah beliau, yaitu Risalah Ziarah Qubur dan Risalah Thalaq
20. Al-Imam
Abu Qasim Ahmad bin Muhammad al-Syairazy (W. 733 H). Beliau pernah mengarang
sebuah risalah dalam rangka menolak pendapat Ibnu Taimiyah
21. Al-Imam
Jalaluddin al-Quzuwainy al-Syafi’i (739 H).
22. ‘Alamah
‘Afifuddin Abdullah bin As’ad al-Yafi’i al-Yamany (W. 768 H). Karya beliau dalam
menolak Ibnu Taimiyah antara lain, Marrahum al-‘Ilal al-Mu’izzhillah.
23. Al-Imam
al-Muhadits Tajuddin Abdulwahab bin Ali al-Subky (W. 771 H). Dalam kitab beliau, al-Thabaqaat
al-Syafi’iyah al-Kubraa banyak penjelasan-penjelasan penolakan terhadap Ibnu
Taimiyah.
24. ‘Alamah
Ahli sejarah, Ibnu Syakir al-Kataby (W. 764 H). Diantara kitab beliau adalah
‘Uyun al-Tawarikh
25. ‘Alamah
al-Faqih Umar bin Abi al-Yaman al-Lakhmy al-Fakihy al-Maliky (W. 734 H). Beliau
ini telah menolak pendapat Ibnu Taimyah dalam kitab beliau, al-Tuhfah
al-Mukhtarah fil-Radd ‘ala Munkir al-Ziyarah
26. ‘Alamah
Isa al-Zawawy al-Maliki (W. 743 H). Beliau mempunyai karya sebuah risalah
menolak Ibnu Taimiyah mengenai ziarah qubur
27. Al-Qadhi
al-‘Alamah Muhammad al-Sa’ady al-Akhna’i al-Mishry (W. 750 H). Beliau mengarang
sebuah kitab berjudul al-Maqalaat al-Mardhiyah fil-Radd ‘ala Man Yunkiru
al-Ziyarah al-Muhammadiyah. Kitab ini dicetak bersama kitab al-Barahin
al-Sathi’ah karya al-‘Azamy
28. Al-‘Alamah
al-Muhaqqiq Ahmad bin Utsman al-Turkimany al-Jauzajany al-Hanafi (W. 744 H).
Beliau mengarang sebuah risalah khusus dalam rangka menolak Ibnu Taimiyah
dengan judul al-Abhatsu al-Jaliah fil-Radd ‘ala Ibnu Taimiyah
29. Al-Imam
al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalany al-Syafi’i (W. 852 H). Beliau mencela Ibnu
Taimiyah dalam kitab beliau, Fathul Barri dalam hal fatwa Ibnu Taimiyah
mengenai ziarah qubur dan tidak ada awal benda yang bahru.
30. Al-Hafizh
al-Kabir Zainuddin Abdurrahim al-Iraqi. Beliau ini merupakan guru dari
al-Hafizh Ibnu Hajar, Waliuddin al-Iraqi (anak beliau sendiri) dan al-Haitsamy
(W. 806 H). Syekh al-Nabhany dalam Syawahid al-Haq menjelaskan bahwa beliau
pernah membaca sebuah karangan kecil karya Zainuddin al-Iraqi yang berisi
penolakan pendapat Ibnu Taimiyah mengenai masalah yang berhubungan dengan hari
‘Asyura
31. Anak
dari Zainuddin al-Iraqi, Waliuddin al-Iraqi (W. 826 H). Beliau banyak
mengkritik fatwa Ibnu Taimiyah yang menyalahi dengan ijmak dalam kitab
al-Ajwabah al-Mardhiyah fil Radd ‘ala al-As’alah al-Makkiyah
32. Ahli
Sejarah, ‘Alamah Ibnu Qadhi Syabhah al-Syafi’i (851 H)
33. Al-Imam
al-Alamah Taqiyuddin al-Hishny al-Husainy al-Syafi’i (W. 829 H). Beliau menolak
pendapat Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau, Daf’u Syabbah Man Syabbaha wa
Tamarrad. (Beliau meruapakan pengarang kitab fiqh Syafi’i yang sangat terkenal
di kalangan Mazhab Syafi’i di Indonesia, yaitu Kifayah al-Akhyar)
34. Al-Imam
Ibnu ‘Arafah al-Tunisiy al-Maliki (W. 803 H)
35. Al-Imam
al-Alamah ‘Ilauddin al-Bukhari al-Hanafi (W. 841 H). Beliau ini merupakan murid
dari al-Sa’ad al-Tafazaany.
36. Syaikh
Muhammad bin Ahmad al-Farghany al-Hanafi al-Damsyiqi (W. 867 H). Beliau
mengarang sebuah kitab khusus menolak pendapat Ibnu Taimiyah dengan judul
al-Radd ‘ala Ibnu Taimiyah fil-I’tiqaad
37. Syaikh
al-Arif billah Ahmad Zaruuq al-Faasi al-Maliki (W. 899 H). Beliau menolak
pendapat Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau, Syarh Hizb al-Bahr
38. Al-Alamah
al-Faqih Ibnu Hajar al-Haitamy al-Syafi’i. Beliau telah mengutip dan mencela
pendapat-pendapat Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim al-Jauzy yang menyalahi ijmak
ulama dalam kitab beliau, al-Fatawa al-Haditsah
39. Syaikh
al-‘Alamah Mala Ali al-Qary al-Hanafi (W. 1014 H). Beliau mengatakan dalam
kitab Syarh al-Syifa bahwa Ibnu Taimiyah telah melenceng dari Mazhab Hanbali
dalam hal pengharaman Ibnu Taimiyah terhadap ziarah qubur Nabi SAW
40. Syaikh
al-‘Alamah al-Muhaddits Abdurrauf al-Munawy al-Syafi’I (W. 1031 H). Beliau
telah mencela Ibnu Taimiyah dalam kitab beliau, Faid al-Qadir dan Syarh
al-Syamail lil Turmidzi
41. Al-Muhaddits
Muhammad bin ‘Ali bin ‘Alaan al-Shiddiqi al-Makky (W. 1057 H).
42. Syihabbuddin
Ahmad al-Khafaji al-Hanafi (W. 1069 H)
43. Syaikh
Abdul Ghany al-Nabalusy (W. 1143 H). Beliau telah mencela Ibnu Taimiyah dalam
banyak kitabnya
44. Al-“Alamah
al-Faqih Muhammad bin Sulaiman al-Kurdy al-Syafi’i al-Madany.
45. Syaikh
al-‘Alamah Abdullah bin Abdul Lathif al-Syafi’i. Diantara karya beliau, Tajrid
Saif al-Jihad li Mudda’i al-ijtihad
46. ‘Afifuddin
Abdullah bin Daud al-Hanbali. Beliau menolaqk ajaran Salafi dalam kitab beliau
al-Shawa’iq wal- Ru’ud
47. Al-‘Alamah
al-Muhaqqiq Muhammad bin Abdurrahman bin ‘Afaaliq al-Hanbali. Beliau mengarang
kitab Tahakum al-Muqallidin bi Man Idda’a Tajdid al-Din untuk menolak pendapat
Muhammad bin Abdul Wahab
48. Al-‘Alamah
Ahmad bin Ali al-Qabany al-Bashry al-Syafi’i. Beliau menolak pendapat Muhammad
bin Abdul Wahab dengan mengarang sebuah risalah, Fasl al-Khithab fi Radd
Dhalaat Ibnu Wahab
49. ‘Alamah
Barkaati al-Ahmady al-Syafi’i al-Makki
50. ‘Alamah
Syaikh ‘Itha’ al-Hindi al-Makky. Beliau menolak pendapat Muhammad bin Abdul
Wahab dengan karya beliau, al-Sharim al-Hindi fi ‘Anaq al-Najdy
51. ‘Alamah
Syaikh Abdullah bin ‘Isa al-Muwaisy
52. Syaikh
Ahmad al-Mishri al-Ihsa’i
53. Seorang
alim yang tidak dikenal dari Baitul Maqdis menulis sebuah risalah dengan judul
al-Suyuf al-Saqal fi A’naq Man Ankara ‘ala Auliya ba’da al-Intiqal
54. Al-‘Alamah
al-Syarif al-Sayyid ‘Alawy bin Ahmad al-Hadad al-Ba’alawy. Beliau menolak
ajaran Salafi dalam risalah beliau, al-Saif al-Batir li ‘Anaq al-Munkir ‘ala
al-Akabir
55. Syaikh
Muhammad bin Abdul Lathif al-Ihsaiy
56. ‘Alamah
Abdullah bin Ibrahim Miraghi. Beliau menolak ajaran Salafi dengan karya beliau,
Tahridh al-Aghniya’ ‘ala al-istighatsah bil Anbiya wal-Auliya
57. Syaikh
Muhammad Saleh Zamzami al-Syafi’i al-Makki
58. Syaikh
Thahir Subul al-Hanafi, dalam karya beliau, al-Intishar lil Auliya al-Abrar
59. Syaikh
Saleh al-Fulany al-Magriby
60. Al-‘Alamah
al-Syarif Sayyid al-Alawi bin Thahir al-Hadad. Beliau menolak pendapat Muhammad
bin Abdul Wahab dalam karya beliau, Mishbah al-Anam wa Jala’u al-Dhalam fi Radd
Syabhi al-Najdi allati Uzhilla al-‘Awam
61. Al-‘Alamah
al-Muhaqqiq Ismail al-Tamimy al-Maliki al-Tunisiy
62. Al-‘Alamah
al-Muhaqqiq Shaleh al-Kawaasyi al-Tunusiy, dalam risalah beliau, Musajja’ah
Muhakkamah
63. Al-‘Alamah
al-Muhaqqiq Sayyid Daud al-Baghdadi al-Hanafi.
64. Syaikh
Ibnu Ghalibun al-Layyi. Beliau ini membuat qashidah untuk menolak qashidah
berisi pujian terhadap Muhammad bin Abdul Wahab yang digubah oleh al-San’any
65. Al-‘Alamah
Syaikh Ibrahim al-Samanudy al-Manshuri. Beliau ini mengarang kitab besar dalam
dua jilid untuk menolak golongan Wahabi dan Dhahiri dengan judul, Sa’adah
al-Daraini fi al-Radd ‘ala al-Firqaini al-Wahabiyah wa Muqallid al-Dhahiriyah
66. Syaikh
al-Masyrafi al-Maliki al-Jazaairy, dalam kitab karya beliau, izhhar al-‘Uquq
Mimman Mana’a al-Tawasul bil-Nabiyyi wal-Waliy al-Shaduq
67. Al-‘Alamah
Syaikh al-Mahdi al-Wazitaany, seorang mufti negeri Fasi
68. Al-‘Alamah
Syaikh Mushtafa al-Hamaamy al-Mishri, dalam kitab beliau, Ghauts al-‘Ibad Bayan
al-Risyad
69. Syaikh
Ibrahim Hilmy al-Qadiry al-Iskandary, dalam kitab beliau, Jalal al-Haq fi Kasyf
Ahwal Asyrar al-Khalq (Diterbit di Iskandariyah pada tahun 1355 H)
70. Al-‘Alamah
Syaikh Ibrahim al-‘Izamy (W. 1379 H). beliau mempunyai karya yang berisi
penolakan terhadap ajaran Salafi dengan judul, al-Barahin al-Sathi’ah
71. Syaikh
Hasan Khizbik, dalam tulisannya, al-Maqaalaat al-Wafiyah fi Radd ‘ala
al-Wahabiyah
72. Syaikh
‘Itha’ al-Kasm al-Damsyiqi, mufti negeri Syam, dalam risalahnya, al-Aqwal
al-Mardhiyah fi Radd ‘ala al-Wahabiyah
73. Sulaiman
bin Abdul Wahab al-Najdy, saudara kandung dari Muhammad bin Abdul Wahab (pendiri
Wahabi). Beliau ini menolak pendapat saudaranya itu dalam kitab beliau,
al-Shawaiq al-Ilahiyah fi Radd ‘ala al-Wahabiyah
74. Al-‘Alamah
Jamil Shiddiqi al-Zahawy, dalam kitab beliau, al-Fajr al-Shadiq fil-Radd ‘ala
Munkir al-Tawasul wal-Karamaat wal-Khawariq
75. Al-‘Alamah
al-Faqih Mufti Syafi’iyah di Makkah, Syaikh Ahmad Zaini Dahlan, dalam kitab
beliau, al-Durar al-Sunniyah fil- Radd ‘ala al-Wahabiyah
76. Syaikh
Abd al-Muhshin al-Asyqiri al-Hanbali, dalam risalah beliau, al-Radd ‘ala
al-Wahabiyah
77. Syaikh
Ahmad Sa’id al-Sirhindi al-Naqsyabandy, dalam kitabnya, al-Haq al-Mubin
fil-Radd ‘ala al-Wahabiyyiin
78. Al-Hafidh
Muhammad Hasan al-Hanafi, dalam risalahnya, al-‘Aqaid al-Shahihah fi Tardid
al-Wahabiyah al-Najdiyah
79. Al-‘Alamah
Muhammad ‘Ithaillah al-Rumy, dalam risalahnya, al-Risalah al-Radiyah ‘ala
Thaifah al-Wahabiyah
80. Syaikh
Ibrahim al-Rawy, dalam risalahnya, al-Auraq al-Baghdadiyah
81. Syaikh
Daud bin Sulaiman al-Baghdadi, dalam risalahnya, Shulh al-Ikhwan fil-Radd ‘ala
Man Qala ‘ala al-Muslimin bil-Syirk wal-Kufraan dan al-Manhah al-Wahbiyah fi
Radd al-Wahabiyah
82. Al-‘Alamah
Syaikh Malik bin Syaikh Daud, dalam kitab beliau, al-Haqaiq al-Islamiyah
fil-Radd ‘ala al-Muza’im al-Wahabiyah bi Adallah al-Kitab wal-Sunnah
al-Nubuwwah
83. Syaikh
Hamdullah al-Daajawy al-Hanafi al-Hindy, dalam kitab beliau, al-Basha’ir li
Munkiry al-Tawasul bi Ahl al-Maqabir
84. Alamah
Isa bin Muhammad al-San’any al-Yamany, dalam kitab al-Saif al-Hindy fi Ibanah
Thariqah al-Syaikh al-Najdy
85. Al-‘Alamah
Syarfuddin Ahmad bin Yahya al-Muniiry, dalam kitabnya, al-Iman wal-Islam
86. Syaikh
Husain al-Hilmy bin Sa’id al-Istaanbuly, dalam kitabnya, Ulama al-Muslimin
wal-Wahabiyyun
87. Syaikh
Mustafa bin Ahmad bin Hasan al-Syatthi al-Hanbali, dalam kitabnya, al-Nuqul
al-Syar’iyah fil-Radd ‘ala Wahabiyah
88. Syaikh
‘Ali Zain al-‘Abidin al-Sudany. Beliau ini mengarang kitab yang berisi
penolakan terhadap ajaran Salafi dan Wahabi dengan judul, al-Bara-ah min
al-Ikhtilaf fil-Radd ‘ala al-Syiqaq wal-Nifaq fil-Radd ‘ala al-Firqah
al-Wahabiyah al-Dhallah
89. Sayyid
Muhsin al-Amin, dalam kitabnya, Kasyf al-Irtiyab fi Atba’i Muhammad bin Abdul
Wahab
90. Syaikh
Muhammad Jawaad Mughniyah, dalam kitabnya, Hazihi hiya al-Wahabiyah
91. Mufti
Negeri Mesir, Syaikh Muhammad Bukhit al-Muthi’i (W. 1354 H), dalam risalah
beliau, Thathhir al-Fuad Min Dans al-I’tiqad
92. Al-Muhaddits
al-Imam Muhammad Zahid al-Kautsary al-Hanafi (W. 1371 H). Beliau banyak
mengarang kitab dan risalah dalam menolak Ibnu Taimiyah, diantaranya :
a. Tabdid
al-Dhalam al-Mukhim Min Nauniyah Ibnu Qaiyyim
b. Maqaalaat
al-Kautsary (kumpulan makalah)
93. Al-‘Alamah
Syaikh Muhammad al-Araby al-Tibany (W. 1390 H). karangan beliau dalam menolak
ajaran Salafi antara lain :
a. Al-Ta’aqqub
al-Syadid ‘ala Hudaa al-Zar’i al-‘Anid
b. Bara-ah
al-Asy’aryiin Min ‘Aqaid al-Mukhalifiin
94. Syaik
Manshur Muhammad ‘Awis, seorang ulama yang hidup semasa dengan Syaikh
al-Kautsary. Beliau mengarang sebuah kitab dengan judul, Ibnu Taimiyah laisa
Salafiyan.
95. Al-‘Alamah
Yusuf al-Dajwy dari pembesar ulama al-Azhar, dalam kitabnya, Shawaiq Min al-Nar
‘ala Shahib al-Manar
96. Al-Hafidh
al-Muhaddits al-Syarif Ahmad bin Muhammad bin al-Shadiq al-Ghumary al-Hishny
(W. 1380 H).
97. Al-Imam
al-Muhaddits al-Syarif Abdullah bin al-Shadiq al-Ghumary al-Hishny (W. 1413 H).
Beliau dalam menolak pendapat Nashruddin al-Bany, pemuka kaum Salafi zaman kini
dalam kitabnya, al-Radd al-Muhkim al-Matin dan al-Qaul al-Muqna’ fil-Radd ‘ala
al-Bany
98. Al-‘Alamah
al-Syarif Muhammad Zamzamy Ibnu al-Shadiq al-Ghumary al-Hishny (W. 1407 H).
Beliau dalam menolak pendapat Nashruddin al-Bany, pemuka kaum Salafi zaman kini
dalam kitabnya, al-Munadharah ma’a al-Bany
99. Al-Muhaddits al-‘Alamah al-Syarif Abdul Aziz
bin al-Shadiq al-Ghumary al-Hishny (W. 1417 H). Dalam rangka menolak pendapat
Nashruddin al-Bany, beliau telah mengarang kitab dengan judul Bayan Nakts
al-Nakits al-Muta’addi bi Tazh’if al-Harits
100. Al-‘Alamah,
Mufti negara Amman, Syaikh Ahmad bin Hamd al-Khalily
101. Syaikh
al-Alamah al-Faqih Abdullah al-Habsyi al-Harary. Beliau yang berdomisili di
Beirut ini mempunyai beberapa tulisan yang menolak ajaran Wahabi
102. Al-‘Alamah
Syaikh Yusuf al-Nabhany. Beliau ini menolak aliran Salafi-Wahabi dalam kitab
beliau Syawahid al-Haq
H. Kholil Abou Fateh,
Lc, MA, Dosen Unit Kerja Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, menyebut beberapa nama
ulama Ahlussunnah wal Jama’ah dari Indonesia yang menolak pendapat
Salafi-Wahabi. Nama-nama ulama tersebut yaitu :
103.
KH.
Ihsan ibn Muhammad Dahlan Jampes Kediri, salah seorang ulama terkemuka
Indonesia yang cukup produktif menulis berbagai karya yang sangat berharga,
antara lain Siraj ath-Thalibin ‘Ala Minhaj al-‘Abidin Ila
Jannah Rabb al-‘Alamin.
104.
KH.
Hasyim Asy’ari Tebu Ireng Jombang. Salah seorang ulama terkemuka Indonesia,
perintis ormas Islam Jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU). Beliau merintis ormas ini
tidak lain hanya untuk membentengi kaum Ahlussunnah Indonesia dari faham-faham
Ibn Taimiyah yang telah diusung oleh kaum Wahhabiyyah. Karangan beliau antara
lain ‘Aqidah Ahl as-Sunnah Wa al-Jama’ah.
105.
KH.
Sirajuddin ‘Abbas, salah seorang ulama terkemuka Indonesia. Karya beliau antara
lain I’tiqad Ahl as-Sunnah Wa al-Jama’ah dan Empat Puluh Masalah Agama (terdiri dari empat
jilid)
106.
KH.
‘Ali Ma’shum Yogyakarta (W 1410 H), salah seorang ulama terkemuka Indonesia,
dalam karya beliau, Hujjah Ahl as-Sunnah Wa al-Jama’ah.
107. KH. Ahmad ‘Abd al-Halim Kendal, salah seorang ulama besar
Indonesia. Karya beliau antara lain Aqa’id Ahl as-Sunnah Wa al-Jama’ah. Ditulis tahun 1311 H
108.
KH.
Bafadlal ibn as-Syaikh ‘Abd asy-Syakur as-Sinauri Tuban. Salah seorang ulama
terkemuka Indonesia yang cukup produktif menulis berbagai karya yang sangat
berharga, antara lain Risalah al-Kawakib al-Lamma’ah Fi Tahqiq
al-Musamma Bi Ahl as-Sunnah dan Syarah Risalah al-Kawakib al-Lamma’ah Fi Tahqiq
al-Musamma Bi Ahl as-Sunnah.
109.
KH. Muhammad Syafi’i Hadzami ibn Muhammad
Saleh Ra’idi, salah seorang ulama betawi, pernah menjabat ketua Majelis Ulama
Indonesia (MUI) Propinsi DKI Jakarta (1990-2000). Diantara karya beliau adalah Taudlih al-Adillah.
110. KH. Ahmad Makki ‘Abdullah Mahfuzh Sukabumi Jawa Barat.
Di Aceh sendiri menurut riwayat dan pengamatan penulis
sendiri yang pernah belajar di dayah Aceh selama sepuluh tahun, dapat dikatakan
hampir semua ulama dayah sangat anti kepada ajaran Salafi-Wahabi. Diantara
nama-nama ulama dayah tersebut antara lain :
111. Syaikh Abu Hasan Krueng Kalee
112. Syaikh Abuya Muda Wali al-Khalidy. Beliau seorang ulama besar Aceh
yang banyak sekali melahirkan ulama-ulama yang terkenal di Aceh dan luar Aceh.
Dalam kitab al-Fatawa, beliau menyerang faham Ibnu Taimiyah dan murid-muridnya
dengan sangat tajam seperti mengenai talqin, kewajiban bermazhab dan lain-lain
113. Abu Abdul Wahab Seulimum
114. Abu Ishaq Ulhee Titi
115. Abon Aziz Samalanga
116. Abu Tanoh Mirah (Bireun)
117. Abu Adnan Bakongan
118. Prof. Dr. Teungku Muhibbudin Waly
119. Ustaz Abu Bakar Sabil dari Melaboh Aceh Barat
120. Abu Teunom dari Aceh Jaya
121. Abu Keumala (Medan)
122. Syaikh al-Jailany Musa al-Khalidy Kotafajar Aceh Selatan
123. Tgk H. Usman Fauzi (Lhong Ie, Banda Aceh)
124. Tgk Mohd Basyah Haspy Teunom (pengarang buku Shalat Tarawih dan
Sejarahnya)
125. Abu Muhammad Zamzamy (Abu Ahmad Perti). Beliau yang merupakan
guru besar penulis sendiri adalah pendiri Dayah Darul Mu’arrif Lam-Ateuk Aceh
Besar. Dalam setiap pidato dan khutbahnya, beliau dengan sangat tajam menyerang
paham Salafi-Wahabi ini.
126. Tgk Syam Marfali. Beliau ini seorang ulama dan orator ulung dari
Blang Pidie Abdya, dimana dalam setiap kesempatan ceramahnya, beliau menyerang
habis-habisan paham Salafi-Wahabi.
127. Dan hampir semua ulama dayah di Aceh dan ulama-ulama yang
merupakan murid dari Abuya Syaikh Muda Wali, baik yang sudah almarhum maupun
yang sudah meninggal, dapat dipastikan anti terhadap ajaran Salafi-Wahabi.
(Tgk Alizar Usman)
Sayang sekali, hanya beberapa perkara khilaf lalu dikatakan menolak Ibnu Taimiyyah secara total...
BalasHapusSayang sekali penisbatan salafi-wahabi sendiri sudah keliru sedari awal...
Semoga lebih bijak lagi sejalan dengan umur Anda pak...
Lebih kredible dan ilmiah, jangan semata-mata mengikuti hawa nafsu belaka...
Ghafarallahu lii wa iyyaka