Sabtu, 25 Oktober 2014

Kembali untuk membaca takbir setelah membaca Fatihah dalam shalat ‘Aid.

kepseksmpislamalaziziyah@: imam shalat hari raya tidak takbir sebelum fatihah.dan teringat teringat sesudah membaca bismillah fatihah dan ia kembali membaca fatihah.apakakah sah shalatnya.kalau sah tlg referensinya kitab pa tgk
18 Oct 14, 07:20 PM

Jawab :
tidak disunnatkan kembali lagi, namun apabila kembali juga , maka tidak batal shalat, karena ini hanya pada rukun qauli, bukan rukun fi'li.
Dalam I’anah al-Thalibin disebutkan (Juz. I/262 Cet. Thaha Putra-Semarang) :
فإن شرع فيها قبل التكبيرات فإن كانت تلك القراءة التعوذ أو السور قبل الفاتحة لم تفت.وإن كانت الفاتحة فاتت لفوات محلها فلا يسن العود إليها، فإن عاد إليها قبل الركوع عامدا عالما لا تبطل صلاته، أو بعد الركوع بأن ارتفع ليأتي بها بطلت صلاته.

“Seandainya seseorang telah masuk dalam qiraah sebelum takbir, jika qiraah itu membaca ta’awuzz atau surat-surat sebelum membaca fatihah, maka tidak luput takbir itu, tetapi jika qiraah itu adalah fatihah, maka luputlah sunnah membaca takbir karena luput tempat takbir, maka tidak disunnatkan kembali membacanya. Dan jika kembali kepada membaca takbir sebelum ruku’ secara sengaja dan mengetahui, maka tidak batal shalatnya atau sesudah ruku’ dengan cara mengangkatkan kepalanya lagi untuk membaca takbir kembali, maka batallah shalatnya.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar