Selasa, 18 Oktober 2011

Syarat-Syarat Ahli Jum’at

PutrAtjeh bertanya :

assalamualaikum, wr.wb.., saleum keu guree..
1. syarat-syarat seseorang dikatakan ahli jum,at kiban meuphom tgk?
2. Didalam satu jamaah shalat jum'at kita misalkan jlh jamaah 40 orang tdk lebih dan tidak kurang, pertanyaan : apakah ke 40 org trsbt dikatakan ahli jum'at? bagaimana kita ketahui
3.Jika didalam 40 jama'ah, salah satunya bukan digolongkan kedalam ahli jum'at, apakah shalat jum'atnya sah? trimoeng geunaseh yg lambong that.

Jawaban :

Untuk pertanyaan pertama

Yang dimaksud dengan ahli Jum’at adalah orang-orang yang kehadirannya menjadi syarat sahnya Jum’at. Adapun orang tersebut sebagaimana dijelaskan dalam Minhaj al-Thalibin, karangan Imam al-Nawawi, antara lain :

1. Adanya ahli Jum’at empat puluh orang

2. Empat puluh orang itu mukallaf, merdeka dan laki-laki

3. Empat puluh orang tersebut bersifat mustauthin (menetap disuatu tempat tanpa ada cita-cita untuk berpindah, baik musim panas maupun musim dingin kecuali karena hajad).[1]

Orang-orang muqim (orang-orang menetap dalam suatu negeri, tetapi tidak termasuk dalam katagori mustauthin) meskipun tidak termasuk dalam ahli Jum’at tetap wajib hadir melaksanakan Jum’at, karena orang-orang muqim termasuk dalam umum mukallaf yang wajib melaksanakan Jum’at.

Ad.1. Dalilnya sudah kami uraikan dalam tulisan kami dalam blog ini dengan judul “Bilangan Ahli Jum’at” dengan label “Shalat”

Ad.2. karena ada hadits :

الجمعة حق واجب على كل مسلم في جماعة إلا أربعة عبد أو امرأة أو صبي أو مريض

Artinya : Jum’at wajib atas setiap muslim secara berjama’ah kecuali empat orang ; hamba sahaya, perempuan, anak-anak dan orang sakit. (H.R. Abu Daud dan al-Hakim)

Ibnu Hajar al-Asqalany mengatakan :

“Telah dishahihkan hadits ini oleh bukan hanya satu orang.”[2]


من كَانَ يُؤمن بِاللَّه وَالْيَوْم الآخر فَعَلَيهِ الْجُمُعَة إِلَّا امْرَأَة أَو مُسَافر أَو عبد أَو مَرِيض

Artinya : Barangsiapa yang beriman dengan Allah dan hari akhir, maka wajib Jum’at atasnya kecuali perempuan, musafir, hamba sahaya dan orang sakit (H.R. Darulquthni dan Baihaqi)

Berkata Ibnu Mulaqqan : “Isnad ini dha’if”[3]


Orang sakit masuk dalam ahli Jum’at dengan sebab kehadirannya, karena alasan tidak wajib Jum’at orang sakit adalah takhfif (untuk meringankan).[4]

Ad.3. Karena Nabi SAW tidak melaksanakan shalat Jum’at pada ketika melakukan haji wida’, sedangkan beliau saat itu meniatkan bermukim beberapa hari. Hal ini dikarenakan beliau tidak mustauthin.[5]

Untuk pertanyaan kedua :

Diketahui empat puluh orang yang pergi shalat Jum’at merupakan ahli Jum’at dengan syarat-syaratnya, tentunya dengan keyakinan atau dhan (dugaan) kita yang ianya dihasilkan dengan adanya informasi, tanda-tanda atau keadaan-keadan lain yang menunjukinya.

Untuk pertanyaan kedua :

Apabila ahli Jum’at kurang dari empat puluh orang, atau yang empat puluh orang tersebut, salah satunya tidak memenuhi kriteria ahli Jum’at, maka Jum’atnya tidak sah. Pada ketika itu wajib shalat dhuhur sebagai ganti shalat Jum’at.



[1] Al-Nawawi, Minhaj al-Thalibin, ducetak pada Hamisy Qalyubi wa Umairah, Darul Ihya al-Kutub al-Arabiyah, Indonesia, Juz. I, Hal. 274

[2] Ibnu Hajar al-Asqalany, Talkhis al-Habir fi Takhrij Ahadits al-Rafi’I al-Kabir, Maktabah Syamilah, Juz. II, Hal. 160

[3] Ibnu Mulaqqan, Badrul Munir, Maktabah Syamilah, Juz. IV, Hal. 641-642

[4] Jalaluddin al-Mahalli, Syarah al-Mahalli ‘ala Minhaj al-Thalibin, Darul Ihya al-Kutub al-Arabiyah, Indonesia, Juz. I, Hal. 274-275

[5] Jalaluddin al-Mahalli, Syarah al-Mahalli ‘ala Minhaj al-Thalibin, Darul Ihya al-Kutub al-Arabiyah, Indonesia, Juz. I, Hal. 274

9 komentar:

  1. Aslm tgk..
    Di daerah saya berkembang satu isu pendapat yg katanya berasal dari syafiyah bahwa : bilangan ahli jumat 40 org trsebut baru sah sebagai ahli jumat jika mereka yg 40 trsebut benar2 tahu dan mengerti akan rukun khutbah. Jika yg 40 itu slh satunya tdk tahu rkun khutbah maka jumat dlm msjid trsbut tdk sah..
    Bagaimana pandangan tgk terhadap kasus ini..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami belum pernah menemukan pendapat tersebut dalam kitab mu'tabar mazhab syafi'iyah, meskipun itu pernah di dengar-dengar di kalangan masyarakat.

      Hapus
    2. lagi pula membaca khutbah fardhu kifayah, sedangkan yg lain mendengarkannya, jadi hukum pandai membaca khutbah seperti hukum tajhiz mayat, tentu kewajiban belajar tajhiz mayat itu sudah bebas apabila ada salah seorang dari penduduk suatu desa mampu /pandai melakukan tajhiz mayat.

      wassalam

      Hapus
  2. yaya..han ek ta tes ureung yg mfom .. trimksi atas pnjlasan tgk.. sy dulu jg brpikir yg ahli jum at itu. yg mngrti rkn khtbah

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum..
    ada yang mengatakan apabila dalam 40 orang ahli jum'at apabila ada seorang atau lebih yang UMMIYI/bodoh,malas belajar maka shalat jum'at tersebut tidak sah.katanya ada dalam kitab FATHUL MU'IN bab shalat jum'at.
    Bagaimanakah tanggapan Tgk,mohon penjelasan karna saya hanya dengar2

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah nambah wawasan, sukron

    BalasHapus
  5. Apakah org muqim wajih i'adah dhuhur?
    Skian ustd ya

    BalasHapus
  6. Mohon penjelasan sedikit abi, ahli jumat 40 org, tpi ada beberapa di antara mereka yg tuli, apakah bisa sah jumat ketika mereka memasang alat pendengar? Trmksh atas jawabannya abi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg menjadi kewajiban dalam khutbah adalah khatib berkhutbah dgn suara dapat memperdengar khutbah kepada jamaah, meskipun jamaah kebetulan tidak mendengar, karena tertidur (misalnya). khutbahnya tetap sah.

      Hapus