Jumat, 18 Januari 2013

Abuya Tgk H. Zamzami Syam


Innalillahi wainnailaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah seorang ulama besar Aceh, pemimpin pondok pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf As Singkili, Abuya Tgk H. Zamzami Syam di kediamannya di komplek pesantren sekitar pukul 15.20 wib hari ini, Jumat, 18 Januari 2013.
Almarhum yang dilahirkan di Desa Tring Meuduro Kecamatan Sawang, Aceh Selatan, pada tahun 1921 meninggal dunia dalam usia 91 tahun. Almarhum merupakan tokoh ulama kharismatik di Kabupaten Singkil. Ketika Kabupaten Singkil belum terpisah dari Aceh Selatan pernah menjabat sebagai anggota DPRK Aceh Selatan selama tiga periode pada tahun 1977-1992 dari Partai Golkar.
Sebelum menjadi anggota DPRK, beliau mendirikan dayah/pesantren di Aceh Singkil, tepatnya di Desa Kilangan pada tahun 1972. Sebelumnya juga pernah mengelola sebuah dayah/pesantren di kecamatan Meukek Aceh Selatan. Beliau juga seorang tokoh pendiri tarikat Naqsabandiyah sekaligus tokoh pendiri terbentuknya Kabupaten Aceh Singkil dan salah seorang ulama Aceh yang sangat gigih mempertahankan I’qtikad Ahlussunnah Waljamaah dan bermazhab Syafi'i dalam fiqh
Almarhum meninggalkan seorang istri yaitu Hj. Juraidah dan empat putra-putri yaitu Fauzi Yati, Aini Yati, M Walisyam dan Eni Yusridar.

Guru-Guru beliau
Pernah berguru kepada ulama besar Abuya Syekh Zakaria Labaysati di Padang Malalo dan pada ulama besar Aceh, Abuya Syekh Mudawali pendiri Pesantren Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan. 
(Sumber : Atjeh Post, Analisa dan berbagai sumber lainnya)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar