Senin, 13 Mei 2013

Pengertian teks al-Bajuri Juz. I, hal. 202 dan Izhahul Mubham, hal. 3


Pertanyaan dari tofiq12 Mei 2013 18.32
salam tgk...
tgk kiban surah kitab bajuri hal 202 juz 1:
الاول دوام السفر يقينا في جميع صلا ته فلوانتهي سفره فيها كان بلغت سفينته دار اقامته

kiban maksud surah DAARA IQAAMATIHI...? 
dan kiban surah kitab izhahul mubham (mantiq) hal 3:
*
والجواب عن الاول ان النتائج في البيت الاول اعم من ان تكون بعيدة مستورة بسبب دقتها

kiban surah ba'idatan masturatan tsb...???
trims tgk....
Jawab :
1.        Lengkap teks al-Bajuri Juz I, Hal. 202 di atas adalah sebagai berikut :
الاول دوام السفر يقينا في جميع صلا ته فلوانتهي سفره فيها كان بلغت سفينته دار اقامته  او شك في انتهائه اتم لزوال سبب الرخصة في الاولى وللشك فيه في الثانية
Artinya : Syarat pertama boleh qashar shalat adalah berkekalan musafir secara yakin dalam semua perbuatan shalatnya. Karena itu, seandainya musafirnya itu habis dalam shalat, seperti seseorang yang sampai kapal tumpangannya ke negeri tempat bermukimnya (sementara dia masih dalam shalat) atau dia ragu-ragu tentang habis musafirnya, maka hendaknya dia menyempurnakan shalatnya (melakukannya dengan empat raka’at), hal itu karena hilang sebab rukhsah pada kasus pertama dan karena ragu-ragu pada kasus kedua.

Maksud teks di atas adalah salah satu syarat dibolehkan qashar shalat adalah semua perbuatan shalat seseorang itu mulai takbir sampai salam harus dilakukannya dimana orang yang melakukan semua perbuatan shalat tersebut dalam keadaan musafir. Berdasarkan ini, maka seseorang yang melakukan shalat dengan niat qashar dalam kapal laut yang sedang melaju, sebelum selesai shalat, kapalnya sudah sampai ke darul iqamah (tempat kampung halaman atau tujuan lain tetapi dengan niat menetap sekurang-kurangnya 4 hari), maka waktu itu shalat yang belum selesai tadi harus disempurnakan menjadi empat raka’at, tanpa qashar.
Daara iqamatihi, maksudnya negeri/tempat bermukim seseorang yang melakukan shalat qashar. Negeri/tempat bermukim itu baik kampong halaman tempat bertanah air atau tujuan lain dengan niat menetap sekurang-kurangnya empat hari.

2.        Lengkapnya teks Izhahul Mubham hal 3 di atas adalah :
وفي هذا البيت سؤالان:
الأوّل: أن البيت الأول يغني عنه, الثاني فكان الأولى بعد أن وقع منه ذكره أن يذكر الأوّل بجنبه أو يذكره بجنب الأوّل لكون كلّ منهما مسبباً عن إزالة الحجب
والجواب عن الأوّل: أن النتائج في البيت الأوّل أعمّ من أن تكون بعيدة مستورة بسبب دقتها أولا. وما في البيت الثالث خاص بالمستورة البعيدة فلم يغن البيت الأوّل عنه.
وعن الثاني: بأنه قدّم البيت الأوّل حرصاً على براعة الاستهلال، فلم يتأت جعله بجنب البيت الثالث، واضطر إلى تأخير الثالث لكونه غاية لما قبله، فلم يتأت جعله بجنب الأوّل.
Artinya : Pada bait ini ada dua pertanyaan, yakni pertama ; sesungguhnya bait pertama tidak memerlukan lagi bait ini (bait ketiga), Pertanyaan kedua ; karena itu sesudah telah terjadi penyebutannya sebaiknya disebut bait pertama sesudah bait ini (bait ketiga) atau disebut bait ini (bait ketiga) sesudah bait pertama, karena keadaan setiap keduanya merupakan akibat dari hilang hijab.(hilang hijab disebut pada bait kedua)
Jawaban dari pertanyaan pertama ; sesungguhnya makna “nataij” (kesimpulan) pada bait pertama lebih umum, yakni mencakup natijah yang jauh pemahamannya dan tersembunyi dengan sebab mendalam natijahnya atau tidak jauh dan tidak tersembunyi, sedangkan hal yang ada dalam bait ketiga khusus dengan yang tersembunyi dan jauh pemahamannya.  Karena itu, bait pertama tetap membutuhkan bait ketiga.
Jawaban dari pertanyaan kedua ; didahulukan bait pertama, karena menjaga bara’ah istihlal. Karena itu, tidak dijadikan bait pertama sesudah bait ketiga dan diharuskan menterakhirkan bait ketiga (dari bait pertama dan kedua) , karena bait ketiga merupakan ujung (faedah) bagi bait sebelumnya, karena itu, tidak dijadikan bait ketiga sesudah bait pertama.

Pengertian dari
والجواب عن الاول ان النتائج في البيت الاول اعم من ان تكون بعيدة مستورة بسبب دقتها
makna nataij (natijah-natijah) pada bait pertama, yaitu bait alhamdulillahillazi qad akhraja nataij…dst mencakup mencakup natijah yang jauh pemahamannya dan tersembunyi dengan sebab mendalam natijahnya dan juga mencakup natijah-natijah yang tidak jauh dan tidak tersembunyi, sedangkan natijah pada bait ketiga (natijah pada bait ketiga dipahami dari perkataan syumusul ma’rifah yang bermakna ma’rifah seperti matahari), yakni bait hatta badaat lahum….dst khusus natijah yang jauh pemahamannya dan tersembunyi. Sehingga dapat dikatakan bait pertama tetap membutuhkan bait ketiga. Hal ini sama dengan athaf  lafazh khas atas lafazh ‘am, tidak dapat dikatakan dengan sebab sudah ada ‘am, maka tidak perlu lagi yang khas.
Pengertian ba'idatan masturatan adalah natijah-natijah yang sukar dipahami dan tersembunyi.

wassalam




10 komentar:

  1. syukran jazilan tgk... jazaakallah khairan kasiran...
    smg blog tgk terus aktif dan menampilkan ilmu2 yg bermanfaat buat kami yg masih awam ini..........,........,.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an juga Allah melimpah ilmu dan karunianya bagi kita semua, aminnn..

      Hapus
  2. salamualaikum tgk....
    tgk, sy ingin bertanya..
    1.apa anak kecil mendapat pahala apabila melakukan salat dengan benar?
    2.apakah orang gila apabila melakukan salat dgn benar akan memperoleh pahala juga??
    3.apa sah salat kita tgk, bila kita mengikuti imam yg belum khitan? dan imam yg belum baligh juga?
    4.apakah ada manfaat atau pahala bagi orang non muslim, bila mereka membantu orang islam? ataumemberi bantuan untuk sekolah atau pesantren?
    trimakasih tgk....
    maaf terlalu banyak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya ada pada :
      http://kitab-kuneng.blogspot.com/2013/05/ibadah-anak-anak-belum-baligh-gila-dan.html

      Hapus
  3. Ass.wr. tgk..
    Apa yg di mksud dgn agama samawi dan ardhi? Dan apa perbedaan keduanya?

    Apa sama tgk, agama nasrani dan kristen?
    Apa agama umat nabi isa itu islam atau nasrani?
    Trims bnyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. agama samawi adalah agama yang yakini turun dari langit, artinya agama didatangkan Allah kepada seorang rasul dengan perantaraan JIbril (malaikat), seperti Islam, nasrani dan Yahudi. sedangkan agama ardhi adalah agama yang merupakan hasil renungan manusia tanpa perantara seorang malaikat yang diperintah Allah untuk menurunkan wahyu kepadanya, seperti Budha.

      2. Nashrani adalah nama lain bagi agama yang dibawa oleh Nabi Isa. sedangkan Kristen nama lain yang dilebelkan oleh kaum nashrani sesudah agama ini banyak perubahan2. Kristen (asalnya kristus)itu bermakna kepercayaan kepada Isa sebagai jelmaan Tuhan di dunia
      ini.

      3. Pada hakikatnya agama nabi Isa adalah Islam, karena akidahnya sama dengan agama kita, Islam, cuma yang berbeda syari'atnya saja. Nashrani juga nama bagi agama yang dibawa nabi Isa a.s.

      wassalam

      Hapus
  4. Assalamualaikum tgk... pat beda مستمرة بعيدة & البعيدة مستمرة...، dan pu faedah ال disinan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu tgk sebutkan itu teks apa dan di dalam kitab apa.

      Hapus
  5. Ustadz, mohon penjelasannya dari kitab Fathul Qorib ini :

    واحترز بقوله: «خالطه» عن الطاهر المجاورُ له؛ فإنه باق على طهوريته ولو كان التغير كثيرا؛ وكذا المتغير بمخالط لا يستغني الماء عنه، كطين وطُحْلَب وما في مقرِّه وممره، والمتغير بطول المكث، فإنه طهور.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh kami jawab pada : http://kitab-kuneng.blogspot.com/2015/08/syarah-air-berubah-dalam-fathul-fathul.html

      wassalam

      Hapus