Kamis, 11 September 2014

jama', isim jama' dan isim al-jins al-jam’i



Assalamualaikum Guree yg mulia.
Saya ingin bertanya penjelasan/shurah takrif jamak, isim jamak dan isim jenis jam'i yg tersebut dlm kitab kawakib (bagia dlm) halaman 16 (baris akhir) dan hal 17 (baris awal) ?
Jawab :
1.      Jamak adalah kata yang menunjukan (dalalah) kepada sekumpulan (banyak) uhad (afrad) dimana penunjukannya sebagaimana cara ‘athaf  mufrad-mufradnya tersebut.  Misalnya :
جاء رجا ل                                
“Rijaalun” adalah jamak dari “rajulun”. Jadi kata “ rajulun” adalah mufradnya. Maka maknanya sama dengan dikatakan :
جاء رجل و رجل و رجل و رجل و رجل و رجل و رجل...... الخ
2.      Isim jama’ adalah juga menunjukan kepada sekumpulan (banyak) uhad (afrad), tetapi tanpa i’tibar ‘athaf mufrad-mufradnya. Misalnya : Qaumun, kata ini juga menunjukan kepada banyak, namun tidak sebagaimana contoh jama’ di atas dengan cara athaf mufrad-mufradnya namun hanya dengan i’tibar bilanganya (kammiyah), artinya kata-kata yang menjadi isim jama’ ini secara langsung menunjukan kepada banyak. Maka pada contoh qaumun tidak dikatakan maknanya adalah :
جاء قوم وقوم وقوم قوم وقوم قوم وقوم .....الخ

Isim jama’ ini ada dua model ; ada yang mempunyai mufrad seperti :
صحب
jamak dari shaahibun. Dan ada juga yang tidak mempunyai mufrad seperti qaumun.
3.      Isim al-jinsi al-jam’i, yaitu juga menunjukan kepada banyak uhad juga, namun dengan i’tibar ithlaqnya atas zat semata (mafhum maknanya saja/tanpa memandang kepada afrad-afradnya. Karena itu, ia dinamakan dengan isim jenis), tidak i’tibar bilangannya sebagaimana isim jama’ dan juga tidak i’tibar ‘athaf sebagaimana jama’. Misalnya :
نخل
isim al-jins al-jam’i dari :
نخلة




3 komentar:

  1. Apa perbedaan isem jins jam'i dan isem jins afradi serta contohnya, Gure ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh isim al-jins al-afradi adalah نخلة mufrad dari نخل
      karena isim jenis ini karena i'tibar mafhum maknanya saja/tanpa memandang kepada afrad-afradnya, maka dari sisi afrad-nya antara isim jenis al-jam'i dan al-afradi sama saja , alias tidak beda.
      menurut hemat kami, perbedaan terletak pada dua hal, pertama : dari sisi bentuknya, tetapi bentuknya ini adalah sima'i (berdasarkan yg didengar dari lisan orang Arab), bukan qiyasi. kedua : kalau jam'i kalau ada takhsis (pengkhususan dengan misalnya melalui stitsna, sifat dll) yang boleh tersisa minimal 2 afrad, karena sekurang2 jama' adalah dua. sedangkan afradi boleh tersisa meski cuma satu afrad.

      wassalam

      Hapus
  2. Assalamualaikum gure.
    Bagaimana penjelasan yg lebih rinci ttg isim jinsi jama'i dn ifradi ini.
    Terimakasih gure

    BalasHapus