Rabu, 22 Juni 2011

Syeikh Mohd. Sa’ad Mungka

Syeikh Mohd. Sa’ad lahir di Mungka, Payakumbuh Sumatera Barat pada tahun 1277 H. bertepatan dengan 1857 H. Pada waktu muda, beliau belajar ilmu-ilmu agana kepada Syeikh Abu Bakar Tabing Pulai Payakunbuh dan kepada Syeikh Mhd. Saleh Mungka, Tanah Datar Batusangkar. Pada tahun 1894M. beliau naik haji ke Mekkah dan bermukim di situ menuntut ilmu sampai th 1900 M. Sesudah mempelajari segala macam ilmu agama, beliau pulang ke kampungnya. Pada tahun l912 beliau datang lagi ke Mekkah dan mukim di situ sampai tahun l915 M. Pada tahun 1915 M. kembali ke Indonesia, membuka pasantren (di Surau Baru Mungka Payakumbuh sanrpai wafat, tahun 1924 M. (1339 H).

Beliau seorang UIama Syafi’iyah vang terkenal, bisa membaca kita-bkitab Syafi’i yang besar-besar dengan lancar, seumpama kitab Tuhfah dan Nihayah dan juga bisa mengajarkan tafsir-tafsir Al-Quran.

Pada satu ketika timbul perselisihan faham dengan Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau yang ketika itu menjadi Mufti di Mekkah dalam hal amalan Thariqat Naqsyabandi, sehingga timbul polemik di mana masing-masing membuat buku untuk nrenolak lawannya. Untuk menolak Syeikh Mhd. Sa’ad, Syeikh Ahmad Khatib mengarang satu buku yang bernama “Izhar Ziglil Kalzibin fi tasyabbuhim bis Shiddiqiin” dan Syeikh Mhd. Sa’ad mengarang buku untuk menolak itu dengan nama “Irgamil unufil muta’an nitiin”, dimana kedua ulama besar yalg setaraf ini “berdebat secara sengit” untuk menegakkan kebenaran faham masing-masing.

Beliau berselisih faham tentang amal Thariqat Naqsyabandi, tetapi dalam menganut faham Madzhab Syafi’i dalam syari’at dan ibadat kedua beliau ini bersatu dan menjadi bintang-bintangnya. Syeikh Mhd. Sa’ad juga ahli falak, pandai menghitung perjalanan bulan dan matahari, tetapi dalam masuk puasa bulan Ramadhan beliau tetap me.makai ru’yah.

Pada tahun 1918 M terjadi musyawarah Ulama Syafi’iyah di Mesjid Ladang Lawas, Bukittinggi, dengan pimpinan Syeikh Abbas Qadhi, di mana Syeikh Mhd. Sa’ad juga ikut hadir. Dalam perrnusyawaratan itu ternyata bahwa Syeikh Mhd Sa'ad adalah seorang Ulama Syafi’iyah yang pintar, melebihi dari ularna-ulama Minangkabau ketika itu.

Beliau adalah guru dari guru-guru Syeikhul Masyaikh. Diantara murid beliau yang kelihatan oleh penulis buku ini (KH. Siradjudin Abbas, pen.) terdapat Maulana-maulana: Syeikh sulaiman ar Rasuli, Syeikh Abbas Ladang Lawas, Syeikh Abd. Wahid Tabek Gadang, Syeikh Rasyid Thaher Rambatan Payakumbuh, Syeikh Mohd. Jamil jaho, Syeikh Makhudum Solok, Syeikh Sulaiman Gani Magek, Syeikh Abdul Majid Payakumbuh, dan lain-lain. Kabarnya Syeikh Abdullah Halaban, seorang Ulama tua yang sebaya dengan beliau juga mengakui kealiman Syeikh Mhd. Sa’ad Mungka ini.

Salah seorang anak beliau, Syeikh Mhd. Jamil Sa’adi Mungka adalah pengganti beliau sesudah beliau berpulang ke rahmatullah. Syeikh Mhd. Sa’ad adalah tiang tengah Madzhab Syafii’i pada zamannya.

(sumber : http://www.kisah.web.id/ dengan merujuk kepada "Sejarah dan Keagungan Madhzab Syafi’i", karangan KH. Siradjuddin Abbas, Pustaka Tarbiyah, cetakan 1994.)

4 komentar:

  1. Ikhwan salah menulis nama guru Syekh Sa'ad Mungka di atas. Guru beliau ialah Syekh Abu Bakar Tobiang Pulai, Syekh Muhammad Shaleh Padang Kandis dan Syekh Muhammad Jamil Tungkar Tanah Datar. Begitu juga tahun wafat Syekh Mungka, di makamnya tertulis 1922, bukan 1924 sebagai yang tersebut. Berikut mengenai perdebatan Syekh Mungka dan Syekh Ahmad Khatib, dimana Syekh Ahmad Khatib hanya mengkritik Rabitah saja, tidak beliau menolak Tarekat Naqsyabandiyah secara keseluruhan.

    al-Faqir Engku Mudo Khalis Payakumbuh, Sumatera Barat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kritikannya dan pembetulannya. Posting kami si atas hanya merupakan copi paste dari http://www.kisah.web.id/ dengan merujuk kepada "Sejarah dan Keagungan Madhzab Syafi’i", karangan KH. Siradjuddin Abbas, Pustaka Tarbiyah, cetakan 1994.)

      wassalam

      Hapus
    2. al-Faqir Engku Mudo Khalis Payakumbuh, Sumatera Barat

      Adakah buku mengenai beliau yang dapat dijadikan rujukan, selain bukunya Sirajuddin Abbas???

      Mohon infonya, dan bagaimana saya bisa memperolehnya,
      Syukran

      Hapus