Jumat, 30 Desember 2011

Ghayatul Wushul (terjemahan & penjelasannya), Pengertian al-Ada' , Hal. 16-17

( وَالأَصَحُّ أَنَّ الأَدَاءَ فِعْلُ الْعِبَادَةِ ) صوما أوصلاة أوغيرهما ( أَوْ ) فعل ( رَكْعَةٍ ) من الصلاة ( فِيْ وَقْتِهَا ) مع فعل البقية بعده واجبة كانت أومندوبة وتعبيرى بالركعة هنا وبدونها فى القضاء أولى من تعبيره بالبعض لما لا يخفى ولخبر الصحيحين " من أدرك ركعة من الصلاة فقد أدرك الصلاة " أى مؤداة وقيل الأداء فعل العبادة فى وقتها ففعل بعضها فيه ولوركعة وبعضها بعده لايكون أداء حقيقة كما لايكون قضاء كذلك بل يسمى بأحدهما مجازا بتبعية ما فى الوقت لما بعده أو بالعكس وهذا ما عليه الأصوليون واعتبار الركعة فى الأداء ودونها فى القضاء كما سيأتى ذكره الفقهاء وانما ذكرته هنا تبعا للأصل والخبر المذكور قد لايدل على ما ذكروه لاحتمال انه فيمن زال عذره كجنون وقد بقى من الوقت ما يسع ركعة فيجب عليه الصلاة ( وَهُوَ ) أى وقت العبادة المؤداة ( زَمَنٌ مُقَدَّرٌ لَهَا شَرْعًا ) موسعا كان كزمن الصلوات المكتوبة وسننها أومضيقا كزمن صوم رمضان أو الأيام البيض فمالم يقدر له زمن شرعا كنذر ونفل مطلقين وغيرهما وان كان فوريا كالإيمان لايسمى فعله أداء ولاقضاء اصطلاحا وان كان الزمن ضروريا لفعله ومن ذلك ما وقته العمر كالحج وتسمية بعضهم لوقته موسعا مجاز اذ الموسع ما يعلم المكلف آخره وآخر العمر لايعلمه فلا يسمى فعله أداء ولاقضاء اصطلاحا بل يسماهما مجازا أو لغة كأداء الدين وقضائه نبه على ذلك العلامة البرماوى

(Menurut pendapat yang lebih shahih, sesungguhnya al-ada’ adalah melakukan ibadah) baik puasa, shalat atau lainnya (atau) melakukan (satu raka’at) shalat (dalam waktunya) serta melakukan sisanya sesudah waktunya, baik itu yang wajib atau sunnat. ‘Ibaratku dengan perkataan “raka’at” di sini dan bukan dengan “raka’at” pada masalah qadha lebih baik dari ‘ibarat Ashal dengan perkataan “al-ba’dh”, karena alasan yang tidak tersembunyi dan karena ada hadits Shahihaini : “Barangsiapa yang mendapati satu raka’at dari shalat, maka sungguh sudah mendapati shalat.”(1), yaitu yang melakukannya secara al-ada’.

Ada pendapat, al-ada’ adalah melakukan ibadah dalam waktunya. Maka melakukan sebagiannya dalam waktu, meskipun hanya satu raka’at dan sebagian lainnya sesudah keluar waktu bukanlah al-ada’ pada hakikat, sebagaimana bukanlah qadha seperti itu juga, tetapi dinamakan salah satunya sebagai majaz, dengan jalan mengikutkan apa yang di dalam waktu kepada sesudah waktu atau sebaliknya.(2) Ini pendapat Ushuliyuun. Sedangkan i’tibar raka’at pada al-ada’ dan dibawah satu rakaat pada qadha sebagaimana yang akan datang merupakan pendapat yang disebut oleh fuqaha. Sesungguhnya hanya aku menyebutnya di sini adalah mengikuti Asal. Sedangkan khabar yang telah disebutkan kadang-kadang tidak menunjuki atas yang mereka sebutkan, karena boleh jadi itu pada orang-orang yang hilang ‘uzurnya seperti gila, padahal masih tersisa waktu yang memuatkan satu raka’at, maka wajib shalat atasnya.

(Dan ia) yakni waktu ibadah tunai (adalah waktu yang telah ditentukan baginya pada syara’), baik itu waktu yang lapang seperti waktu shalat wajib dan sunnat-sunnatnya maupun waktu yang sempit, seperti waktu puasa Ramadhan atau puasa hari putih.(3) Karena itu, ibadah yang tidak ditentukan waktunya pada syara’ seperti nazar, sunnat yang mutlaq kedua-duanya dan lainnya, meskipun ia secara segera dilakukan seperti iman tidaklah dinamakan dengan al-ada’ dan juga tidak dinamakan dengan qadha pada istilah, meskipun waktu itu merupakan dharuri(4) bagi perbuatannya. Termasuk dari itu adalah ibadah yang waktunya adalah umur seperti haji. Sedangkan penamaan sebagian ulama untuk waktunya sebagai waktu lapang adalah majaz, karena waktu yang lapang adalah waktu yang diketahui oleh mukallaf akan akhirnya, sedangkan akhir umur tidak diketahuinya, karena itu tidak dinamakan perbuatannya sebagai al-ada’ dan sebagai qadha, tetapi dinamakan keduanya secara majaz atau lughat seperti al-ada’ atau menunaikan hutang dan qadhanya atau membayarnya. Telah diberitahukan oleh ‘Alamah al-Barmawi hal demikian.


Penjelasan

(1). Hadits riwayat Abu Hurairah dalam Shahih al-Bukhari, Maktabah Syamilah, Juz. I, Hal. 151, No. Hadits : 580 dan dalam Shahih Muslim, Maktabah Syamilah, Juz. II, Hal. 102, No. Hadits : 1401

(2). Dinamakan sebagai qadha secara majaz dengan jalan mengikutkan yang di dalam waktu kepada yang dikerjakan sesudah waktu dan sebaliknya, dinamakan al-ada’ secara majaz dengan jalan mengikutkan yang diluar waktu kepada yang dikerjakan di dalam waktu.

(3). Puasa sunnat pada hari ketiga belas, empat belas dan lima belas bulan qamariah[1]

(4). Sesuatu yang tidak boleh tidak adanya



1 Zainuddin al-Malibary, Fath al-Mu’in, dicetak pada hamisy I’anah al-Thalibin, Thaha Putra, Semarang , Juz. II, Hal. 269

Biografi Syeikh Ismail Zain al-Yamani

Nama lengkap kelahirannya

Nama lengkap beliau adalah Alim al-Allamah al-Faqih Syeikh Ismail bin Ismail bin Usman bin Ali bin Salimbin Abdurrahman bin Abi Ghaits bin Ibrahim bin Ismail bin Muhammad az-Zain.

Beliau di lahirkan pada bulan Rabi`ul Awal tahun 1352 hijriyyah di kota Dhahi, kota ini terletak di wilayah Wadi Sardud, kota yang banyak mengeluarkan ulama dan orang yang shaleh-shaleh.

Sifat, tabi`at, dan bentuk tubuhnya

Syeikh Ismail memiliki tubuh yang sedang-sedang saja, tidak kurus dan juga tidak gemuk, pembawaannya selalu santai dan tenang, tidak berbicara kecuali sekedar keperluan, beliau sangat di cintai oleh penduduk kampungnya, bersifat zuhud, wara`, tawadhuk, tidak suka membuangkan masa kepada perkara-perkara yang tidak perlu, menghornati ulama dan orang tua, rajin bekerja dan taat beribadah.


Belajar Ilmu agama

Dari kecilnya telah belajar ilmu agama atas didikkan ayahandanya, banyak sekali kitab-kitab yang telah beliau habiskan, diantara kitab-kitab yang beliau baca dan pelajari adalah ; Safinatu an-Naja, al-Muqaddimah al-Hadhramiyyah, Matan al-Ajurumiyyah, dan beliau banyak menghapal matan-matan kitab.

Selain belajar ilmu agama dari ayahnya, beliau juga telah belajar dari banyak ulama-ulama yang berada di kotanya, kerajinan dan kegigihan beliau terhadap illu agama sangat tinggi sekali, setiap disiflin ilmu agama beliau pelajari dengan sungguh-sungguh, dari mulai Fiqih, Tafsir, Hadis, Nahu, Taswuf, Fara`idh, Sorof, TauhidUsul Fiqih, Mantiq, Balaghah `Arudh dan lain-lainnya.

Pada tahun 1375 hijriyah beliau mulai mengajar di kotanya dan di kota az-Zaidiyyah, para guru-gurunya sangat senang sekali, sebab mereka melihat beliau memiliki pemahaman yang lurus, kecerdasan yang tinggi, banyak diantara teman-temannya juga ikut mendengarkan pengajian beliau, para pelajar memadati halaqah pengajiannya.

Berhijrah ke Makkah Mukarramah

Pada tahun 1380 hijriyah beliau berhijrah ke Makkah al-Mukarramah dan berniat untuk menetap di Makkah, dari tahun inilah beliau sibuk untuk mengajar, mengarang kitab, mentela`ah kitab, mulailah ulama-ulama Makkah mengenali keilmuan beliau, disamping itu beliau juga belajar dengan ulama besar yang masih hidup di kota suci tersebut, dari pengajianSyeikh Hasan Masyath, Syeikh Muhammad al-Arabi at-Tabbani, Syeikh Muhammad Yahya Aman, Syeikh Hasan Sa`id Yamani, Syeikh Alawi al-Maliki dan lain-lainnya.

Pada tahun 1382 hijriyyah beliau mulai mengajar di Madrasah as-Solatiyyah al-Hindiyyah yang terkerkenal dengan keberkataannya, beliau diangakat menjadi guru tingkat Tsanawiyah dan Aliyyah dalam jangka 23 tahun.

Disamping beliau mengajar di Madrasah Solatiyyah,beliau juga mengajar di Masjid al-Haram dan di rumah pribadinya, para penuntut ilmu banyak mendatangi pengajian beliau, terlebih-lebih pelajar dari Indonesia, Malaysia dan Fathoni (Thailand ), nama beliau menjadi masyhur di kalangan ulama terlebih-lebih di kalangan ulama Syafi`iyyah di Makkah dan sekitaranya, sehingga beliau menjadi sumber fatwa permasalahan-permasalahan yang baru, waktu beliau di habiskan untuk mengajar dan memberikan fatwa, terkadang-kadang datang dari negara Indonesia permohonan fatwa dari permasahan yang baru.

Para guru-guru beliau :

Diantara guru-guru beliau adalah :

1 - Ayahandanya Ismail bin Usman Zain al-Yamani.
2 - Sayyid Umar `Awadh al-Ahdal.
3 - Sayyid Abdul Qadir Qadiri al-Hasani.
4 - Sayyid Husein bin Muhammad az-Zawak.
5 - Sayyid Muhammad bin Muhammad ibni Abdurrahman al-Qadimi.
6 - Sayyid Muhammad bin Yahya Dum al-Ahdal.
7 - Syeikh Islam Sayyid Abdurrahman bin Muhammad al-Ahdal.
8 - Sayyid Muhammad bin Hasan bin Abdul Bar al-Ahdal.
9 - Syeikh Alawi bin Abbas al-Maliki al-Makki.
10 - Syeikh Muhammad al-Arabi at-Tabbani.
11 - Syeikh Hasan Masyath.
12 - Syeikh Muhamad Yahya Aman.
13 - Syeikh Hasan Sa`id Yamani.
14 - Sayyid Muhammad Amin Kutubi.
15 - Syeikh Muhammad Yasin al-Fadani.
16 - Syeikh Amin at-Torablusi.
17 - Syeikh Hasanain Makhluf.
18 - SYeikh Ahmad Hamadah.
19 - Syeikh Ibrahim Abu an-Nur Syafi`i.
20 - Syeikh Muhammad Ilyas.
21 - SYeikh Muhammad Zakaria al-Kandahlawi.
22 - Syeikh Muhammad Yusuf Banuri.
23 - Syeikh Abdullah Sirajuddin.
24 - Syeikh Bakri Rajab.
25 - Syekh Abdullah Shiddiq al-Ghumari.
26 - Syeikh Abdul Aziz Shiddiq al-Ghumari.
27 - Syeikh Abdul Wasi` al-Wasi`i.
28 - Syeikh Muhammad Makki bin Muhammad bin Ja`fari al-Kattani.
29 - Syeikh Muhammad bin Salim bin Hafizh al-Yamani.
30 - Syeikh Abdullah bin Abdul Karim al-Jarafi
Dan lain-lain.

Diantara Murid-murid beliau adalah :

1 - Syeikh Muhammad bin Ismail al-Yamani al-Makki.( * )
2 - Syeikh Ahmad Jamhuri al-Banjari.( * )
3 - Syeikh Zainal Abidin Jefri al-Banjari.( * )
4 - Syeikh Mahmud Said Mamduh al-Qahiri.( * )
5 - Syeikh Ibrahim Zannun al-Mandili.( * )
6 - Syeikh Abdul Malik Raihan bin Abdul Qadir al-Mandili.( * )
7 - Syeikh Muhammad Husni Tamrin Jefri al-Banjari.( * )
9 - Syeikh Ali Jum`ah ( Mufti Mesir ).( * )
10 - Syeikh Husein Siraj al-Fathani. ( * )
11 - Syeikh Khalid bin Abdul karim Turkistani.( * )
12 - Syeikh Asyrof Ismail at-Tijani.( * )
13 - Syeikh Muhammad Nuruddin al-Banjari.( * )
14 - Syeikh Ibrahim bin Abdullah al-Ahsa`i.( * )
15 - Syeikh Hamid bin Akram al-Bukhari. ( * )
16 - Syeikh Abdullah bin Naji al-Makhlafi.
17 - Syrikh Ahmad bin `Asyur al-Makki.( * )
18 - Syeikh Yusuf bin Abdurrahman al-Mar`asyli. ( * ).
19 - Syeikh Soleh Ahmad bin Muhammad Idris al-Arkani.
20 - Syeikh Abdul Fatah Husein Rowah ( Rawa-red ).
Diantara hasil karangan beliau adalah :

1 - Arba`una Hadisan Fi al-Mawa`izh Wa al-Ahkam.
2 - Irasyadu al-Mu`min Fi Fadha`ili Zikri Rabbi al-`Alamin.
3 - Is`afu at-Thullab Bi Syarhi Nizomi Qawa`idi al-I`rab.
4 - al-Jawabul al-Wadhih as-Syahir Fi al-Ghazawat.
5 - Daiwan al-Khithabi al-Minbariyyah.
6 - Risalah Ziyarah Fi Jabal Uhud.
7 - Risalah Fi Maudhu`i al-Halq Wa at-Taqshir Fi an-Nusuk.
8 - Risalah Haula Istikhdami Mukabbirati as-Shaoti Fi al-Masajid.
9 - Risalah Tata`allaqu Bi as-Shalati Fi at-Tha`irah.
10 - Dhu`u as-Syam`ah Fi Khususiyati al-Jum`ah.
11 - Shilatu al-Khalaf Bi Asanid as-Salaf.
Dan lain-lain.

Setelah menghabiskan masa dan umurnya untuk menebarkan ilmu tanpa jemu dan lelah akhirnya beliau meninggal dunia pada hari rabu 21 Zul Hijjah 1414 hijriyyah, di sembahyangkan setelah shalat subuh di Masjid Haram pada hari kamis kemudian di kuburkan di perkuburan Ma`la berhampiran dengan kuburan Sayyidah Asma` binti Abu Bakkar r.a.

Rujukkan :

1 - Kasyfu al-Ghain An Nabadzati Hayati Ismail az-Zain : halaman :17 ,Syeikh Ismail Zain, Dar al-Qudus.

2 - Mu`jam al-Ma`ajim Wa al-Masya`ikh Wa al-Faharis Wa al-Baramij Wa al-Atsbat : 85 / 3, karangan Doktor Yusuf al-Mar`asyli, Maktabah ar-Rusyd.

3 - `Aqdu al-Jauhar Fi Ulama ae-Rub`i al-Awwal Min al-Qarni al-Khamis `Asyar,:1754 / 2 , Doltor Yusuf al-Mar`asyli , Dar Makrifah, Libanon.

Tanda ( * ) adalah sebagai guru saya dan saya meriwayatkan dari mereka.


(http://nurmunawwir.blogspot.com/2011/12/biografi-syeikh-ismail-zain-al-yamani.html)

Rabu, 28 Desember 2011

Abu Adnan Mahmud Wafat

Inna lillahi wainna ilaihi rajiun. Aceh kembali kehilangan pelita syurga dan seorang ulama karismatik panutan umat, Tgk Syech H Adnan Mahmud. Pendiri Pesantren Ashabul Yamin itu meninggal Selasa, 27 Desember 2011 sekitar pukul 01.00 WIB di kediamannya, Desa Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan.

Adnan Mahmud yang akrab disapa Nek Abu atau Abu Bakongan ini meninggal dalam usia 106 tahun. Berita berpulangnya Abu Adnan menyebar cepat di kalangan masyarakat Aceh Selatan. Bahkan dalam waktu singkat informasi itu berkembang hingga ke berbagai kawasan di Aceh, bahkan hingga ke Malaysia.

Berbagai kalangan datang melayat ke rumah kediaman alrmahum, baik dari kalangan pejabat negara, ulama terkemuka, tokoh masyarakat dan masyarakat umum lainnya dari berbagai kabupaten juga hadir di Kompleks Dayah Ashabul Yamin yang didirikan almarhum.

Jenazah almarhum dishalatkan di Masjid Baitul Halim yang dihadiri sedikitnya ribuan jamaah, sekitar pukul 13.30 WIB jenazah dimakamkan di Kompleks Pesantren Ashabul Yamin, yakni di samping makam Ummi Hj Hasani (istri almarhum). Semasa hidupnya almarhum menyebut bangunan itu sebagai “Taman Rohani”.

Abon Hasbi Nyak Dywa, salah seorang ulama karismatik dari Kuta Fajar Aceh Selatan menyampaikan sambutan dan pelepasan jenazah almarhum

Abu Adnan Mahmud meninggal dalam usia sangat tua, yakni 106 tahun. Beliau meninggal setelah satu pekan kembali dari Malaysia berobat tumor pada tenggorokan (di bawah lidah) yang dideritanya dalam beberapa bulan terakhir.

Almarhum Abu Adnan lahir tahun 1905. Almarhumah istrinya bernama Hj Hasani. Pasangan ini mempunyai tujuh putra, 35 cucu.

Abu Adnan Mahmud menamatkan pendidikan dayah beliau di Darussalam Labuhanhaji Aceh Selatan, merupakan salah seorang murid tertua dari Syekh Muda Wali al-Khalidy, ulama tersohor di Aceh. Dalam sejarah hidupnya, Abu Adnan dikenal sebagai seorang ulama yang teguh dalam prinsip Ahlussunnah wal Jama'ah dan bermazhab Syafi'i.

Selain mengajar di Pesantren/Dayah Ashabul Yamin, almarhum juga pernah berkecimpung di dunia politik. Ia pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Aceh dua periode (1971-1981).

(dikutip dari berbagai sumber)

Sabtu, 24 Desember 2011

Mengongkoskan Tajhiz Mayat

TGK H JAFAR SIDDIQ ST HT bertanya :

salam .
saya tidak menemukan hadist , bahwa membayar ongkos kepada pekerja farzu kifayah ( ceneuhit mayyit ) seperti mensalati , mengkafani @ menanamkan nya .....tapi realita sekarang kita di aceh banyak yang mengupah semua itu ....mensalati , mengkafani ,menanam nya ....tampa dibayar kadang tak ada yg mengurus jenazahh tsbt : .....padahal itu farzu kifayah bila tidak di kerjakan maka berdosa satu kampung .....maka apakah hukum mengupah itu berdosa ...karean tidak memiliki nas atau ayat ??? atau itu di boleh kan ...karena di anggab bid'ah hasanah ...lalu juga ada berpendapat tidak ada istilah bi'd'ah hasanah dalam islam ,semua bid'ah mungkar konon kata yg berkata , wallahu'aklam mohn penjelasan .


Jawaban :

Berikut pendapat ulama mengenai hukum mengongkosi tajhiz mayat, antara lain :

1. Imam Nawawi dalam kitab beliau, al-Minhaj al-Thalibin mengatakan :

“Tidak sah sewa untuk ibadah yang wajib niat padanya kecuali haji dan membagi-bagikan zakat dan sah sewa untuk tajhiz mayat, mengebumikan mayat dan mengajarkan al-Qur’an.”[1]


2. Zainuddin al-Malibary mengatakan :

Adapun ibadah yang yang tidak memerlukan niat, seperti azan dan iqamah, maka sah sewa atasnya. Upahnya itu adalah imbalan untuk semuanya serta seumpama memelihara waktu dan seperti tajhiz mayat dan juga mengajarkan al-Qur’an.”[2]


Kesimpulan yang meyangkut dengan tajhiz mayat dari keterangan dua ulama di atas adalah sebagai berikut :

a. Tidak sah menyewa orang untuk shalat, dalam hal ini termasuk shalat jenazah, karena shalat termasuk dalam ibadah yang wajib niat. Adapun alasan tidak sah menyewa untuk ibadah yang wajib niat adalah :

1). karena qashad pensyari’atan ibadah tersebut adalah menguji jiwa seorang mukallaf, apakah dia menyanjungnya atau tidak. Orang lain yang disewa untuk melakukannya, tentunya tidak dapat memposisikan dirinya sama dengan posisi si mukallaf yang menyewa yang diperintah melakukannya.

2).akad sewa, sipenyewa mengambil manfaat dengan imbalan tertentu. Sedangkan ibadah seperti shalat, manfaatnya hanya untuk yang melakukannya, sipenyewa tidak dapat apa-apa.


b. Sah menyewa untuk tajhiz mayat dan mengebumikannya (tidak termasuk shalat jenazah), karena ia termasuk dalam ibadah yang tidak memerlukan niat. Alasan sah sewa ibadah yang tidak memerlukan niat adalah :

1). Karena ibadah ini, qashadnya hanyalah wujud atau terlaksana perbuatan yang diperintah. Jadi, ibadah seperti ini yang dipentingkan adalah adanya ibadah itu dan bukan qashad menguji jiwa si mukallaf. Dengan demikian, ‘illat tidak boleh menyewa pada ibadah yang wajib niat tidak ada. Sebagai contoh, menyucikan najis, hukumnya wajib. Qashad dalam perintah menyucikan najis adalah hilangnya najis tersebut, bukan untuk menguji jiwa seorang mukallaf apakah dia mau menyanjung atau tidak suatu perintah. Karena itu, melaksanakan menyucikan najis tidak perlu niat. Dengan demikian, perbuatan menyucikan najis tersebut boleh diserahkan kepada orang lain dengan jalan menyewanya.

2). Sebagian ulama berhujjah sah menyewa tajhiz mayat dan perbuatan lainnya yang hukumnya fardhu kifayah dengan mengqiyaskan kepada hak ‘Amil dalam membagi zakat yang merupakan ongkos menurut pendapat yang lebih shahih.

3). Ada kritikan, bukankah tajhiz mayat merupakan kewajiban?, kalaupun tidak disewa, toh tajhiz mayat wajib dilakukan. Jawabnya : Memang wajib, tetapi tidak wajib pada tertentu orangnya. Karena itu, orang yang disewa tersebut melaksanakan ibadah yang diwajibkan tidak tertentu wajib atasnya.[3]

4). Karena tidak ada hal-hal yang menyebabkan haram atau tidak sah menyewa untuk tajhiz mayat, maka hukumnya adalah boleh, berdasarkan qaidah fiqh, berbunyi :

ألأصل في الأشياء الأباحة حتى يدل الدليل على التحريم

Artinya : Asal sesuatu adalah boleh sehingga ada dalil yang menunjukkan kepada haram[4]


Adapun mengenai masalah bid’ah hasanah dalam Islam dapat tgk baca dalam tulisan kami dalam blog ini dengan judul “Bid’ah Hasanah Menurut Ahlussunnah wal Jama’ah”



[1] Al-Nawawi, Minhaj al-Thalibin, dicetak bersama syarah al-Mahalli ‘ala Minhaj, Darul Ihya al-Kutub al-Arabiyah, Indonesia, Juz. III, Hal. 76

[2] Zainuddin al-Malibary, Fath al-Mu’in, Dicetak pada hamisy I’anah al-Thalibin, Thaha Putra, Semarang, Juz. III, Hal. 112

[3] Alasan-alasan ini dikutip dari kitab Fath al-Muin karya Zainuddin al-Malibari, dicetak pada hamisy I’anah al-Thalibin, Thaha Putra, Semarang, Hal. 111-112, Minhaj al-Thalibin, karya Al-Nawawi, dicetak bersama syarah al-Mahalli ‘ala Minhaj, Darul Ihya al-Kutub al-Arabiyah, Indonesia, Juz. III, Hal. 76 dan Hasyiah Syarwani ‘ala Tuhfah al-Muhtaj, karya Syarwany, Maktabah Mushtafa Muhammad, Juz. VI, Hal. 157

[4] Al-Suyuthi, al-Asybah wal-Nadhair, al-Haramain, Singapura, Hal. 43

Minggu, 18 Desember 2011

Penafsiran wajhullah pada firman Allah Q.S. al-Baqarah : 115

Firman Allah Q.S. al-Baqarah : 115 berbunyi :

فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ
Artinya : Kemana saja kamu menghadap, maka di sana wajhullah (Q.S. al-Baqarah : 115)


Golongan Salek Buta (Golongan sesat di Aceh, yang menyatakan tuhan menyatu dengan makhluq) menafsirkan ayat ini dengan arti, Allah ada di mana-mana, kemana saja di hadap disitu ada Allah. Singkat kata, mereka mengatakan Allah ada pada setiap makhluk (i’tiqad hulul dan ittihad). Wajhullah pada ayat di atas diartikan dengan makna zat Allah. Disamping itu, kalangan mujassamah (yang beri’tiqad Allah berjisim/berjasad) menafsirkan wajhullah pada ayat di atas bermakna wajah Allah. Mereka mengatakan Allah mempunyai wajah sebagaimana mereka mengatakan bahwa Allah mempunyai jari-jari, tangan dan sebagainya.

Penafsiran yang haq.
Sekarang mari kita berandai-andai dulu, seandainya wajhullah pada ayat di atas, bermakna wajah, maka ini sungguh bertentangan Q.S. al-Syuraa : 11, berbunyi :

لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ
Artinya : Tidak ada Allah menyerupai dengan sesuatupun (Q.S. al-Syuraa : 11)


Dalam ayat ini dengan jelas disebutkan Allah Ta’ala itu tidak menyerupai dengan makhluk. Karena itu, wahullah pada Q.S. al-Baqarah : 115 tidak boleh ditafsir dengan makna wajah Allah, karena wajah hanya terdapat makhluk yang bertubuh dan berjisim. Kalau ditafsir juga seperti itu, maka sungguh kita telah menetapkan pada Allah sesuatu yang menyerupai dengan makhluk.
Lalu bagaimana seandainya ditafsir wajhullah dengan zat Allah ? Jawab kita, ini mengarah kepada penetapan bahwa Allah mempunyai arah dan tempat. Karena kalau ditafsir sedemikian, maka makna ayat menjadi « Kemana saja kamu menghadap, di situ ada zat Allah ». Padahal telah ijmak ulama salaf dan khalaf bahwa Allah tidak ada pada tempat dan arah sesuatu dan penafsiran seperti ini juga sama halnya kita telah menetapkan pada Allah sesuatu yang menyerupai dengan makhluk.
Lalu bagaimana penafsiran Q.S. al-Baqarah : 115 yang haq ?

Jawab kita :

Q.S. al-Baqarah : 115 ini membicarakan masalah qiblat musafir yang melaksanakan shalat sunnat di atas kenderaan sebagaimana terlihat pada hadits riwayat Muslim di bawah ini :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى وَهُوَ مُقْبِلٌ مِنْ مَكَّةَ إِلَى الْمَدِينَةِ عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ كَانَ وَجْهُهُ - قَالَ - وَفِيهِ نَزَلَتْ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ
Artinya : Dari Ibnu Umar, beliau berkata : « Rasulullah SAW melaksanakan shalat di atas kenderaan, beliau menghadap kemana saja arah perjalanannya yakni pada ketika berangkat dari Makkah menuju Madinah. Pada ketika itu, diturunkanlah ayat : « Kemana saja kamu menghadap, maka di sana wajhullah » (H.R. Muslim) 1


Berdasarkan hadits shahih ini, maka makna « wajhullah » yang lebih sesuai pada ayat di atas adalah bermakna qiblat atau arah ayang diperintah menghadap dalam shalat. Tafsir « wahjullah » dengan qiblat juga merupakan penafsiran yang datang dari Mujahid, salah seorang ahli tafsir dari kalangan Tabi’in.2 Imam al-Razi, ahli tafsir dari kalangan Ahlussunnah wal Jama’ah menjelaskan dalam tafsir beliau, Mafatih al-Ghaib,3 bahwa pengertian « wajhullah » pada ayat di atas mempunyai kemungkinan makna sebagai berikut :
a). Bermakna arah yang dihadap pada waktu shalat, yakni qiblat. Diidhafah wahj kepada Allah adalah seperti idhafah bait kepada Allah (baitullah) dan naaqah (unta) kepada Allah (naaqatullah). Idhafah seperti ini, maksudnya adalah idhafaf bil-khlaq wal-ijaad ‘ala sabilil tasyrif (menyandarkan ciptaannya kepada Allah untuk memuliakannya).

b). Bermakna niat dan qashad. Ayat lain yang sama dengan pengertian ini adalah firman Allah, Q.S. al-An’am : 79, berbunyi :

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا
Artinya : Sesungguhnya aku hadapkan niatku dengan mengikuti agama yang benar kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi (Q.S. al-An’am : 79)

c). Bermakna keridhaan Allah. Ayat lain yang sama dengan pengertian ini adalah firman Allah Q.S. al-Insan : 9, berbunyi :

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ الله
Artinya : Sesungguhnya kami memberikan makanan kepadamu karena mencari keridhaan Allah. (Q.S. al-Insan : 9)

d). Bermakna karunia Allah. Ayat lain yang sama dengan pengertian ini adalah firman Allah
كُلُّ شَىْء هَالِكٌ إِلاَّ وَجْهَهُ
Artinya : Setiap sesuatu binasa kecuali kurnia Allah (Q.S. al-Qashas : 88)


Berdasarkan keterangan ahli tafsir diatas, tidaklah tepat pengertian « wajhullah » pada ayat Q.S. al-Baqarah : 115 di atas ditafsirkan bermakna zat Allah, lebih-lebih lagi kalau ditafsirkan bahwa pada benda yang dihadap itu menyatu dengan zat Allah. na’uzubillah min dzalik. Demikian juga, kalau ayat tersebut dimaknai dengan makna wajah Allah, karena hal itu sama halnya dengan menetapkan suatu yang berjisim pada Allah Ta’ala.

--------------------

[1] Imam Muslim, Shahih Muslim, Maktabah Syamilah, Juz. II, Hal. 149, No. hadits : 1646

[2] Al-Thabary, Tafsir al-Thabary, Maktabah Syamilah, Juz. II, Hal. 536

[3] Imam al-Razi, Mafatih al-Ghaib, Maktabah Syamilah, Juz. II, Hal. 307-308