Selasa, 27 September 2011

Kelebihan Meninggal Dunia pada Bulan Ramadhan dan hari Jum'at

TGK H JAFAR SIDDIQ ST HT mengatakan...
salam . Tolong penjelasan yg akurat tentang Orang yang meninggal . dalam bulan ramadhan .kemudahan apa saja yg di peroleh nya & Orang yang meninggal hari / malam jum'at apa kemudahannya

wasalam

Jawab :
I. Kemudahan Meninggal Dunia pada Bulan Ramadhan

Kami tidak/belum menemukan hadits yang secara khusus menjelaskan adanya kemudahan bagi orang yang meninggal dunia pada bulan Ramadhan. Apabila ada pembaca yang mengetahuinya, baik hadits shahih maupun dha’if, maka kami akan sangat berterima kasih apabila berkenan menyampaikan itu kepada kami. Namun demikian, secara umum dapat dijelakan bahwa sesungguhnya Allah yang Maha Pencipta semua makhluk Yang Maha Tinggi telah melebihkan sebagian makhluk atas yang lainnya, dan memuliakan golongan tertentu yang dikehendakinya. Dia telah menciptakan manusia dan memuliakan para Nabi dari golongan manusia, Dia telah menciptakan berbagai tempat dan memuliakan mesjid sebagai tempat yang terpilih, dan menciptakan bulan-bulan dan memuliakan Ramadhan dari bulan-bulan tersebut. Allah Ta'ala berfirman:

Artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil (Q.S.al-Baqarah : 185)

Berikut ini beberapa hadits shahih yang menjelaskan keutamaan bulan Ramadhan, antara lain :

1. Sabda Rasulullah SAW

إذا دخل شهر رمضان فتحت أبواب السماء، وغلقت أبواب جهنم، وسلسلت الشياطين

Artinya : Apabila bulan Ramadhan datang, maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta dibelenggulah setan-setan. (H.R. Bukhari)[1]

2. Sabda Rasulullah SAW

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Artinya : Barangsiapa berpuasa Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala kepada Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau.(H.R. Bukhari)[2]

Memperhatikan hadits-hadits di atas, diketahui bahwa secara umum bulan Ramadhan merupakan bulan rahmat dimana pintu syurga terbuka, syaithan terbelenggu dan keampunan terbuka lebar. Ini tentunya apabila ada amalan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan penuh harap hanya keridhaan Allah SWT. Dan tentunya apabila seorang muslim yang taqwa yang sedang beramal dalam bulan Ramadhan dengan keikhlasan dan mengharap keampunan dosa dari Allah, tiba-tiba meninggal dunia yang fana ini pada bulan ini, maka Insya Allah dia akan mendapat balasan yang berlimpah sesuai dengan janji-Nya.

II. Kemudahan meninggal dunia pada malam atau siang Jum'at

Adapun hadits yang menjelaskan keutamaan meninggal pada malam atau siang Jum’at antara lain telah sebut oleh al-Ghazali dalam al-Ihya, yaitu sabda Rasulullah SAW berbunyi :


من مات يوم الجمعة ﺍﻭﻟﻴﻟﺔ الجمعة ﻛﺘﺐ ﺍﷲ ﻟﻪ ﺃﺠﺭ ﺷﻬﻴﺩ وقي عذاب القبر

Artinya : Barangsiapa yang meninggal pada hari Jumat atau malamnya, niscaya dituliskan oleh Allah SWT baginya pahala syahid dan terpelihara dari fitnah kubur.[3]

Al-‘Iraqi memberitahukan bahwa hadits ini telah dikeluar oleh Abu Na’im dalam al-Haliyah dari hadits Jabir dengan kualiatas haditsnya dha’if.[4] Senada dengan hadits ini sabda Rasulullah SAW riwayat Turmidzi dari Rabi’ah bin Saif dari Ibnu Umar dengan lafazh :

ﻣﺎ ن ﻣﺴﻠﻡ ﻳﻣﻭﺖ يوم الجمعة ﺍﻭﻟﻴﻟﺔ الجمعة ﺇﻻ وﻗﺎﻩ ﺍﷲ ﻔﺘﻨﺔ القبر

Artinya : Tidak ada seorang muslim yang meninggal pada hari atau malam Jum’at kecuali Allah akan menjauhinya dari fitnah kubur (H.R. Turmidzi, beliau mengatakan, hadits ini gharib dan isnadnya tidak bersambung)[5]

Hadits riwayat Turmidzi di atas tidak bersambung sanadnya karena Rabi’ah bin Saif tidak mendengar hadits dari Ibnu Umar. Namun demikian, menurut keterangan al-‘Iraqi hadits ini telah di-washal (bersambung sanad) oleh Turmidzi al-Hakim dalam kitab al-Nawadir dengan menambah nama ‘Iyadh bin ‘Aqabah al-Fahry di antara keduanya (Rabi’ah bin Saif dan Ibnu Umar).[6]

Abu Ya’la juga ada meriwayat hadits yang senada dengan hadits di atas dari Anas bin Malik dengan lafazh Rasulullah SAW bersabda :

من مات يوم الجمعة وقي عذاب القبر

Artinya : Barangsiapa yang meninggal pada hari Jumat, niscaya terpelihara dari azab kubur (H.R. Abu Ya’la, menurut keterangan al-Haitsami, pada hadits ini ada Yazid al-Riqasyi dan dia diperkatakan)[7]

Menurut hemat kami, meskipun hadits-hadits di atas adalah dhaif, tetapi telah datang hadits-hadits tersebut dalam jalur yang berbeda sehingga satu sama lainnya saling menguatkan, apalagi hadits riwayat Turmidzi di atas telah datang pada jalur lain dengan jalan muttashil (bersambung) sebagaimana telah dijelakan di atas. Dengan demikian, boleh dijadikan pegangan dalam menjelaskan keutamaan hari atau malam Jum’at. Lebih-lebih lagi sebagaimana dimaklumi banyak hadits-hadits shahih yang secara umum menjelaskan bahwa hari Jum’at merupakan hari yang mempunyai keutamaan dibandingkan hari lain lainnya, antara lain :

خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة. فيه خلق آدم. وفيه أدخل الجنة. وفيه أخرج منها

Artinya : Sebaik-baik hari yang terbit matahari padanya adalah hari Jum’at, hari Adam diciptakan, dimasukkan Surga dan dikeluarkan darinya.(H.R. Muslim)[8]



[1] Bukhari, Shahih al-Bukhari, Dar Thauq al-Najh, Juz. III, Hal. 25, No. hadits : 1899

[2] Bukhari, Shahih al-Bukhari, Dar Thauq al-Najh, Juz. III, Hal. 26, No. hadits : 1901

[3] Al-Ghazali, Ihya ‘Ulumuddin, Thaha Putra, Semarang, Juz. I, Hal. 179

[4] Al-Zabidi, Ittihaf Sadaatul Muttaqin bi Syarh Ihya Ulumuddin, Muassasah Tarikh al-Arabi< Beirut, Juz. III, Hal. 217

[5] Turmidzi, Sunan al-Turmidzi, Thaha Putra, Semarang, Juz. II, Hal. 268-269

[6] Al-Zabidi, Ittihaf Sadaatul Muttaqin bi Syarh Ihya Ulumuddin, Muassasah Tarikh al-Arabi< Beirut, Juz. III, Hal. 217

[7] Al-Haitsami, Majma’ al-Zawaid, Darul Fikri, Beirut, Juz. III, Hal. 58

[8] Imam Muslim, Shahih Muslim, Maktabah Dahlan, Indonesia, Juz. II, Hal. 585, No. Hadits : 854



27 komentar:

  1. Saya mau tanya.. Sudah 2 tahun saya taubat .. Bagaimana dengan sholat yg dulu saya tinggalkan . Apakah saya wajib mengkadha nya . Dan bagaimana caranya ? Mohon penjelasan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. masalah qadha shalat sudah pernah kami bahas pada :
      http://kitab-kuneng.blogspot.com/2013/07/qadha-shalat.html

      2. wajib qadha semua shalat yang pernah ditinggalkan. sebaiknya diqadha secara berurutan, tapi kalau gak bisa , boleh dilakukan secara acak

      3. semua waktu luang wajib digunakan untuk qadha shalat yang ditinggalkan tersebut, kecuali waktu yg tidak boleh tidak harus digunakan utk keperluan lain. misalnya untuk mencari nafkah, belajar yg fardhu 'ain, istirahat, tidur, dan lain nya yakni kewajiban2 lainnya


      wassalam

      Hapus
    2. Dikias dari pada puasa wajib hukumnya...
      maka shalat seseorang yg sengaja ditinggal harus di qadha...
      ini bukan kias dari seluruh ulama dunia tapi sebagian ulama alran tertentu saja yg mengatakan dikias...
      yg jadi pertanyaan saya bagaimana mengqadha shalat Jum'at...?
      krn disitu ada rukun dua kutbahnya...

      Hapus
    3. sepanjang pengetahuan kami, shalat jum'at tidak disyariatkan qadha, karena shalat jum'at mempunyai syarat2 dan ketentuan2 yg berbeda dgn shalat pada umumnya. karena itu apabila seseorang uzur shalat jum'at, maka yg diperintah adalah shalat dhuhur sebagai pengganti shalat jum'at, jadi bukan diqadha shalat jum'atnya.
      wassalam

      Hapus
    4. Pak sy mau tanya.Apa benar sholat yg sy tinggalkan selama sy menstruasi harus di qadha?

      Hapus
    5. tidak wajib qadha shalat yang ditinggalkan selama menstruasi. dalam kitab al-Ijmak karangan ibnu munzir pada halaman 9, disebutkan : para ulama telah ijmak bahwa perempuan yang berhaid tidak ada shalat atasnya pada hari haidnya. karena itu, tidak wajib qadha atasnya.

      wassalam

      Hapus
    6. jadi tidak wajib qadha shalat tersebut merupakan ijmak ulama (kesepakatan ulama)

      Hapus
    7. Bagaimana klo meninggalnya dgn overdosis krna obat??

      Hapus
  2. ass.. pak ustad.. saya mau tanya..
    saya melihat d tv.. ada seorang anak yang bertanya kepada seorang ustad yg terkenal d tv. anak itu bertanya:"katanya pada bulan puasa setan2 d belenggu, namun kenapa masih banyak manusia yang melakukan perbuatan kejahatan pada bulan ramadhan?"..
    lantas ustad tsb menjawab :"benar bahwasannya setan dibelenggu pada bulan ramadhan, namun hanya kepala2 setan saja yang d belenggu,, anak buah setan tidak dibelenggu. itulah sebabnya masih banyak terjadi kejahatan.."

    saya masih bingung dengan pernyataan tersebut d atas..
    mohon penjelasannya ustad beserta dalilnya,,,
    wassalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat dalam :
      http://kitab-kuneng.blogspot.com/2013/08/pada-bulan-ramadhan-setan-setan.html

      wassalam

      Hapus
  3. saya mau tanya , bagaimana dengan orang yg amalan baik sama amal buruknya seimbang ,maka dia masuk neraka/surga?

    BalasHapus
  4. Jika boleh saya ingin bertanya, bagaimana caranya agar saya tahu kondisi almarhum ayah saya di alam kubur, apakah beliau bahagia / tidak ?

    BalasHapus
  5. Jika boleh saya ingin bertanya, bagaimana caranya agar saya tahu kondisi almarhum ayah saya di alam kubur, apakah beliau bahagia / tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mau tau jawaban pertyaan ini ustad...

      Hapus
    2. kalau masalah apakah ayahh sdr bahagian di alam kubur, itu masalah ghaib. hanya Allah yg tau
      wassalam

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Mama saya Almrh. Hj.Yulia binti Ishak meninggal di tanggal 21 Ramadhan (25 juni 2016), baru 5 hari yang lalu. Saya Benar2 sangat menyayangi beliau. artikel ini setidaknya dapat menjadi pengibur hati ini yang benar2 menanggung kesedihan saya yang begitu luar biasa ini. Semoga Mama mendapatkan Ampunan dan mendapatkan Syurga. Amiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an mama anda mendapat tempat yg layak di sisi-Nya . amin

      Hapus
    2. Aamiin..ya..Robbal..Alamiin.
      Makasih...

      Hapus
  8. Assalamualaikum
    .
    Bagaimana hukum nya seorang anak mengganti namanya karena trauma masa kecil, dia mengganti nama nya sejak kelas 6 SD. Tapi jakat yang di masukan selama ini masih dengan nama kecil nya.
    Apakah berpengaruh sah dan tidak nya zakat yang di serahkann?
    Nama kecil nya belum di aqiqah, begitupun nama yang dia ganti.
    Di ijazah dan sebagainya tercantum nama yang sudah di ganti itu bukan nama kecil nya.
    Tolong saran nya, karena hal ini membuat nya jadi bingung dan jadi beban pikiran.

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. masalah zakat gak ada pengaruhnya dgn penggantian nama seorang anak.
      2. demikian juga nama seseorang gak ada hubungan dgn aqiqah.
      3. zakat adalah ibadah yg membutuh niat. karena itu kalau berikan zakat untuk seorang anak, yang penting adalah niat zakat tersebut ada utk anak tersebut. ingat kita berikan zakat bukan untuk nama, tetapi untuk jiwa/tubuh yg punya nama.
      wassalam

      Hapus
  9. Assalamualaikum mf pak ustad aku mau bertanya bapak ku meningal dunia di bulan puasa mendadak tengelam ke sumur dan saya tidak ada di rumah dan saya tak sempat meminta maaf dlu mf yg sayaau tanyakan apa bpk saya mati nya termasuk husnul khotimah ??? Dan petanyaan ke dua apa yang bisa saya laku kan untuk menebus dosa dosa saya ke pd bpk saya seorang anak pasti banyak dosa ke pd orang tua dan saya tidak sempat untuk memintaa maaf ingin lebih jelas trimakasih sebelum dan sesudah nya pak ustadz

    BalasHapus
    Balasan
    1. . masalah husnul khatimah hanya Allah yg tau. tugas kita hanya berdoa saja mudah2an orangtua sdr menuju ke hadirat Allah dalam husnul khatimahh.

      2. banyaklah berdoa, bersedaqah dgn niat pahala utk orang tua sdr, tahlil dsbnya
      wassalam

      Hapus
  10. Bagaimana klw org yg meninggal pada hari jumat itu,org yg lalai.

    BalasHapus
  11. Suami saya meninggal di usia 45 thn hari jumat bln ramadhan 2018 puasa ke 9 ketika sdg berpuasa dan sdg bekerja.. Pertanyaan saya.. Smp hr ini sy msh shock krn anak 3 msh kcl2..sy kalut dan depresi walau tdk ad hutang yg di tinggalkan tp sy bingung dngan masadepan anak2 mhn bimbingan dan nasehat..

    BalasHapus