Selasa, 31 Juli 2012

Telah Berpulang kerahmatullah Tgk Thantawi Jauhari (Abi), Pimpinan Dayah Darusshabri Lam Ateuk Aceh Besar. (1955 - 2012 M)


Lagi seorang ulama besar Aceh, Tgk Thantawi Jauhari telah menemui tuhannya, Allah SWT setelah berjalan di muka bumi yang fana ini dalam memperjuangkan agama yang diridha-Nya. Tgk Thantawi Jauhari, yang sering dipanggil Abi oleh murid-muridnya dan masyarakat sekitarnya, telah berpulang kerahmatullah pada malam Senin/Minggu malam, tanggal 29 Juli 2012, pukul 20.00 Wib di Rumah Sakit Kesdam Kuta Alam Banda Aceh. Jenazah almarhum, setelah dishalati ribuan jama’ah yang datang dari berbagai pelosok Aceh, dikebumikan di dalam komplek Dayah Darusshabri, dayah yang beliau asuh selama ini. Semoga Allah menempatkan beliau dalam syurga jannatul na’im layaknya dengan pengabdian beliau selama ini. Diantara ulama Aceh yang hadir menshalati jenazah beliau antara lain, Abu Daud Zamzami (MPU Aceh), Abuya Jamaluddin Wali, Tgk Mahdi (pimpinan Dayah Darul Mu'arrif), Tgk Syarifuddin (Pimpinan dayah di Bidok Pidie Jaya), Abu Adnan Puloe dan semua anak-anak dari Almarhum Abu Ahmad Perti serta para ulama lainnya.

Riwayat hidupnya
Berdasarkan keterangan pada Kartu Tanda Penduduk beliau, Abi Thantawi tercatat lahir di Sawang Aceh Selatan pada tanggal 1 Juli 1955. Pada masa kanak-kanaknya, sebagaimana biasanya anak Aceh, beliau belajar al-Qur’an dan dasar-dasar akidah pada ulama yang ada di kampung beliau, disamping mengikuti pendidikan dasar umum di rumah sekolah. Menginjak remaja, beliau memasuki pesantren/dayah Darussalam Labuhanhaji yang letaknya berselang hanya beberapa kecamatan dari kecamatan kelahiran orangtua dan keluarganya. Tidak lama di sini (tidak sampai satu tahun), beliau masuk dayah Darul Mu’arrif Lam Ateuk Aceh Besar pimpinan Abu Ahmad Perti seorang ulama terkenal di Aceh. Di dayah ini beliau belajar ilmu agama dalam berbagai disiplin ilmu, seperti bahasa Arab, balagah, ushul fiqh, fiqh, tauhid, tasauf dan sebagainya. Setelah lama beliau di sini, beliau dipercaya menjadi guru sekaligus menjadi wakil pimpinan dayah dengan mengajar berbagai disiplin ilmu agama seperti kitab Ghayatul Wushul dalam bidang ushul fiqh, al-Syarah al-Mahalli dalam bidang fiqh, Syarah al-Jauhar al-Maknun dalam bidang balaghah dan lain-lain (penulis sendiri merupakan salah satu murid beliau selama belajar di Dayah Darul mu’arrif).
Setelah guru beliau, almarhum Abu Ahmad Perti, berpulang kerahmatullah,  pada tahun 2000 M Abi Thantawi dipercaya sebagai pimpinan dayah Darul Mu’arrif menggantikan kedudukan gurunya. Namun jabatan ini hanya sekitar dua tahun lebih, karena beliau harus memimpin dayah beliau sendiri, Dayah Darusshabri (dayah ini berjalan sebagaimana mestinya  sekitar tahun 2005 M), yang beliau kelola sampai akhir hayatnya, yang letaknya masih satu kecamatan dengan dayah Darul Mu’arrif 

Keluarga
Abi Thantawi beristerikan Rosnimar (masih ada hubungan kerabat dengan beliau dan berasal dari kampung kelahiran beliau) dengan anak-anak beliau :
-          Musnayati
-          Muhammad
-          Nurul Azizi
-          Mahfuzh
-          Muzhaifah
-          Siti Munawarah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar