Senin, 24 September 2012

Resensi kitab I’anah al-Thalibin


I'anah al-Thalibin, karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi, adalah salah satu kitab yang sering menjadi rujukan primer bagi mayoritas santri dan pengikut mazhab Syafi’i di Indonesia dan menjadi bacaan wajib di dayah Aceh dan pesantren di Indonesia pada umumnya. Di dayah Aceh, pada umumnya kitab ini diajarkan pada tingkat/tahun belajar ke-3  dan ke-4 . Abu Bakar Muhammad Syatha adalah salah satu ulama besar bermazhab Syafi’i yang hidup pada akhir abad ke-13 H dan permulaan abad ke-14 H. Latar belakang penulisan kitab ini seperti dituturkan pengarang dalam muqaddimah kitab ini berawal ketika beliau menjadi pengajar kitab syarah Fath al-Mu’in di Masjidil Haram. Fath al-Mu’in sendiri adalah karya al-Allamah Zainuddin al-Malibari. Selama mengajar itulah beliau menulis catatan pinggir untuk mengurai kedalaman makna kitab Fathul mu’in yang penting diingat dan perlu diketahui sebagai pendekatan dalam memahami. Lalu, sesuai penuturan beliau, beberapa sahabat beliau memintanya untuk mengumpulkan catatan itu dan melengkapinya untuk kemudian dijadikan satu kitab (hasyiyah) yang pada akhirnya bisa lebih bermanfaat untuk kalangan yang lebih luas.
Kitab ini merupakan tulisan bermodel hasyiyah, yaitu berbentuk perluasan penjelasan dari tulisan terdahulu yang lebih ringkas. Sesuai namanya, kitab ini diperuntukkan santri yang mengkaji Fath al-Mu’in.
Pada akhir kitab I’anah al-Thalibin ini Juz. IV disebutkan, selesai ditulis hasyiah ini adalah pada Hari Rabu ba’da Ashar, 27 Jumadil al-Tsani Tahun 1298 H. Kitab ini tergolong fiqh mutaakhkhirin. I’anah al-Thalibin memiliki kelebihan sebagai fiqh mutakhkhirin yang lebih aktual dan kontekstual karena memuat ragam pendapat yang diusung ulama mutaakhkhirin utamanya Imam al-Nawawi, Ibnu Hajar dan banyak lainnya yang tentunya lebih mampu mengakomodir kebutuhan penelaah akan rujukan yang variatif dan efektif. Yang menjadi rujukan dalam mengarang kitab ini adalah kitab-kitab fiqh Syafi’i mutaakhkhirin, yaitu Tuhfah al-Muhtaj, Fath al-Jawad Syarh al-Irsyad, al-Nihayah, Syarh al-Raudh, Syarh al-Manhaj, Hawasyi Ibnu al-Qasim, Hawasyi Syekh ‘Ali Syibran al-Malusi, Hawasyi al-Bujairumy dan lainnya sebagaimana beliau jelaskan dalam muqaddimah kitab ini.

Catatan
Dalam buku Sejarah dan Keagungan Mazhab Syafi’i, K.H. Sirajuddin Abbas mengatakan bahwa Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi, pengarang kitab I’anah al-Thalibin ini sangat berjasa memberikan pelajaran kepada mukimin-mukimin dari Indonesia, sehingga pada permulaan abad ke-14 H  banyak ulama-ulama murid dari beliau yang mengembangkan mazhab Syafi’i di Indonesia, sehingga ajaran itu merata di seluruh kepulauan di Indonesia. 

Untuk mendapatkan kitab ini versi PDF, download lewat link berikut :
 http://www.4shared.com/office/oa5MB_eT/_______.html

Daftar Pustaka
1.      Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi, I’anah al-Thalibin, Thaha Putra, Semarang
2.      KH Sirajuddin Abbas, Sejarah Keagungan Mazhab Syafi’i., Pustaka Tarbiyah, Jakarta



13 komentar:

  1. Teungku, Saya Membutuhkan i'anatut Thalibin Jilid 3. kalau jilid 1,2 dan 4 Alhamdulillah sudah ada. kalau Teungku memiliki yang jilid 3, tolong di shared ya. Kalau Teungku berkenan, bisa juga ke email : tgk.zulfan@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Teungku, kebetulan saya sedang membutuhkan Kitab I'anah jilid 3. Untuk jilid 1,2 dan 4 Alhamdulillah sudah ada. Kalau Teungku punya link untuk jilid 3, tolong di shared ya. Atau kalau Teungku berkenan, bisa kirim ke email : tgk.zulfan@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. tgk bisa download lewat link berikut :
      http://www.al-mostafa.info/data/arabic/depot3/gap.php?file=i003490.pdf

      Hapus
  3. Assalamau'alaikum teungku...saya membutuhkan I'anah terjemahan lengkap yang bagus,valid dalam bahasa Indonesia...apakah ada linknya? mohon konfirmasinya. trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami belum menemukannya, tapi setahu kami dalam bentuk kitab cetakan ada dijual di toko2

      wassalam

      Hapus
    2. maaf, keliru di atas, yang kami maksud adalah fathul muin (matan kitab Ianah), yg ada kitab cetakan nya dijual di toko2 (terjemahannya)

      Hapus
  4. Trimakasih banyak teungku...buku terjemah fathul mu'in yg ditulis memang sudah ada sama kami, tapi terjemahan syarah fathul mu'in dalam kitab 'ianah apakah ada di pasaran? mohon bantuan teungku...

    BalasHapus
  5. Syukran Jazilan atas bantuannya teungku......Semoga ALLAH SWT selalu melimpahkan keberkatan dan kelebihan ilmu kepada teungku Alizar sepanjang masa...amien..

    BalasHapus
  6. tgk sy membutuhkan kitab ianah versi pdf , mhn bs d kirimkan via email sy ; hanhabicha@gmail.com
    Jazakumullahu khoiron katsiro...

    BalasHapus
  7. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.
    Salam silaturahmi pak kiyai...
    punya link terjemah kitab nihayatuzzain gak?
    trm ksh

    BalasHapus
  8. 1 dirham dn 1 dinar brp rupiahkah skrang?

    BalasHapus