salam tgk...
tgk kiban surah kitab bajuri hal 202 juz 1:
الاول دوام السفر يقينا في جميع صلا ته فلوانتهي سفره فيها كان بلغت سفينته دار اقامته
kiban maksud surah DAARA IQAAMATIHI...?
dan kiban surah kitab izhahul mubham (mantiq) hal 3:
*والجواب عن الاول ان النتائج في البيت الاول اعم من ان تكون بعيدة مستورة بسبب دقتها
kiban surah ba'idatan masturatan tsb...???
trims tgk....
tgk kiban surah kitab bajuri hal 202 juz 1:
الاول دوام السفر يقينا في جميع صلا ته فلوانتهي سفره فيها كان بلغت سفينته دار اقامته
kiban maksud surah DAARA IQAAMATIHI...?
dan kiban surah kitab izhahul mubham (mantiq) hal 3:
*والجواب عن الاول ان النتائج في البيت الاول اعم من ان تكون بعيدة مستورة بسبب دقتها
kiban surah ba'idatan masturatan tsb...???
trims tgk....
Jawab :
1.
Lengkap teks al-Bajuri
Juz I, Hal. 202 di atas adalah sebagai berikut :
الاول دوام السفر يقينا في جميع صلا ته فلوانتهي سفره
فيها كان بلغت سفينته دار اقامته او شك في انتهائه اتم
لزوال سبب الرخصة في الاولى وللشك فيه في الثانية
Artinya : Syarat pertama boleh qashar shalat adalah
berkekalan musafir secara yakin dalam semua perbuatan shalatnya. Karena itu,
seandainya musafirnya itu habis dalam shalat, seperti seseorang yang sampai
kapal tumpangannya ke negeri tempat bermukimnya (sementara dia masih dalam
shalat) atau dia ragu-ragu tentang habis musafirnya, maka hendaknya dia
menyempurnakan shalatnya (melakukannya dengan empat raka’at), hal itu karena
hilang sebab rukhsah pada kasus pertama dan karena ragu-ragu pada kasus kedua.
Maksud teks di atas adalah salah satu syarat dibolehkan
qashar shalat adalah semua perbuatan shalat seseorang itu mulai takbir sampai
salam harus dilakukannya dimana orang yang melakukan semua perbuatan shalat
tersebut dalam keadaan musafir. Berdasarkan ini, maka seseorang yang melakukan
shalat dengan niat qashar dalam kapal laut yang sedang melaju, sebelum selesai
shalat, kapalnya sudah sampai ke darul iqamah (tempat kampung halaman atau
tujuan lain tetapi dengan niat menetap sekurang-kurangnya 4 hari), maka waktu
itu shalat yang belum selesai tadi harus disempurnakan menjadi empat raka’at,
tanpa qashar.
Daara
iqamatihi, maksudnya negeri/tempat bermukim seseorang
yang melakukan shalat qashar. Negeri/tempat bermukim itu baik kampong halaman
tempat bertanah air atau tujuan lain dengan niat menetap sekurang-kurangnya
empat hari.
2.
Lengkapnya
teks Izhahul Mubham hal 3 di atas adalah :
وفي هذا البيت سؤالان:
الأوّل: أن البيت الأول يغني عنه, الثاني
فكان الأولى بعد أن وقع منه ذكره أن يذكر الأوّل بجنبه أو يذكره بجنب الأوّل لكون
كلّ منهما مسبباً عن إزالة الحجب
والجواب عن الأوّل: أن النتائج في البيت
الأوّل أعمّ من أن تكون بعيدة مستورة بسبب دقتها أولا. وما في البيت الثالث خاص
بالمستورة البعيدة فلم يغن البيت الأوّل عنه.
وعن الثاني: بأنه قدّم البيت الأوّل
حرصاً على براعة الاستهلال، فلم يتأت جعله بجنب البيت الثالث، واضطر إلى تأخير
الثالث لكونه غاية لما قبله، فلم يتأت جعله بجنب الأوّل.
Artinya : Pada bait ini ada dua
pertanyaan, yakni pertama ; sesungguhnya bait pertama tidak memerlukan lagi bait
ini (bait ketiga), Pertanyaan kedua ; karena itu sesudah telah terjadi
penyebutannya sebaiknya disebut bait pertama sesudah bait ini (bait ketiga)
atau disebut bait ini (bait ketiga) sesudah bait pertama, karena keadaan setiap
keduanya merupakan akibat dari hilang hijab.(hilang hijab disebut pada bait
kedua)
Jawaban dari
pertanyaan pertama ; sesungguhnya makna “nataij” (kesimpulan) pada bait pertama
lebih umum, yakni mencakup natijah yang jauh pemahamannya dan tersembunyi
dengan sebab mendalam natijahnya atau tidak jauh dan tidak tersembunyi,
sedangkan hal yang ada dalam bait ketiga khusus dengan yang tersembunyi dan
jauh pemahamannya. Karena itu, bait
pertama tetap membutuhkan bait ketiga.
Jawaban dari
pertanyaan kedua ; didahulukan bait pertama, karena menjaga bara’ah istihlal. Karena
itu, tidak dijadikan bait pertama sesudah bait ketiga dan diharuskan menterakhirkan
bait ketiga (dari bait pertama dan kedua) , karena bait ketiga merupakan ujung
(faedah) bagi bait sebelumnya, karena itu, tidak dijadikan bait ketiga sesudah
bait pertama.
Pengertian dari
والجواب عن
الاول ان النتائج في البيت الاول اعم من ان تكون بعيدة مستورة بسبب دقتها
makna nataij (natijah-natijah) pada
bait pertama, yaitu bait alhamdulillahillazi qad akhraja nataij…dst mencakup mencakup
natijah yang jauh pemahamannya dan tersembunyi dengan sebab mendalam natijahnya
dan juga mencakup natijah-natijah yang tidak jauh dan tidak tersembunyi,
sedangkan natijah pada bait ketiga (natijah pada bait ketiga dipahami dari
perkataan syumusul ma’rifah yang bermakna ma’rifah seperti matahari), yakni
bait hatta badaat lahum….dst khusus natijah yang jauh pemahamannya dan
tersembunyi. Sehingga dapat dikatakan bait pertama tetap membutuhkan bait
ketiga. Hal ini sama dengan athaf lafazh
khas atas lafazh ‘am, tidak dapat dikatakan dengan sebab sudah ada ‘am, maka
tidak perlu lagi yang khas.
Pengertian ba'idatan
masturatan adalah natijah-natijah yang sukar dipahami dan tersembunyi.
wassalam
syukran jazilan tgk... jazaakallah khairan kasiran...
BalasHapussmg blog tgk terus aktif dan menampilkan ilmu2 yg bermanfaat buat kami yg masih awam ini..........,........,.,
mudah2an juga Allah melimpah ilmu dan karunianya bagi kita semua, aminnn..
Hapussalamualaikum tgk....
BalasHapustgk, sy ingin bertanya..
1.apa anak kecil mendapat pahala apabila melakukan salat dengan benar?
2.apakah orang gila apabila melakukan salat dgn benar akan memperoleh pahala juga??
3.apa sah salat kita tgk, bila kita mengikuti imam yg belum khitan? dan imam yg belum baligh juga?
4.apakah ada manfaat atau pahala bagi orang non muslim, bila mereka membantu orang islam? ataumemberi bantuan untuk sekolah atau pesantren?
trimakasih tgk....
maaf terlalu banyak....
jawabannya ada pada :
Hapushttp://kitab-kuneng.blogspot.com/2013/05/ibadah-anak-anak-belum-baligh-gila-dan.html
Ass.wr. tgk..
BalasHapusApa yg di mksud dgn agama samawi dan ardhi? Dan apa perbedaan keduanya?
Apa sama tgk, agama nasrani dan kristen?
Apa agama umat nabi isa itu islam atau nasrani?
Trims bnyak...
1. agama samawi adalah agama yang yakini turun dari langit, artinya agama didatangkan Allah kepada seorang rasul dengan perantaraan JIbril (malaikat), seperti Islam, nasrani dan Yahudi. sedangkan agama ardhi adalah agama yang merupakan hasil renungan manusia tanpa perantara seorang malaikat yang diperintah Allah untuk menurunkan wahyu kepadanya, seperti Budha.
Hapus2. Nashrani adalah nama lain bagi agama yang dibawa oleh Nabi Isa. sedangkan Kristen nama lain yang dilebelkan oleh kaum nashrani sesudah agama ini banyak perubahan2. Kristen (asalnya kristus)itu bermakna kepercayaan kepada Isa sebagai jelmaan Tuhan di dunia
ini.
3. Pada hakikatnya agama nabi Isa adalah Islam, karena akidahnya sama dengan agama kita, Islam, cuma yang berbeda syari'atnya saja. Nashrani juga nama bagi agama yang dibawa nabi Isa a.s.
wassalam
perlu tgk sebutkan itu teks apa dan di dalam kitab apa.
BalasHapusUstadz, mohon penjelasannya dari kitab Fathul Qorib ini :
BalasHapusواحترز بقوله: «خالطه» عن الطاهر المجاورُ له؛ فإنه باق على طهوريته ولو كان التغير كثيرا؛ وكذا المتغير بمخالط لا يستغني الماء عنه، كطين وطُحْلَب وما في مقرِّه وممره، والمتغير بطول المكث، فإنه طهور.
sdh kami jawab pada : http://kitab-kuneng.blogspot.com/2015/08/syarah-air-berubah-dalam-fathul-fathul.html
Hapuswassalam
Assalammualaikum
HapusTgk saya mau bertanya.... Berapa perkara istri wajib mempasakh suaminya dan begitu juga sebaliknya
Assalamualaikm saya mau minta terjemahan albajuri hal 242-243
BalasHapusوتصح الجمعة خلف الصبى المميز والمسافر والعبد والمحدث ولو حدثا اكبر كغيرها ان تم العدد بغيرهم
BalasHapusAl-Bajuri Juz 1 shahifah 215
assalamu alaikum uztadz saya mau minta terjemahan kitab bajuri jilid 1 yang menjelaskan pasal kekharaman bagi laki laki memakai sutra dan cincin mas..
BalasHapussyukron katsir
Al bajuri juz 1 shahifah 239
BalasHapus