Dalam risalah Ibnu
al-Qayyim disebutkan, keadaan orang marah terdiri tiga pembagian, yaitu :
1.
Ada padanya mabadi marah
(permulaan marah), dalam marahnya tidak menyebabkan berubah akalnya dan dia
mengetahui dan mengqashad apa yang dia katakan. Ini tidak ada musykil (jatuh
talaq).
2.
Marah yang sampai pada
puncaknya, sehingga tidak diketahui apa yang dikatakan dan juga perkataannya
itu tidak diqashadnya lagi. Ini tidak diragukan tidak berlaku apapun dari
perkataannya.
3.
Pertengahan antara dua
kelompok marah di atas. Orang marah kelompok ini tidak seperti orang gila.
Dalil-dalil menunjukkan tidak berlaku juga perkataannya.
Sebagaimana penjelasan diatas, para ulama sepakat jatuh talaq dalam kasus
marah biasa, yakni marah katagori pertama dalam pengelompokan di atas dan tidak
jatuh talaq pada katagori kedua, yakni marah yang sudah sampai puncaknya yang
dapat menghilangkan akalnya, sehingga tidak diketahui lagi apa yang dikatakan
serta perkataannya itu tidak diqashadnya lagi. Terjadi perbedaan pendapat hanya
pada marah katagori ketiga, yakni marah pertengahan antara dua katagori di
atas. Ibnu Abidin setelah mengutip
pengelompokan marah yang disebut oleh Ibnu al-Qayyim di atas, beliau mengatakan :
لَكِنْ أَشَارَ فِي الْغَايَةِ إلَى
مُخَالَفَتِهِ فِي الثَّالِثِ حَيْثُ قَالَ: وَيَقَعُ الطَّلَاقُ مِنْ غَضَبٍ
خِلَافًا لِابْنِ الْقَيِّمِ
Akan tetapi pengarang al-Ghayah (ulama pengikut mazhab Hambali)
mengisyaratkan berbeda dengan pendapat Ibnu al-Qayyim. Pengarang al-Ghayah
mengatakan, jatuh talaq dari orang marah, berbeda dengan pendapat Ibnu
al-Qayyim.
Abdurrahman al-Jaziri menggambarkan katagori ketiga ini dengan perkataan
beliau sebagai berikut :
الثالث: أن يكون الغضب وسطاً بين الحالتين، بأن
يشتد ويخرج عن عادته ولكنه لا يكون كالمجنون الذي لا يقصد ما يقول ولا يعلمه،
Katagori ketiga adalah keadaan
marah di antara dua hal di atas, yakni sangat marah, sehingga keluar seseorang
dari prilaku kebiasaannya, namun tidak menjadikannya seperti orang gila yang
tidak mengqashad dan tidak mengetahui apa yang dikatakannya.
Kemudian al-Jaziri
mengatakan, bahwa pendapat Ibnu al-Qayyim yang mengatakan tidak jatuh talaq
marah katagori ketiga ini tidak diakui sebagai mazhab Hambali. Dengan demikian yang menjadi pendapat mu’tamad
dalam mazhab Hambali adalah jatuh talaq yang terjadi pada orang marah katagori
ketiga. Ini juga sesuai dengan penjelasan Abu al-Naja al-Hajawi al-Maqdisi
dalam kitab al-Iqna’ fi Fiqh al-Imam Ahmad bin Hambal berikut :
والغضبان مكلف في
حال غضبه بما يصدر منه من كفر وقتل نفس وأخذ مال بغير حق وطلاق وغير ذلك قال ابن
رجب في شرح النواوية ما يقع من الغضبان من طلاق وعتاق أو يمين فإنه يؤاخذ بذلك كله
بغير خلاف واستدل لذلك بأدلة صحيحة وأنكر على من يقول بخلاف ذلك
Orang marah adalah mukallaf pada ketika marahnya dengan apa yang terjadi
darinya, baik kufur, bunuh diri, ambil harta orang lain tanpa haq, talaq dan
yang lainnya. Dalam Syarah al-Nawawiyah, Ibnu Rajab mengatakan hal-hal yang
terjadi karena marah, baik talaq, memerdekakan atau sumpah, maka diperhitungkan
semua itu tanpa khilaf dan beliau juga mengemukakan dalil-dalil yang shahih
serta mengingkari orang yang berpendapat sebaliknya.
Mazhab Maliki juga
berpendapat jatuh talaq yang terjadi pada orang marah katagori ketiga ini. Hal
ini tergambar dari penjelasan ulama mazhab Maliki, al-Dusuqi sebagai berikut :
يَلْزَمُ طَلَاقُ
الْغَضْبَانِ وَلَوْ اشْتَدَّ غَضَبُهُ خِلَافًا لِبَعْضِهِمْ كَذَا ذَكَرَ
السَّيِّدُ الْبُلَيْدِيُّ فِي حَاشِيَتِهِ
Mengakibatkan
jatuh talaq orang sedang marah, meskipun marahnya kuat. Pendapat ini berbeda
dengan sebagian ulama. Seperti ini al-Bulaidy menyebutnya dalam Hasyiahnya.
Termasuk yang berpendapat
jatuh talaq yang terjadi pada orang marah adalah mazhab Syafi’i. Kesimpulan ini
terlihat dalam nash-nash ulama-ulama Syafi’iyah berikut ini :
1.
Ibnu Hajar al-Haitami
mengatakan :
.مع الخبر الصحيح أيضا لا طلاق في إغلاق وفسره كثيرون بالإكراه كأنه أغلق
عليه الباب أو انغلق عليه رأيه ومنعوا تفسيره بالغضب للاتفاق على وقوع طلاق
الغضبان قال البيهقي، وأفتى به جمع من الصحابة ولا مخالف لهم منهم
Serta ada hadits shahih pula, “Tidak ada thalaq dalam keadaan ighlaq”.
Kebanyakan ulama menafsirkannya dengan paksaan, seolah-olah dikunci pintu
atasnya atau terkunci pikirannya. Mereka mencegah menafsirkannya dengan marah,
karena ada kesepakatan jatuh talaq sedang marah. Al-Baihaqi mengatakan, satu
jama’ah sahabat telah mengifta’ jatuh talaq sedang marah dan tidak ada yang
menyelisihnya.
Seterusnya menjelaskan
maksud perkataan al-Tuhfah di atas, al-Syarwani mengatakan :
(قوله: وأفتى به) أي بوقوع طلاق الغضبان وقوله: ولا
مخالف إلخ أي فكان إجماعا سكوتيا
Perkataan pengarang : telah mengifta’nya, artinya ifta’ jatuh talaq sedang
marah. Dan perkataan pengarang : tidak ada yang menyelisihnya dan seterusnya..,
maka ini adalah ijma’ sukuti.
2.
Zainuddin al-Malibari
mengatakan :
واتفقوا على وقوع طلاق الغضبان وإن ادعى زوال شعوره بالغضب
Para ulama sepakat atas jatuh thalaq sedang marah, meskipun didakwa hilang
kesadarannya dengan sebab marah.
Dalam mengomentari
pernyataan di atas, Abu Bakar al-Syatha mengatakan :
(قوله
واتفقوا على وقوع طلاق الغضبان ) في ترغيب المشتاق سئل الشمس الرملي عن الحلف
بالطلاق حال الغضب الشديد المخرج عن الاشعار هل يقع الطلاق أم لا وهل يفرق بين
التعليق والتنجيز أم لا وهل يصدق الحالف في دعواه شدة الغضب وعدم الإشعار فأجاب
بأنه لا اعتبار بالغضب فيها نعم إن كان زائل العقل عذر اهـ
Perkataan pengarang : Para ulama sepakat atas jatuh thalaq sedang marah.
Dalam kitab Targhib al-Musytaq, Imam al-Ramli ditanya tentang sumpah thalaq
sedang sangat marah yang mengeluarkannya dari kesadaran, apakah jatuh talaq
atau tidak? Apakah dibedakan antara ta’liq dan tanjiz atau tidak? Apakah
dibenarkan dakwa orang bersumpah bahwa dia sedang sangat marah dan tidak ada
kesadaran? Imam al-Ramli menjawab bahwa tidak ada i’tibar marah padanya , namun
demikian, seandainya dia hilang akal, maka dihukum ‘uzur.
Pendapat yang berbeda
dengan di atas dikemukakan oleh golongan ulama Hanafiyah. Golongan ini
berpendapat talaq dalam keadaan marah tidak jatuh talaqnya. Ini sebagaimana
disebut dalam kitab al-Fiqh ‘ala al-Mazhab al-Arba’ah, yakni :
والتحقيق عند الحنفية أن الغضبان الذي يخرجه غضبه عن طبيعته
وعادته بحيث يغلب الهذيان على أقواله وأفعاله فإن طلاقه لا يقع، وإن كان يعلم ما
يقول ويقصده لأنه يكون في حالة يتغير فيها إدراكه، فلا يكون قصده مبنياً على إدراك
صحيح، فيكون كالمجنون،
Yang tahqiq di sisi Hanafiyah orang marah yang marahnya mengeluarkan
seseorang dari tabiat dan kebiasaannya, dalam arti kekacauan pikiran menguasai
perkataan dan perbuatannya, maka talaqnya tidak jatuh, meskipun dia mengetahui
dan mengqashad apa yang dikatakannya. Karena orang marah berada dalam keadaan
berubah-ubah pemikirannya. Karena itu, keadaan qashadnya tidak dibangun atas
pemikiran yang shahih, maka ketika itu seperti orang gila.
Pendapat golongan
Hanafiyah ini merupakan pendapat yang menyalahi dengan jumhur ulama.
Dali-dalil jumhur ulama yang berpendapat jatuh talaq yang terjadi dalam
keadaan marah
1.
Dikisahkan dalam kitab
Shahih Ibnu Hibban seorang perempuan bernama Khuwailah binti Tha’labah isteri
Aus bin al-Shamit. Khuwailah ini menceritakan bahwa suaminya itu seorang yang
sudah tua dan prilakunya buruk. Suatu ketika Khuwailah meminta sesuatu kepada
suaminya, lalu suaminya marah, kemudian dengan serta melakukan zhihar
kepadanya. Kemudian Khuwailah mengadu kepada Rasulullah SAW. Maka ketika itu Rasulullah
SAW mengatakan kepada Khuwailah :
مُرِيهِ فَلْيُعْتِقْ رَقَبَةً قَالَتْ: وَقُلْتُ: يَا رَسُولَ
اللَّهِ، مَا عِنْدَهُ مَا يَعْتِقُ، قَالَ: فَلْيَصُمْ شَهْرَيْنِ
مُتَتَابِعَيْنِ، قَالَتْ: فَقُلْتُ: وَاللَّهِ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ
شَيْخٌ كَبِيرٌ، مَا بِهِ مِنْ صِيَامٍ، قَالَ: فَلْيُطْعِمْ سِتِّينَ مِسْكِينًا
وَسْقًا مِنْ تَمْرٍ
“Perintahlah suamimu memerdekakan
hamba sahaya !”. “Ya Rasulullah tidak ada di sisinya sesuatupun untuk
dimerdekakannya, Jawab Khuwailah. Kemudian
Rasulullah mengatakan : “Kalau begitu, berpuasalah dua bulan berturut-turut”.
Khuwailahpun menjawab : “Ya Rasulullah sesungguhnya suamiku seorang yang sudah
tua, dia tidak sanggup lagi berpuasa.” Lalu Rasulullah SAW berkata : “Berikan
makanlah satu ausuq kurma untuk enam puluh orang miskin.”(H.R. Ibnu Hibban
dan al-Baihaqi)
Hadits
ini juga telah diriwayat oleh Abu Daud. Beliau mengatakan :
هَذَا أَصَحُّ الْحَدِيثين
Jalan pendalilian dengan
hadits ini adalah apabila berdasarkan hadits ini tindakan zhihar sah dalam
keadaan marah berdasarkan kandungan hadits ini, maka thalaq sah juga karena
qiyas kepada zhihar.
2.
Ijmak sukuti dari sahabat
Nabi sebagaimana dikemukakan al-Syarwani di atas.
3.
Seorang yang sedang marah
masih dianggap mukallaf. Buktinya dia masih mengetahui dan mengqashad apa yang
dikatakannya dan ini juga sesuai dengan hadits Nabi SAW berbunyi :
عَنْ
رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَالَ:
قَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُولَ اللَّهِ،
أَوْصِنِي. قَالَ لَا تَغْضَبْ
Dari seorang sahabat Nabi SAW berkata : “Seorang mengatakan , “Ya
Rasulullah !, wasiatkan untukku.” Rasulullah bersabda : “ Jangan marah”.(H.R.
Ahmad. Rijalnya rijal shahih)
Larangan marah tersebut dalam hadits di atas menunjukan bahwa seseorang
yang sedang marah berarti dia sedang dalam keadaan melanggar perintah syara’.
Dengan demikian dia sedang dalam keadaan bersifat mukallaf. Seandainya
seseorang yang sedang marah bukan mukallaf, maka tentu tidak ada makna melarang
seseorang marah, karena saat itu dia tidak dalam keadaan mukallaf.
4.
Riwayat mujahid dari Ibnu
Abbas menceritakan :
أنَّ رجلاً قال له: إني طلقت امرأتي ثلاثاً وأنا غضبان، فقال: إنَّ ابنَ عباس
لا يستطيع أنْ يُحِلَّ لك ما حرَّم الله عليك، عصيتَ ربَّك وحرمت عليك امرأتك
Sesungguuhnya seorang
laki-laki berkata kepada Ibnu Abbas : “Sungguh aku telah mentalaq tiga isteriku
dalam keadaan marah.” Lantas Ibnu Abbas mengatakan, “Sesunggunya Ibnu Abbas
tidak mampu menghalal bagimu apa yang telah diharamkan oleh Allah atasmu, kamu
maksiat tuhanmu dan kamu haramkan isterimu atasmu.(hadits telah dikeluarkan
oleh al-Jauzujani, al-Darulquthni, Abu Daud, dan al-Thabrani dengan isnad syarat
Muslim)
Laki-laki dalam kasus di
atas yang mentalaq isterinya dalam keadaan marah, diputuskan oleh Ibnu Abbas
telah haram atasnya isterinya tersebut. Artinya telah jatuh talaq.
5.
Qaidah Fiqh berbunyi :
أن الأصل في الأبضاع التحريم
Sesungguhnya asal pada masalah kemaluan perempuan adalah haram.
Menfatwakan kepada suatu hukum yang mengakibatkan haram kemaluan perempuan
lebih diutamakan, karena untuk lebih hati-hati (ihtiyath) terhadap yang
berkenaan dengan kemaluan perempuan. Sedangakan fatwa jatuh talaq mengakibatkan
haram kemaluan perempuan atas suaminya.
Adapun dalil-dalil yang
dikemukakan kelompok yang berpendapat tidak jatuh talaq dalam keadaan marah
adalah sebagai berikut :
1.
Hadits dari Aisyah r.a berbunyi :
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم
قال لا طلاق ولا عتاق في إغلاق
Sesungguhnya Rasulullah SAW
bersabda : “Tidak ada talaq dan memerdekakan hamba sahaya dalam keadaan marah.(H.R. Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad dan al-Hakim)
Abu Daud salah seorang perawi hadits ini mengatakan, aku menduga makna
ghilaq adalah marah.
Jawaban Jumhur
Makna asal dari ighlaq adalah mengunci. Kemudian maknanya dalam hadits ini
dapat bermakna marah sebagaimana dikemukakan oleh Abu Daud, karena bila
seseorang sedang marah, maka akalnya seolah-olah terkunci dengan kemarahannya
tersebut, sehingga akalnya tidak berfungsi secara normal. Namun ighlaq dengan
makna asalnya mengunci ini juga bisa bermakna dipaksa dalam hadits ini. Karena
orang yang dipaksa melakukan suatu perbuatan, akalnya seolah-olah terkunci
karena tidak ada pilihan baginya dalam bertindak. Memaknai ighlaq dalam hadits
ini dengan makna marah bertentangan dengan ijmak ulama sebagaimana dikemukan
oleh al-Syarwani di atas. Dengan demikian, maknanya yang lebih tepat di sini
adalah dipaksa. Berdasarkan ini, maka hadits ini tidak tepat menjadi dalil
jatuh talaq dalam keadaan marah.
2.
Firman Allah Ta’ala berbunyi :
لا يؤاخذكم الله باللغو في
أيمانكم
Allah tidak menghukummu dengan sebab lagha dalam sumpahmu (Q.S.
al-Baqarah : 225)
Ibnu Abbas mengatakan : “Lagha sumpah adalah kamu bersumpah, sedangkan
kamu dalam keadaan marah.”
Berdasakan tafsir dari Ibnu
Abbas ini, maka sumpah dalam keadaan marah tidak ada akibat hukumnya. Dengan
mengqiyaskan talaq kepada sumpah, maka talaq dalam keadaan marah juga tidak ada
akibat hukumnya, alias tidak jatuh talaq.
Jawaban Jumhur
Ibnu Hajar al-Asqalani
menolak riwayat ini. Dalam mengomentari riwayat ini beliau mengatakan :
وَهَذَا يُعَارضهُ الْخَبَر
الثَّابِت عَن ابن عَبَّاسٍ كَمَا تَقَدَّمَ فِي مَوْضِعِهِ أَنَّهُ تَجِبُ فِيهِ
كَفَّارَةُ يَمِينٍ
Riwayat ini bertentangan
dengan hadits yang shahih dari Ibnu Abbas sebagaimana disebut sebelumnya,
sesungguhnya sumpah orang marah wajib atasnya kifarat
Selanjutnya beliau menegaskan juga :
وَمَنْ قَالَ إِنَّهَا يَمِينُ
الْغَضَبِ يَرُدُّهُ مَا ثَبَتَ فِي الْأَحَادِيثِ يَعْنِي مِمَّا ذُكِرَ فِي
الْبَابِ وَغَيْرِهَا
Barangsiapa yang berpendapat bahwa lagha tersebut
bermakna sumpah dalam keadaan marah, maka ini ditolak oleh hadit-hadits shahih
yang telah disebut dalam babnya dan lainnya.
Ibnu Rajab mengatakan :
وقد صحَّ عن
غير واحد من الصحابة أنَّهم أفْتَوا أنَّ
يمينَ الغضبان منعقدة وفيها الكفارةُ ، وما روي عن ابن عباسٍ مما يُخالِفُ ذلك فلا
يصحُّ إسنادُه
Telah shahih dari bukan
seorang sahabat Nabi saja mereka berfatwa sumpah orang dalam keadaan marah
terakad dan wajib kifarat. Adapun riwayat dari Ibnu Abbas yang menyalahinya,
maka tidak shahih isnadnya.
Dengan riwayat ini dhaif,
tidak dapat menjadi hujjah.
3. Sabda Nabi SAW berbunyi :
لاَ يَقْضِيَنَّ حَكَمٌ بَيْنَ اثْنَيْنِ وَهُوَ غَضْبَانُ
Tidak memutuskan hukum seorang hakim di antara dua orang ang berselisih,
sedangkan dia dalam keadaan marah.(H.R. Bukhari).
Berdasarkan
hadits ini, tidak dalam keadaan marah merupakan salah satu syarat seorang hakim
dalam memutuskan perkara, karena marah menyebabkan seseorang tidak bisa
berpikir normal dalam menentukan suatu tindakan. Maka dengan demikian, seorang yang
mentalaq isterinya dalam keadaan marah juga akan berlaku hal yang sama.
Jawaban Jumhur
Kandungan hadits ini kurang tepat diberlakukan
pada kasus seorang suami yang mentalaq isterinya. Karena disyaratkan tidak
marah pada hakim, sebabnya ada tuntutan kehati-hatian dalam memutus perkara
yang berhubungan dengan sengketa anggota masyarakat. Buktinya ada persyaratan khusus
untuk hakim yang tidak berlaku pada individu lain, seperti hakim tidak dalam
keadaan sangat lapar, hakim harus bersifat adil, hakim tidak boleh seorang
perempuan menurut jumhur ulama dan lain-lain. Dengan demikian, maka
mengqiyaskan kasus seorang suami mentalaq isteri kepada syarat seoorang hakim
adalah tidak tepat.
Dari sisi lain, hadits ini justeru
mendukung pendapat jumhur yang berpendapat orang sedang marah adalah mukallaf,
sehingga talaqnya dihukum sah. Hal ini karena
Nabi SAW melarang memutuskan suatu perkara dalam keadaan marah. Ini menunjukan
orang sedang marah juga adalah mukallaf, seandainya tidak mukallaf maka tidak
ada makna larangan tersebut. Karena orang yang tidak mukallaf tidak dibebankan
suatu hukum.
4.
Qiyas
kepada orang mabuk dengan sebab mubah. Orang mabuk dengan sebab mubah tidak
jatuh talaqnya.
Jawaban Jumhur
Qiyas ini juga tidak
tepat, karena yang menjadi khilafiyah di sini adalah masalah marah yang tidak
sampai tidak diketahui dan tidak diqashad apa yang diucapkannya. Adapun mabuk
dapat menyebabkan seseorang tidak mengetahui dan tidak memngqashadkan apa yang diucapkannya.
Buktinya firman Allah Ta’ala berbunyi :
يا ايها الذين آمنوا لا تقربوا الصلاة وأنتم سكارى حتى تعلموا ما تقولون
Hai orang-orang beriman, janganlah kamu mendekati shalat, sedangkan kamu
dalam keadaan mabuk sehingga kamu ketahui apa yang kamu katakan.(Q.S.
al-Nisa’ : 43)
==========Selesai====