Jumat, 18 Februari 2022

Kitab Istbat al-Istiwa’ wa al-Fauqiyah karangan siapa?

Kitab Istbat al-Istiwa’ wa al-Fauqiyah ini, kandungannya banyak berisi i’tiqad memaknai sifat-sifat khabariyah Allah Ta’ala dengan makna dhahir tanpa tafwizh  atau ta’wil. Berdasarkan kitab ini sebagian kelompok Islam menuduh Abu Muhammad al-Juwaini ayah dari Imam al-Juwainiy telah taubat pada akhir hidupnya dari i’tikad al-Asy’ariyah dengan menisbahkan kitab ini kepada beliau.


Kitab ini diketahui pernah dicetak dalam kumpulan risalah, yakni Majmu’ al-Rasail al-Munirah pada Tahun 1343 H dengan dinisbahkan kepada Abu Muhammad al-Juwaini ayah dari Imam al-Juwainiy (Imam al-Hararamian). Kemudian diterbit lagi oleh Darul Thawiq-Riyadh dengan pentahqiqnya Dr Ahmad Mu’az bin ‘Alwan al-Haqqiy dalam bentuk kitab tersendiri pada tahun 1419 H/1998 M, juga dinisbahkan kepada Abu Muhammad al-Juwaini. Dengan mengikuti dua terbitan di atas, kemungkinan Maktabah Syamilah (sebuah aplikasi digital kitab turats yang sangat populer sekarang ini) juga menisbahkan kitab ini kepada orang yang sama.

Namun apabila kita telusuri kandungan kitab ini, antara lain perkataan yang terdapat pada halaman 49 sebagai berikut :

قَالَ الإِمَام الْحَافِظ ‌عبد ‌الْغَنِيّ فِي عقيدته لما ذكر حَدِيث الأوعال قَالَ رَوَاهُ أَبُو دَاوُد وَالتِّرْمِذِيّ وَابْن مَاجَه وَقَالَ حَدِيث الرّوح رَوَاهُ أَحْمد وَالدَّارَقُطْنِيّ

Imam al-Hafizh ‘Abd al-Ghaniy mengatakan pada ‘Aqidah beliau pada ketika beliau menyebut hadits Au’al (malaikat yang berbentuk domba) berkata “ Telah meriwayat hadits ini oleh Abu Daud, Turmidzi, Ibnu Majah dan beliau mengatakan, hadits ruh telah diriwayat oleh Ahmad dan Darulquthniy.[1]


Maka dapat dipahami bahwa al-Hafizh ‘Abd al-Ghaniy yang mempunyai karangan kitab ‘Aqidah tersebut adalah al-Hafizh Taqiyuddin ‘Abd al-Ghaniy bin ‘Abd al-Waahid al-Maqdisiy. Sementara beliau ini menurut Abdullah bin Muhammad al-Bushairiy, pentahqiq kitab beliau ini (Kitab Aqidah) lahir pada Tahun 541 H dan meninggal dunia pada Hari Senin, 23 Rabiul Awal Tahun 600 H. Kesimpulan ini karena perkataan di atas memang terdapat dalam kitab ‘Aqidah karangan al-Hafizh Taqiyuddin ‘Abd al-Ghaniy bin ‘Abd al-Waahid al-Maqdisiy sebagaimana terdapat pada halaman 41-42 sebabagi berikut :

روى العباس بن عبد المطلب رضي الله عنه ان النبي صلعم ذكر سبع سموات وما بينهما ثم قال وفوق ذالك بحر بين اعلاه وبين اسفله كما بين سَمَاءٍ إِلَى سَمَاءٍ ثم فوق ذالك ثمانية اوعال ما بَينَ أَظلافِهِن وَرُكَبِهِن مَا بَينَ سَمَاءٍ إِلَى سَمَاءٍ ، ثم فوق ظُهُورِهن العَرشُ ما بين اعلاه واسفله ما بين سَمَاءٍ إِلَى سَمَاءٍ والله فوق ذالك رواه ابو داود والترمذي وابن ماجه القزويني

Al-Abbas bin Abd al-Muthallib r.a. meriwayat sesungguhnya Nabi SAW pernah menyebut tujuh langit dan isi antara keduanya, kemudian mengatakan, di atas itu ada laut dimana antara yang tingginya dan bawahnya sama seperti langit ke langit, kemudian beliau mengatakan, di atas itu ada delapan malaikat au’al (malaikat dengan bentuk domba), dimana antara kukunya dan lututnya jauhnya antara langit ke langit, kemudian di atas punggung mereka ada ‘arasy, antara tinggi dan bawahnya jauhnya antara langit ke langit. Allah di atas itu. Diriwayat oleh Abu Daud, Turmidzi dan Ibnu Majah al-Quzwainiy.[2]

 

Dan pada halaman 45 disebutkan :

وفي حديث ابي هريرة رضي الله عنه ان رسول الله صلعم ذكر المؤمن عند موته وانه يعرج بروحه حتى ينتهي بها الى سماء التي فيها الله رواه الامام احمد والدارقطني وغيرهما

Dalam hadits Abu Hurairah r.a., sesungguhnya Rasulullah SAW pernah menyebut orang mukmin pada saat mati dan akan naik dengan ruhnya sehingga sampai kepada langit yang padanya ada Allah. Hadits diriwayat oleh Ahmad , Darulquthniy dan lainnya.[3]

 

Apabila pengarang kitab ‘Aqidah tersebut merupakan karangan al-Hafizh Taqiyuddin ‘Abd al-Ghaniy bin ‘Abd al-Waahid al-Maqdisiy yang lahir pada Tahun 541 H dan meninggal dunia pada Hari Senin, 23 Rabiul Awal Tahun 600 H, apakah mungkin Syeikh Abu Muhammad al-Juwainiy yang wafat pada Tahun 348 H.[4] mengutip perkataan Taqiyuddin ‘Abd al-Ghaniy bin ‘Abd al-Waahid al-Maqdisiy yang lahir setelah 193 tahun wafat Syeikh Abu Muhammad al-Juwaini?. Maka dengan ini, dapat dipastikan bahwa Kitab Istbat al-Istiwa’ wa al-Fauqiyah ini bukanlah merupakan karangan Syeikh Abu Muhammad al-Juwaini.

Lalu siapa pengarang kitab Istbat al-Istiwa’ wa al-Fauqiyah ini?

Banyak para ulama zaman sekarang ini yang meragukan penisbatan Kitab Istbat al-Istiwa’ wa al-Fauqiyah ini kepada Abu Muhammad al-Juwaini ayah dari Imam al-Juwainiy. Diantaranya Sayyed Hasan bin ‘Ali al-Saqaf dalam kitab beliau, Tanaquzhaat albaniy al-Wazhihaat mengatakan :

والد امام الحرامين ليس له رسالة في ذالك والرسالة ليس من تصنيفه البتة ولا علاقة له بها وانما هي من تصنيف ابن شيخ الحزامين

Ayah dari Imam al-Haramain tidak mempunyai risalah tersebut (Istbat al-Istiwa’ wa al-Fauqiyah). Risalah tersebut bukanlah karangan beliau sama sekali dan tidak ada hubungan dengannya. Risalah tersebut hanyalah karangan Ibnu Syeikh al-Hazamiin. [5]

 

Nama lengkap Ibnu Syeikh al-Hazamiin adalah Ahmad bin Ibrahim bin Abdurrahman bin Mas’ud bin Umar al-Waashithiy al-Hazamiy Abu Abbas Ibnu Syeikh al-Hazamiin. Beliau lahir pada Tahun 657 H dan wafat pada Tahun 711 H,[6]



[1] Istbat al-Istiwa’ wa al-Fauqiyah, Terbitan Darul Thawiq-Riyadh dengan pentahqiqnya Dr Ahmad Mu’az bin ‘Alwan al-Haqqiy, Hal. 49

[2] Taqiyuddin ‘Abd al-Ghaniy bin ‘Abd al-Waahid al-Maqdisiy, ‘Akidah, (Pentahqiqnya : Abdullah bin Muhammad al-Bushairiy}, Hal. 41-42

[3] Taqiyuddin ‘Abd al-Ghaniy bin ‘Abd al-Waahid al-Maqdisiy, ‘Akidah, (Pentahqiqnya : Abdullah bin Muhammad al-Bushairiy}, Hal. 45

[4] Tajuddin Al-Subkiy, Thabaqat al-Syafi’iyah al-Kubra, Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyah Juz. V, Hal. 75

[5] Sayyed Hasan al-Saqaf, Tanaquzhaat albaniy al-Wazhihaat, Juz. III, Hal. 260

[6] Ibnu Rajab, Thabaqat al-Hanabilah, Maktabah Syamilah, Juz. IV, Hal. 380, 381 dan 384.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar