16.
Ibnu Hajar al-Asqalani. (773-852 H)
Al-Shakhawi (w. 902 H) salah seorang seorang murid Ibnu Hajar al-Asqalani
dalam kitabnya, al-Jawahir wal-Durar fi
Tarjamah Syeikh Islam Ibnu Hajar (kitab biografi Ibnu Hajar al-Asqalani) mengatakan,
nama lengkap Ibnu Hajar al-Asqalani adalah Syihabbuddin Abu al-Fadl Ahmad bin Ali
bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad Ibnu Hajar al-Asqalani
dengan dinisbahkan kepada sebuah kota bernama ‘Asqalan di Palestina yang
merupakan asal keluarga beliau. Beliau lahir di Mesir pada 22 Sya’ban 773 H.[1]
Guru-guru beliau antara lain :
1.
Zainuddin al-Iraqi
2.
Al-Haitsami
3.
Ibnu al-Mulaqqin
4.
Dan lain-lain[2]
Ibnu Hajar al-Asqalani banyak sekali melahirkan karya-karya gemilang,
terutama dalam bidang ilmu hadits. Al-Shakhawi telah menyebut satu persatu nama
kitab karya Ibnu Hajar al-Asqalani, yakni sebanyak 205 buah dalam kitabnya,
al-Jawahir wal-Durar. Kitab-kitab karya beliau itu antara lain :
1.
Talkhis al-Jam’i baina al-Shahihaini
2.
al-Jam’u baina al-Shahihaini
3.
Mukhtashar al-Targhib wal-Tarhib lil Munziri
4.
Bulughul Maram
5.
Ta’liq ‘ala al-Mauzhu’at li Ibnu al-Jauzi
6.
Al-I’jab bin Bayan al-Asbab
7.
Al-Itqan fi Jami Ahadits Fadhail al-Qur’an
8.
Al-Qaul al-Musaddad fi al-Zabb ‘an Musnad Ahmad
9.
Kasyf al-Satar bi Raka’ataini ba’da al-Witir
10.
Fathul Barri
11.
Syarh al-Turmidzi
12.
Manaqib al-Syafi’i
13.
Lisan al-Mizan
14.
Dan lain-lain[3]
Ibnu Hajar al-Asqalani adalah seorang ahli hadits tiada bandingannya pada
zamannya. Ini terbukti dengan banyaknya karya-karya tulis beliau yang sampai
sekarang tetap dijadikan sebagai rujukan oleh umat Islam dewasa ini. Dan jangan
lupa meskipun beliau mempunyai kemampuan luar biasa dalam ilmu hadits, namun
beliau dalam bidang fiqh tetap bermazhab Syafi’i. Berikut pernyataan
ulama-ulama kenamaan tentang beliau sebagai bukti keagungan ilmu beliau dan beliau
menjadikan mazhab Syafi’i, sebagai mazhab dalam fiqh, antara lain :
1.
Al-Bulqani dalam memberi ijazah kepada Ibnu Hajar al-Asqalani menulis :
“Telah
aku ijazahkan kepadanya untuk mengajar, menyibuk diri dan mengifta’ dengan apa
yang sudah dihasilkannya tersebut dan dengan mazhab Syafi’i yang sudah dikuasainya,
karena telah berkumpul padanya ilmu, faham dan ifadah.”[4]
2.
Ibnu Hajji al-Husbani dalam menyebut nama
Ibnu Hajar al-Asqalani mengatakan
:
“Al-Imam
al-Hafidh al-Mufid al-Bari’ al-Muttaqin yang mempunyai banyak faedah dan
fadhilah, Jamal al-Muhaditsin, Penyatu semua pengarang-pengarang Syihabbudin
Abu al-Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad yang terkenal dengan nama Ibnu Hajar
al-Asqalani sebagai asalnya, al-Mishri al-Syafi’i.”[5]
3.
Waliuddin al-Iraqi dalam menyebut nama
Ibnu Hajar al-Asqalani mengatakan
:
Salah seorang murid Ibnu Hajar al-Asqalani adalah Jalaluddin
al-Mahalli pengarang kitab fiqh Syafi’i, yaitu kitab Syarh Minhaj al-Thalibin,
sebuah kitab fiqh yang cukup terkenal di Indonesia dan dunia Islam umumnya.[7]
KH Sirajuddin Abbas seorang ulama
yang cukup terkenal di Indoensia dan bahkan di Asia Tenggara, juga telah
memasukkan nama Ibnu Hajar al-Asqalani dalam ulama-ulama bermazhab Syafi’i
dalam buku karya beliau, Sejarah dan Keagungan Mazhab Syafi’i.[8]
17.
Jamaluddin Abu al-Hujaj al-Mizzi
Ibnu al-Subki (w. 771 H) telah memasukkan nama beliau dalam ulama-ulama
bermazhab Syafi’i dalam kitab beliau, Thabaqat al-Syafi’iyah al-Kubra. Nama lengkap
beliau adalah Yusuf bin al-Zakki Abdurrahman bin Yusuf bin Ali bin Abd al-Malik
Ibn Ali bin Abi Zahr bin al-Kalbi al-Qudha-i al-Dimasyqi. Beliau yang merupakan
guru besar dari Ibnu al-Subki, pengarang Thabaqat al-Syafi’iyah al-Kubra adalah
seorang ahli hadits dan al-hafidh pada zamannya. Dalam menggambarkan kedalaman
ilmu hadits al-Mizzi ini, Ibnu al-Subki mengatakan, tidak ada seorangpun yang
sebanding dengan beliau sesudah Ibnu ‘Asakir. Yang mengambil hadits dari
al-Mizzi antara lain Ibnu Taimiyah, al-Birzali, al-Zahabi, Ibnu Said al-Nass,
al-Subki dan lain-lain.
Al-Mizzi lahir pada malam 10 Rabi’ul Akhir 654 H di Halab dan meninggal
dunia pada Hari Sabtu 12 Safar 742 H di Dar al-Hadits al-Asyrafiyah di Damsyiq
dan dikebumikan di Maqbarah al-Sufiyah.
Diantara karya al-Mizzi kitab Tahzib al-Kamal dan al-Athraf.[9]
Untuk menggambar kebesaran al-Zahabi dalam
ilmu hadits, pengarang Thabaqat al-Syafi’iyah al-Kubra mengatakan :
“Pada zaman ku ada empat hafizh (ahli hadits),
yakni al-Mizzi, al-Birzali, al-Zahabi dan Syeikh al-Imam al-Walid (Imam
al-Subki), tidak ada yang kelima pada zaman mereka.”[10]
[2] Al-Shakhawi, al-Jawahir wal-Durar, Dar Ibnu Hazm, Hal.
202-208
[4] Al-Shakhawi, al-Jawahir wal-Durar, Dar Ibnu Hazm, Hal. 271
[5] Al-Shakhawi, al-Jawahir wal-Durar, Dar Ibnu Hazm, Hal. 275
[6] Al-Shakhawi, al-Jawahir wal-Durar, Dar Ibnu Hazm, Hal. 284
[7] Al-Shakhawi, al-Jawahir wal-Durar, Dar Ibnu Hazm, Hal. 636
[8] KH Sirajuddin Abbas, Sejarah dan Keagungan Mazhab Syafi’i,
Pustka Tarbiyah, Jakarta, Hal. 157
[9] Ibnu al-Subki, Thabaqat al-Syafi’iyah
al-Kubra, Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyah, Juz. X, Hal. 395-401
[10] Ibnu al-Subki, Thabaqat al-Syafi’iyah
al-Kubra, Dar Ihya al-Kutub al-Arabiyah, Juz. IX, Hal. 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar